politik-indonesia.com – Biaya listrik di rumah Anda kian mahal? Kenapa tidak coba dengan panel surya di rumah Anda? Mari hemat biaya listrik di rumah Anda dengan panel surya melalui pemaparan sekaligus perhitungannya yang disajikan bagi Anda. Selamat membaca!

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Biaya Listrik Semakin Naik

Biaya listrik di rumah Anda kian mahal? Benar saja demikian.

Tahukah Anda bahwa tarif daftar listrik hingga dari awal tahun 2017 hingga per Agustus 2017 ini sudah mengalami kenaikan sebanyak 3 kali?

Tarif Daftar Listrik 900VA Subsidi 2017

1 Januari 2017 = Rp605 per kWh

1 Maret 2017 = Rp1.034 per kWh

1 Juli – September 2017 = Rp1.352 per kWh

Mari Hitung Biaya Listrik di Rumah Anda

Bayangkan saja jika di rumah Anda memiliki beberapa peralatan elektronik. Berikut ini yang selalu digunakan setidaknya 8 jam/hari, diantaranya:

    5 lampu LED, masing-masing 10 watt

    Kulkas 200 watt

    Pendingin ruangan (AC) 750 watt

    Personal computer (PC) 250 watt

    Televisi digital 100 watt

Mari kita hitung biaya listrik rumah Anda:

Total biaya listrik seluruh pemakaian peralatan elektronik di atas selama 1 hari mencapai Rp14.601,6. Jika dikalikan dengan 30 hari maka biaya listrik Rp438.048 per bulan.

Biaya itu belum termasuk peralatan elektronik berikut ini jika Anda menggunakannya:

    Pompa air (±280 watt)

    Kompor listrik (±500 watt)

    Charger yang dibiarkan tertancap di colokan listrik

    Setrika (±300 watt)

    Mesin cuci (±350 watt)

Kira-kira Anda bisa menghitung sendiri biayanya.

Sudah tentu akan semakin mahal bukan?

Bagaimana Jika Biaya Listrik Naik Lagi?

Bagaimana jika tarif listrik semakin naik? Kita tidak tahu akan hal itu bukan?

Daripada kita memusingkan kenaikan tarif listrik, kenapa kita tidak mencoba untuk menghasilkan daya listrik sendiri di rumah?

Setidaknya untuk mengurangi biaya pengeluaran listrik bulanan.

Apakah Anda merasa kebingungan untuk menentukan perencanaan keuangan seperti dana yang dibutuhkan untuk membeli barang atau dana pendidikan anak Anda?

Aplikasi Finansialku dapat menolong Anda untuk mewujudkan setiap tujuan keuangan Anda hanya dengan mendaftarkan diri dan gunakan free trial-nya

Penggunaan Panel Surya Bisa Jadi Solusi Anda

Di era modernisasi teknologi yang semakin berkembang, kini telah hadir teknologi panel surya.

Pengembangan energi terbarukan dari sinar matahari sudah semakin pesat. Dahulu, dibutuhkan banyak solar cell atau panel surya, dan lahan yang luas untuk memproduksi listrik dari tenaga surya.

Kini, setiap rumah bisa memperoleh listrik dari sinar matahari dengan hanya memasang panel surya berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah.

[Baca Juga: Moms, Ketahui Cara Cek Tagihan Listrik PLN Secara Online Yuk!]

Menurut salah satu produsen panel surya, paket lima panel berukuran 160 cm x 110 cm x 3,5 cm dihargai Rp26 juta. Itu sudah termasuk aki.

Namun, harga bervariasi tergantung peralatan dan jumlah panel yang dibutuhkan. Kisarannya adalah Rp3-7 juta per panel.

Satu panel berukuran 0,5 meter persegi bisa menghasilkan listrik paling tidak 80 watt peak (WP). Jika dalam sehari rata-rata sinar matahari bisa dimanfaatkan empat jam, yakni pukul 10.00-14.00, listrik 320 watt (80 WP x 4 jam) bisa diproduksi dari satu panel itu.

Dengan dua panel, ada listrik 640 watt. Listrik sebesar itu cukup untuk membuat lima lampu berdaya 10 watt menyala selama 12 jam.

Makin banyak panel, makin besar listrik yang dihasilkan.

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Asuransi Motor Penting? Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi?]

Jika tarif listrik Rp1.352 per kWh, ada penghematan sebesar Rp865,28 per hari dari listrik 640 watt yang dihasilkan panel. Angka itu didapatkan dari perkalian 640 Wh (0,64 kWh) x Rp1.352 per kWh.

Dalam sebulan, ada penghematan Rp865,28 x 30 hari = Rp25.958,4. Kalau setahun, berarti hemat Rp311.500,8. Itu baru dari listrik 640 watt yang dihasilkan dua panel surya, lho. Bila panel surya lebih banyak, tentu lebih besar penghematannya.

[Baca Juga: Cara Cerdik Mempercantik Taman Rumah Jika Budget Anda Terbatas]

Menurut laporan Bisnis.com, secara umum penggunaan panel surya bisa menghemat tagihan listrik 15-35%. Bila tagihan per bulan Rp500 ribu, misalnya, dengan penghematan minimal 15%, ada sisa dana Rp75 ribu yang tidak perlu disetorkan ke PLN.

Wow, Anda bisa menghemat biaya listrik di rumah Anda cukup signifikan!

Lantas, sisa uang tersebut Anda pergunakan untuk apa? Kenapa tidak coba untuk berinvestasi melalui emas?

Ingin mengenal lebih jauh bagaimana caranya berinvestasi emas dengan cara yang benar? Download e-book panduan berinvestasi emas secara gratis dari Finansialku.

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Ayo Pasang Panel Surya Sekarang!

Memang kini harga panel surya tergolong cukup mahal. Namun, ini adalah salah satu jalan untuk Anda dapat berinvestasi melalui panel surya.

Sebuah surat kabar menyatakan bahwa, Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Rinaldy Dalimi mengungkapkan bahwa pihaknya ingin agar industri panel surya bertumbuh di Indonesia.

Beliau mengusulkan akan adanya kewajiban bagi perkantoran, jalan raya dan rumah dengan harga di atas Rp1 miliar untuk menggunakan panel surya di atapnya.

Hal ini memungkinkan biaya yang semakin efisien karena semakin banyak pengguna panel surya di Indonesia dan permintaan semakin tinggi.

Tertarik Untuk Memiliki Panel Surya di Rumah Anda?

Ayo jadilah pionir di lingkungan tempat tinggal Anda. Selain menghemat biaya listrik, rumah Anda akan semakin keren karena adanya alat panel surya yang terpasang di genteng rumah Anda.

Selain mengurangi pemanasan global dan ramah lingkungan, dengan menggunakan panel surya, Anda sedang menolong pemerintah untuk mengatasi pemerataan pasokan listrik ke berbagai daerah yang masih minim dengan aliran listrik.

Tentu Anda ingin agar orang-orang terkasih Anda atau tetangga Anda mendengar informasi yang baik ini bukan? Anda ingin mereka mendapatkan manfaat dari berhemat biaya listrik?

Anda dapat membagikan setiap informasi dari artikel di atas atau setiap artikel dari Finansiaku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda.

Apakah Anda sudah menggunakan panel surya di rumah Anda? Kira-kira, berapa biaya yang dapat Anda hemat? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang terdapat di bawah ini?

Sumber Referensi:

    Hardian. 7 Juli 2017. Biaya Listrik Naik Terus? Cobain Pakai Panel Surya Yuk! Ini Biaya yang Bakal Kamu Keluarin. Duitpintar.com – https://goo.gl/Xo8n3e

    Admin. 6 Juli 2017. Daftar tarif dasar listrik PLN 2017 dan Cek Tagihan Listrik Online. Obengplus.com – https://goo.gl/5J4yjM

    Michael Agustinus. 31 Oktober 2015. Modal Rp 2 Juta, Rumah Anda Bisa Dapat Listrik dari Matahari Tiap Hari. Detik.com – https://goo.gl/13ZgXQ

    Isnaini Khoirunisa. 29 Maret 2016. Ketahui Biaya Pasang Panel Surya di Rumah. Rumah.com – https://goo.gl/jvfJS7

Sumber Gambar:

    Rumah dan Panel Surya – https://goo.gl/NMRdTV dan https://goo.gl/3wN7az

    Panel Surya – https://goo.gl/aCNhJL dan https://goo.gl/y31eh9

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an