politik-indonesia.com – Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu wilayah yang dibawahi oleh Pemerintah Jawa Barat. Topografinya yang beragam membuat wilayah ini menawarkan berbagai tempat wisata yang patut untuk anda kunjungi. Jika berbicara tentang Kabupaten ini, biasanya obyek wisata Lembang menjadi primadona yang langsung tebersit di pikiran mayoritas orang. Padahal pada kenyataannya, Kabupaten Bandung Barat masih memiliki banyak obyek wisata yang menarik, salah satunya adalah Waduk Saguling.

Waduk ini juga disebut dengan Bendungan Saguling merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Tempat yang sudah beroperasi sejak tahun 1985 ini memiliki luas sekitar 5600 hektar. Pada awalnya, waduk ini hanya dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA dengan kapasitasnya yang mencapai 1400 megawatt. Namun, suasananya yang menarik membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini sampai pada akhirnya tempat ini menjadi salah satu obyek wisata andalan dari Kabupaten Bandung Barat.

Kendati masih terhitung baru ketimbang Waduk Cirata di Cianjur dan Waduk Jatiluhur di Purwakarta, tempat wisata yang ikonik ini tidak kalah dalam segi pesona dan lainnya. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai obyek wisata Waduk Saguling ini, mari simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Saguling

Waduk indah ini berada pada ketinggian kurang lebih 630 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat tempat wisata yang indah ini memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan. Letaknya yang tidak begitu dekat dengan hiruk-pikuk kendaraan pun menambah keasrian tempat ikonik ini.

Tempat wisata yang menawarkan ketenangan ini memiliki pemandangan deretan bukit yang indah. Bukit-bukit tersebut menjadi sumber aliran air bagi waduk ini sendiri. Paduan antara pemandangan bukit dan danau ini mampu memanjakan anda dari kejenuhan yang sedang dirasakan.

Area perairannya yang luas membuat Waduk Saguling dijadikan sebagai tempat beragam jenis ikan tawar oleh para petani tambak. Maka dari itu, anda dapat mengamati kegiatan para petani sekaligus menambah ilmu mengenai sistem budi daya ikan ini.

Di tempat ini, anda dapat menjelajahi danau secara langsung dengan menggunakan perahu yang sudah banyak tersedia. Semilir angin yang segar dapat membuat tubuh anda menjadi rileks. Selain itu, aroma perairan yang khas bisa membuat anda menjadi lebih tenang lagi.

Waduk Saguling memiliki spot lain yang bisa anda jadikan latar belakang foto sembari menikmati pemandangan danau buatan ini dari ketinggian, yakni Bunker Batujajar. Jika anda tertarik untuk bermain air, di area tempat wisata yang hits ini terdapat beberapa danau alami yang sangat eksotis dan menarik untuk dicoba.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Luasnya kawasan waduk membuat tempat yang menarik ini mempunyai berbagai titik wisata yang tersebar di beberapa tempat, salah satunya berada di Cibaregbeg Pasir Nangka, Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk mengunjungi titik ini, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum sebab rute perjalanan yang anda tempuh tidak semuanya dilalui oleh kendaraan umum. Fitur peta daring seperti google maps tentu dapat membantu anda dalam bertandang ke tempat wisata air yang indah ini. Namun, berikut merupakan gambaran yang dapat disampaikan mengenai rute menuju Waduk Saguling.

Jika anda datang dari arah Exit Tol Purbaleunyi di Padalarang, anda dapat mengarahkan kendaraan anda ke Jalan Cimareme. Setelah itu, anda akan memasuki kawasan Kota Baru Parahyangan yang kemudian dilanjutkan dengan menyusuri Padalarang-Ciburuy-Gunung Masigit-Citatah-Margaluyu-Cipatat. Setelah melewati jalur tersebut, anda akan memasuki wilayah Rajamandala dan anda akan melewati tempat PLTA Saguling berdiri sebelum akhirnya tiba di lokasi kepariwisataan Waduk Saguling.

Apabila titik awal anda terdapat di Stasiun Bandung, maka anda perlu untuk menaiki kereta dengan tujuan Bandung-Padalarang yang akan berhenti di Stasiun Padalarang. Sesudah itu, anda dapat menggunakan angkutan umum dengan jurusan Padalarang-Rajamandala dan turun di pertigaan yang dekat dengan PLTA Saguling, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek baik itu ojek konvensional atau daring. Anda tentu dapat melakukan hal yang serupa jika Stasiun Kiaracondong menjadi titik awal keberangkatan anda menuju tempat wisata yang ikonik ini.

Untuk mengunjungi waduk, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembayaran tiket. Namun, tentunya anda perlu menyiapkan sejumlah uang untuk menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh tempat wisata yang menarik ini. Waduk ini sendiri dibuka selama 24 jam penuh, tetapi pada umumnya pengunjung akan mendatangi tempat ini pada waktu pagi sampai sore hari sehingga di malam hari pun sedikit atau bahkan tidak ada orang berkunjung ke tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Saguling

1. Menikmati Keindahan Waduk

Walaupun bukan sepenuhnya merupakan tempat wisata alami, tetapi tempat ini tetap menyajikan keindahan yang patut diacungi jempol. Barisan bukit yang indah, langit yang biru, dan hamparan danau yang indah dapat menjadi latar belakang foto yang menarik. Maka dari itu, tempat ini cocok dijadikan spot foto untuk buku tahunan sekolah, pre-wedding, atau hanya untuk memenuhi laman media sosial anda.

2. Hunting Foto

Jika anda ingin spot foto menarik lainnya, anda dapat mengunjungi Bunker Batujajar yang terdapat di titik wisata Waduk Saguling yang ada di daerah Kecamatan Batujajar. Tempat ini merupakan tempat yang dikelola pihak TNI untuk dijadikan tempat latihan, tetapi masyarakat umum dapat mengunjunginya apabila tidak ada kegiatan latihan militer sedang berlangsung. Dari titik ini, anda dapat menikmati keindahan waduk dari ketinggian sembari berfoto di hamparan rumput yang luas. Anda juga dapat menjadikan matahari yang terbenam sebagai tambahan latar belakang foto anda.

3. Berkunjung ke Wisata Terdekat

Di sekitar area Waduk Saguling, terdapat beberapa tempat yang sangat menarik untuk didatangi, yakni Sanghyang Heuleut, Sanghyang Poek, dan Sanghyang Tikoro yang merupakan danau purba yang sangat eksotis. Tempat yang juga memiliki kaitan dengan keberadaan waduk ini dapat anda jadikan tempat untuk berenang atau sekadar bermain air.

Konon katanya, tempat tersebut merupakan tempat para bidadari untuk melakukan ritual mandi sebab keadaan lokasinya yang sangat indah. Untuk mengunjunginya, anda hanya perlu memakan waktu satu sampai dua jam karena lokasinya berada di perbukitan yang ada di kawasan Saguling.

4. Menjelajah Pulau Sirtwo

Waduk Saguling memiliki sebuah pulau mini yang dinamakan Pulau Sirtwo. Di pulau tersebut, anda dapat merasakan sensasi pulau milik pribadi sembari melihat bukti sejarah Danau Bandung Purba yang baru-baru ini ditemukan. Pulau Sirtwo juga memiliki bongkahan batu yang mirip seperti goa dan tentu menarik untuk dinikmati.

5. Naik Perahu

Jika anda ingin menikmati keindahan yang ditawarkan dari tengah-tengah danau, anda dapat menaiki perahu yang disewakan oleh warga lokal. Harga yang biasa ditawarkan adalah 15 ribu Rupiah. Namun, anda dapat melakukan negosiasi lebih lanjut dengan mereka supaya menemukan harga yang lebih tepat. Keamanan saat menaiki perahu ini pun terjamin sehingga anda tidak perlu khawatir saat mencoba salah satu wahana yang ada di Waduk Saguling ini.

6. Camping

Di tempat wisata yang indah ini, anda juga dapat melakukan camping bersama keluarga atau kawan-kawan anda. Cuaca yang dingin dan taburan bintang yang ada pada malam hari tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Kendati begitu, anda harus memilih area yang tepat agar kegiatan ini dapat berjalan dengan nyaman.

7. Belajar tentang PLTA

Jika anda tertarik untuk mengetahui sistem kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air, anda dapat mengunjungi PLTA Saguling yang dapat memberikan informasi bagi anda untuk menjawab hal tersebut. Di sini juga anda dapat melihat air terjun yang volumenya sangat deras.

8. Menjajal Kuliner Khas

Aktivitas yang tidak kalah menarik yang dapat anda lakukan di Waduk Saguling adalah mencoba kuliner. Salah satu tempat makan yang bisa anda coba adalah Sate Sangkuriang yang ada di Bale Apung Sangkuriang. Restoran dengan konsep tradisional ini memiliki sajian sate dengan daging yang empuk dan rasanya yang enak sebab memakai bumbu khusus yang sudah ada sejak dapat dahulu. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni 30 ribu Rupiah yang tentunya tidak akan membuat anda merogoh kocek terlalu dalam.

9. Mecicipi Kuliner di Floating Resto

Apabila anda ingin merasakan pengalaman bersantap di tengah danau, anda juga dapat mengunjungi dermaga Floating Resto Napak Sancang yang berada di tengah-tengah Waduk Saguling. Di tempat makan yang unik ini, anda dapat berfoto ria sambil menunggu pesanan makanan anda disiapkan. Makan dengan pemandangan hamparan danau yang luas tentu menjadi salah satu pengalaman yang sangat berkesan.

Menyantap sajian ikan yang ditangkap langsung dari area tambak ikan menjadi primadona lain dari wisata kuliner disini. Ikannya yang masih segar menambah kenikmatan tersendiri. Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan oleh penjual sajian ikan tersebut.

10. Piknik Seru

Waduk Saguling menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan tempat piknik. Aktivitas ini dapat menjadi jawaban bagi anda yang ingin bersantap dengan biaya yang lebih murah. Selain itu, anda juga bebas untuk memilih titik piknik sesuai dengan keinginan anda. Bersantap dengan pemandangan yang indah diselingi obrolan hangat menjadi kenangan sederhana yang sangat berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waduk

Layaknya tempat wisata pada umumnya, Waduk Saguling memiliki ragam fasilitas yang dapat menunjang kegiatan rekreasi pengunjungnya. Area parkir yang luas, toilet yang nyaman, dan Mushala yang bersih membuat pengunjung tidak perlu lagi khawatir.

Selain itu, anda dapat menyewa kamar di berbagai hotel atau penginapan yang ada di sekitar tempat wisata yang asri ini. Kualitas hotel dan penginapan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang berkonsep rumahan juga dengan hotel berbintang.

Demikian beberapa hal menarik mengenai Waduk Saguling yang merupakan tempat multiguna yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kondisi anda juga kendaraan anda dalam kondisi yang prima supaya kegiatan rekreasi dapat berjalan dengan nyaman dan lebih menyenangkan. Selain itu, anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga ketertiban supaya kenyamanan pengunjung lain pun tidak terganggu. Sebaiknya anda jangan lupa untuk menggunakan pelindung kepala sebab tempat wisata yang ikonik ini mengharuskan para pengunjungnya untuk beraktivitas di luar ruangan.