politik-indonesia.com

Banyak aspek dinilai dalam uji keselamatan mobil baru dari Global New Car Assesment Programme (Global NCAP) untuk memberikan rating terbaik. Salah satunya sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS). Fitur ini telah menjadi standar keselamatan yang sangat dianjurkan di setiap mobil keluaran terbaru untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan pengereman mendadak. Lalu ada lagi fitur keselamatan lain yang juga sangat dianjurkan, yaitu Electronic Stability Control (ESC), Autonomous Emergency Braking (AEB), serta Blind Spot Detection (BSD).

Fitur ABS menyelamatkan banyak nyawa

Nah, ada saran terbaru dan cukup penting dari Global NCAP di sela kampanye #StopTheCrash perdana yang diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park in Bali pada Rabu (20/11/2019). Sebagai salah satu negara dengan populasi kendaraan bermotor terbesar di ASEAN, Global NCAP merekomendasikan penerapan fitur ABS pada kendaraan roda dua alias sepeda motor. Menurutnya, teknologi ini punya potensi besar menyelamatkan banyak nyawa di jalan raya.

“Pada kesempatan ini, kami memberikan fokus khusus untuk keselamatan di sepeda motor dengan membenamkan Blind Spot Warning dan ABS,” tutur President of Global NCAP and Chairman of the Stop The Crash Partnership, David Ward dalam keterangan resminya, Kamis (21/11/2019). “Sistem keselamatan ini sangat penting digunakan di Indonesia dan melalui regional ASEAN, di mana pengendara motor dan moped secara tidak proporsional terwakili dalam kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Hingga saat ini Indonesia memang pasar empuk bagi pabrikan mobil maupun sepeda motor. Jutaan unit mobil dan sepeda baru terjual tiap tahun menambah sesak jalanan. Sudah begitu, tidak setiap produk dilengkapi fitur keselamatan maksimal. Seperti fitur ABS, untuk mobil saja tidak semuanya memiliki, seperti kebanyakan mobil niaga atau mobil-mobil varian terendah. Sedangkan untuk sepeda motor banyak ditawarkan pada model berkapasitas mesin 150 cc ke atas.

Dan sudah tentu untuk mobil maupun sepeda motor tanpa fitur ABS punya potensi kecelakaan lebih besar dibanding yang sudah dilengkapi ABS.

Tiap tahun ada jutaan kendaraan baru terjual di Indonesia