politik-indonesia.com – NEW DELHI – SUV (Sport Utility Vehicle) model terbaru dari Toyota telah resmi meluncur untuk pasar India untuk menghadang para pemain di segmen compact SUV. Resmi sudah meluncur SUV bernama Toyota Urban Cruiser Hyryder, yang akan mulai dipasarkan di tengah tahun ini untuk menjadi rival Honda HR-V, Hyundai Creta, Kia Seltos, dan Nissan Kicks.

Varian mesin Toyota Urban Cruiser Hyryder.

Segmen Hyryder di kelas SUV.

Seperti diumumkan pada teaser beberapa hari lalu, SUV yang singkatnya bisa kita panggil Hyryder ini debut global dari India. Ini menandakan bahwa Toyota menghadirkan mobil ini untuk negara dengan karakteristik konsumen dan pasar yang kurang lebih sama seperti India. Hyryder hadir untuk mengisi line up domestik Toyota di India, dikembangkan bersama Maruti Suzuki.

Desain Hyryder mengikuti dan terinspirasi dari rancangan SUV global Toyota. Seperti fascia depan yang menampilkan LED DRL (daytime running lights) dual layer atau lapis ganda, yang garisnya menyatu tanpa putus dengan grille berwarna black piano. Ada aksen chrome menghiasi bagian grille dan area DRL yang terpisah dengan lampu utama. Posisi lampu utama ada di bagian bawah DRL, seperti desain Creta dan banyak SUV modern lain saat ini.

Bagian bumper depan dihiasi oleh intake besar berpola honeycomb, dengan garis desain trapesium. Lekukan bahu dibuat tidak terputus dari garis kap mesin sampai melewati pilar D. aksen two tone dengan warna hitam dari pilar A sampai bagian atas pilar D menciptakan kesan floating roof pada Hyryder. Sementara di belakang, tampil lampu dengan grafis LED berbentuk huruf C ganda.

Desain interior terbilang mirip dengan model SUV Toyota yang lebih mahal, yaitu Corolla Cross untuk tampilan dan layout dashboard. Perbedaannya ada pada penyesuaian lekuk dan garisnya, menyesuaikan dimensi, lalu tampak dari foto kalau material yang dipakai Hyryder tidak semahal seperti Corolla Cross. Desain setirnya diadopsi dari Suzuki, sangat identik dari konfigurasi tombolnya, karena memang Suzuki punya model kembarannya juga.

Spesifikasi mesin yang menarik dari Hyryder. Sejak awal digadang bahwa mobil ini punya powertrain hybrid. Mesin bensin empat silinder 1.5 liter dengan sistem elektrifikasi yang tidak dijelaskan detailnya. Dalam peluncuran disebutkan bahwa sistem hybrid bisa mengisi ulang baterainya secara otomatis, kurang lebih sama seperti milik Corolla Altis dan Corolla Cross varian hybrid. Mesin hybrid ini diklaim punya tenaga sampai 116 hp, yang juga disertai sistem penggerak AWD pertama di kelasnya.

Varian lebih terjangkaunya punya mesin 1.5 liter berkode K15C dengan sistem mild-hybrid, sama seperti Ertiga Hybrid di pasar India. Unit ini punya tenaga 103 hp dan torsi 136,8 Nm, menggerakkan roda depan via transmisi manual 5-speed atau otomatis 6-speed torque converter. Berbeda dengan varian Hyryder Hybrid yang punya transmisi CVT.

Soal fitur, cukup kaya untuk SUV sekelasnya. Toyota membekali sistem infotainment yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, disertai meter cluster semi-digital. Fitur keselamatan juga patut diperhitungkan meski tidak dilabeli sebagai TSS (Toyota Safety Sense), tersedia cruise control, head up display, dan sistem kamera 360 derajat. Sementara untuk kenyamanan hadir pus start/stop button, jok kulit, dual airbag, dan auto climate control.

Toyota Urban Cruiser Hyryder akan diproduksi oleh Toyota Kirloskar Motor (TKM) di Bidadi, Karnataka, India dan akan mulai beredar bulan depan. Harganya dibanderol mulai dengan 10,5 lakh Rupee (Rp 198 jutaan) sampai 17 lakh Rupee (Rp 322 jutaan). Nantinya Hyryder akan punya produk kembaran dari Suzuki, yang diprediksi menjadi model baru Vitara. Ada kemungkinan Hyryder diluncurkan ke Indonesia juga.(WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Gaadiwaadi