politik-indonesia.com – NAGOYA – Setelah mengumumkan beberapa model yang menggunakan DNA Gazoo, kini Toyota melengkapinya pada segmen “truk” melalui Hilux GR Sport. Selain menonjolkan nuansa sporty a la Gazoo, Toyota juga mengangkat tema Reli Dakar pada Hilux terbaru ini salah satunya ialah tampilan pada grille depan. Sementara itu, Toyota Hilux GR Sport ini akan menjadi varian tertinggi di antara jajaran model Hilux lainnya.

Perombakan yang dilakukan pada Toyota Hilux GR Sport ini tidak hanya meliputi pada bagian eksterior dan interior, tetapi juga pada sistem suspensi yang sudah disetel ulang demi menghadirkan kemampuan traveling yang lebih baik dibandingkan Hilux standar. Sistem monotube pada suspensinya tersebut menjanjikan peredaman yang lebih responsif dan pembuangan panas yang maksimal. Sementara suspensi di bagian depannya dibuat lebih kaku demi mempertajam respons kemudi saat berakselerasi.

Pada Hilux GR Sport ini juga menggunakan nama Toyota pada bagian grille menggantikan logo yang disebut sebagai salah satu unsur yang digunakan pabrikan saat mengikuti gelaran Reli Dakar 1980. Pada keempat rodanya menggunakan velg alloy berukuran 17 inci dengan kelir hitam. Sementara di bagian lain beberapa ornamennya juga diberikan sentuhan kelir hitam seperti kaca spion, foot step samping, handle pintu dan overfender. Selain itu, Toyota juga menjanjikan pengalaman yang premium hingga ke bagian dalam Hilux GR Sport.

Salah satunya ialah penggunaan sport seat dengan ukiran nama GR dan untuk membedakan dengan model Hilux lainnya tersedia pula floor mate dan tombol engine start/stop di bagian dashboard. Untuk sentuhan yang lebih elegan seluruh pedalnya diberikan sentuhan aluminium dan tersedia pula paddle-shifter di balik lingkar kemudinya. Selain itu, sistem audio pada model GR Sport juga sudah menggunakan JBL serta pengaturan AC dual zone.

Toyota Hilux GR Sport mempercayakan mesin diesel 4 silinder 2.8 liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Paket mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi puncak yang mencapai 500 Nm dan dikirimkan untuk menggerakan seluruh rodanya. Kemampuan lain yang dimiliki Hilux GR Sport adalah kemampuan menarik trailer di belakang hingga pada bobot 3,5 ton dan kapasitas baknya yang mencapai 1 ton.

Kehadiran Toyota Hilux GR Sport juga membuat beberapa pecinta otomotif kawakan sangat terkagum-kagum, salah satunya ialah Nasser Al-Attiyah yang diketahui merupakan pereli Toyota Gazoo Racing.

“Toyota Hilux memiliki reputasi legendaris untuk ketangguhan dan keandalan. Model baru ini, yang terinspirasi oleh mobil balap Dakar kami yang ikonik, menghadirkan pengalaman berkendara tingkat baru baik di jalan raya maupun saat di jalan off-road. Ini benar-benar merangkum semangat mobil balap kami, membawa sebagian dari Dakar ke pembeli di seluruh dunia,” kata Al-Attiyah yang membela Toyota Gazoo Racing di Reli Dakar.

Hilux GR Sport akan mulai dijual akhir bulan ini, dengan harga mulai £37.551 atau setara dengan Rp 750 Jutaan belum termasuk biaya pengiriman.ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Autocar

carvaganza.com.