politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/21/6kDubyiR/parkir-saat-mudik1-31dd.jpg”>

Jumlah kendaraan yang banyak ketika mudik dengan area parkir terbatas membuat para pengemudi memaksakan diri menggunakan sembarang tempat. Padahal ketika Anda parkir di beberapa tempat ada potensi bahaya yang bisa merugikan mobil. Seperti cat yang tergores hingga kemalingan. Nah agar mobil Anda tetap aman, maka hindari tempat parkir berbahaya berikut.

1. Pohon Besar

Parkir di bawah pohon bisa berakibat fatal dan berisiko tinggi kejatuhan ranting

Tempat parkir yang berada di bawah pohon besar termasuk dalam tempat parkir berbahaya karena bisa berakibat fatal apabila terjadi angin besar. Getah pohon atau sarang semut adalah 2 hal yang sangat mungkin terpapar pada mobil Anda. Jika sudah terkena, maka proses membersihkannya harus segera karena jika tidak akan membekas cukup lama. Tak hanya itu, risiko kejatuhan ranting atau bahkan pohon tumbang pun bisa terjadi. Ini potensial terutama di musim hujan dengan kecepatan angin yang sedang tinggi.

2. Papan Reklame

Hati-hati parkir di bawah papan reklame karena bisa tertimpa

Seperti pohon, papan reklame adalah obyek berikutnya yang rentan terhadap tiupan angin kencang. Meski mayoritas papan reklame sudah dirancang dan dibangun dengan perhitungan matang, tapi bukan tidak mungkin ada beberapa yang miskalkulasi sehingga ringkih jika ditiup angin dan membuatnya menjadi tempat parkir berbahaya. Tidak hanya itu, saat musim hujan dengan banyaknya angin berkecepatan tinggi, risiko papan reklame rubuh tentu semakin besar.

3. Bahu Jalan

Parkir di bahu jalan tidak hanya dilarang tapi juga berbahaya terserempet atau tertabrak mobil dari belakang

Parkir di bahu jalan (on street) memang praktis, dan di beberapa tempat memang dibolehkan oleh pihak otoritas. Tapi jika ada pilihan lain sebaiknya Anda hindari bahu jalan karena termasuk dalam tempat parkir berbahaya. Risikonya adalah mobil baret karena pengendara lain yang berlalu lalang atau bahkan ketabrak oleh pengemudi yang lalai dan tidak ahli mengendarai kendaraannya.

4. Tanjakan atau Turunan

Parkir di tanjakan atau turunan sebaiknya dihindari karena bisa merusak komponen rem dan girboks

Ketika Anda harus memarkir mobil di jalan yang tidak rata seperti menurun atau menanjak, gaya grativasi bumi mengakibatkan mobil yang diparkir cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Di titik ini, komponen rem parkir dan posisi gigi P (parking) di transmisi otomatis akan bekerja lebih berat. Bukan masalah besar karena kedua komponen tersebut memang dirancang untuk menahan beban, tapi jika ada pilihan lain untuk parkir di tempat datar sebaiknya pilih yang datar. Bila terpaksa, manfaatkan batu atau balok untuk mengganjal beban. Ini berfungsi untuk meringankan beban rem parkir dan transmisi P.

5. Tempat Gelap / Sepi

Tempat parkir yang sepi memang menggoda tapi bisa berbahaya karena mengundang kejahatan

Tempat yang sepi atau gelap memang tidak dianjurkan untuk memarkir mobil. Alasannya tempat ini menjadi tempat parkir berbahaya adalah faktor keamanan. Dengan kondisi yang sepi dan gelap sehingga jauh dari pemantauan, orang yang berniat jahat lebih mudah melakukan aksinya karena minim pengawasan.

6. Dekat Tempat Sampah

Jangan parkir dekat tempat sampah karena banyak binatang yang bisa masuk ke mobil

Perhatikan lokasi dimana Anda parkir mobil. Jika terdapat tumpukan sampah yang banyak, tidak disarankan parkir di area tersebut. Hewan seperti kecoa, semut atau tikus biasanya bersembunyi dibalik tumpukan sampah tersebut. Jangan sampai ketika Anda parkir terlalu lama, ada hewan yang masuk ke kolong mobil Anda. Tentu potensi kelistrikan rusak karena kabel digigit tikus atau kenyamanan kabin terganggu karena hewan bisa menganggu perjalanan mudik Anda. Jadi sudah tahu mana saja tempat parkir berbahaya yang harus Anda hindari saat perjalanan mudik?