politik-indonesia.com – Agustus 2021, realme memboyong laptop pertama besutannya yaitu realme Book. Setelah 8 bulan, realme kembali meluncurkan laptop generasi keduanya melalui seri realme Book Prime.

Penambahan nama Prime sendiri menegaskan peningkatan di sektor chipset dari generasi sebelumnya. Namun yang menarik, pada seri terbaru ini realme masih memboyong beberapa fitur unggulan yang sebelumnya hadir pada generasi pertama. Namun sebelum membahas fitur-fitur tersebut, kami akan bahas kotak penjualan dari realme Book Prime.

Paket penjualannya hadir dalam kotak berukuran ringkas dengan dominasi warna putih yang memiliki ukuran tidak jauh berbeda dengan unitnya. Sementara kelengkapan yang terdapat dalam kotak tersebut hanya terdiri dari unit laptop, kabel USB type-C, dan adaptor 65 watt pengisian cepat.

Unit realme Book Prime hadir dengan desain yang sama persis dengan generasi pertamanya. Dimensinya tipis dengan ketebalan sekitar 1,49 cm serta bobotnya yang ringan yaitu 1,37 kg. Dengannya, realme Book Prime menawarkan portabilitas sehingga mudah dibawa-bawa dan dimasukkan ke dalam tas.

Bodinya hadir dengan desain polos dimana bagian covernya terdapat tulisan realme di sisi agak ke kiri. Dan saat kami pegang bagian covernya terlihat bercak jari di bagian ini. Sementara material yang digunakan berbahan aluminum alloy yang telah melalui proses pemotongan CNC, sandblasting, dan proses anodisasi.

Saat layar kami buka, terlihat sekali konsep minimalis yang diusungnya. Seluruh bodinya senada dengan warna yang tersedia yaitu pilihan warna real green (hijau), real grey (abu-abu), dan real blue (biru), dan unit yang kami tampilkan adalah warna real green. Kombinasi ini membuatnya terlihat stylish dan cocok untuk anak muda. Yang menarik, layar bisa dibuka hingga nyaris 180 derajat dengan engsel berukuran panjang. Fleksibilitas ini tentu menyenangkan guna mendapatkan sudut pandang yang lebih beragam. Di dekat engsel terdapat lubang exhaust yang berfungsi mengeluarkan udara panas untuk sirkulasi udara.

Layar masih jadi salah satu fitur yang ditonjolkan. Dengan ukuran diagonal 14 inci, resolusi yang dimilikinya yaitu 2169 x 1440 pixels atau biasa disebut juga dengan 2K. Menariknya lagi, rasio aspeknya adalah 3:2 sehingga lebih nyaman digunakan seperti membuka dokumen atau browsing di internet tanpa terlalu sering melakukan scroll.

Tidak hanya sampai disitu, selain menggunakan panel IPS, layarnya punya color gamut yang diklaim mencapai 100%. Jadi selain punya viewing angle yang luas, akurasi warnanya tajam yang cocok bagi para content creator. Bagi yang sering beraktivitas di luar ruang, layarnya punya tingkat brightness 400 nits yang membuatnya tetap terlihat terang.

Bagian keyboardnya terlihat minimalis dengan absennya area numpad ataupun tombol macro. Tombolnya berukuran cukup besar dengan jarak renggang serta travel key 1,3 mm sehingga membuat kenyamanan mengetik jadi lebih terasa. Dilengkapi pula dengan backlit warna putih dengan tiga tingkat kecerahan yang membantu mengetik dalam kondisi remang ataupun gelap.

Sementara touchpad-nya berukuran besar yang responsif serta mendukung multi gesture. Dengan bodi besar, area palm rest-nya juga masih cukup lapang.

Dari sektor konektivitas, Anda hanya menjumpai port yang bisa dibilang sedikit. Sisi kiri hanya ada dua port USB type-C yang salah satunya digunakan untuk mengisi daya baterai namun sudah mendukung koneksi terbaru yang super kencang yaitu Thunderbolt 4. Sementara sisi kanan hanya terdapat satu port USB type-A serta audio jack 3.5 mm.

Baterainya punya kapasitas 54 Wh yang diklaim bisa bertahan hingga 12 jam. Adaptornya menggunakan koneksi USB type-C yang mendukung teknologi fast charging dengan daya 65 watt. realme menyebutkan bahwa adaptor ini bisa mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit. Asiknya lagi, adaptor ini juga bisa digunakan untuk pengisian baterai smartphone yang kompatibel dengan teknologi fast charging 30 Watt Dart Charge.

realme Book Prime masih menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11. Namun SKU yang digunakannya sedikit berbeda dengan generasi pertamanya. Jika sebelumnya punya varian yang menggunakan Intel Core i5-1135G7, maka kali ini menggunakan Intel Core i5-11320H.

Sama-sama memiliki 4 core 8 thread dengan arsitektur 10 nm SuperFin, yang membedakannya adalah frekuensi turbo clocknya lebih tinggi dan bisa digenjot hingga 4,5 GHz. Begitu pula dengan TDP-nya 35 watt sehingga performanya lebih powerful.

Untuk chip grafisnya menggunakan Intel IRIS Xe Graphics yang sudah mumpuni untuk menjalankan komputasi berbasis produktivitas dan sering digunakan pada laptop tipis. Kapasitas RAM-nya 8 GB DDR4 sudah dual channel dan storage-nya menggunakan SSD M.2 NVMe dengan kapasitas 512 GB.

Beberapa fitur menarik lainnya termasuk speaker stereo HARMAN yang mendukung efek suara DTS, serta dual mic noise cancellation, sensor fingerprint yang disematkan pada tombol Power, fitur PC Connect yang menghubungkan sistem Windows dan Android, teknologi Wi-Fi 6, serta sudah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Selain itu, realme Book Prime sudah tersedia di realme Official Stores di JD.ID.

Penasaran seperti apa kinerjanya? Tunggu review lengkap realme Book Prime ini.