politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/30/f8286LtF/img20190530160513-ccc8.jpg”>

Memasuki masa mudik lebaran banyak rencana telah disusun untuk mengisi waktu liburan dari sekedar berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi kepada sanak saudara di kampung halaman hingga mengunjungi ke tempat-tempat wisata yang indah untuk sekedar refreshing dan melepas kepenatan.

Mudik, tak tahan rasanya jika tak pulang kampung

Nah, bagi Anda yang berencana liburan ke Kabupaten Semarang Jawa Tengah mengunjungi sanak saudara, sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata yang ada di sana. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi, Cintamobil.com merekomendasikan 3 destinasi wisata Kabupaten Semarang karena kelebihan yang dimiliki mulai dari sisi keindahan alam hingga nuansa sejarah yang sangat bermanfaat.

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo yang merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Semarang paling populer, tepatnya di Desa Candi Kecamatan Bandungan dengan jarak hanya 12 km dari kota Ambarawa dan 22,5 km dari kota Ungaran. Terletak di kawasan Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.200 dpl, suhu udara di kawasan Candi Gedong Songo benar-benar dingin dan bersih.

Selain situs budaya berupa candi-candi peninggalan Hindu, Candi Gedong Songo juga menyuguhkan keindahan alam yang benar-benar memukau. Daya tarik lainnya yaitu kawasan ini memiliki bio energy yang sangat terbaik dan terbesar di Asia melebih bio energy di pegunungan Tibet, serta memiliki sumber air panas alami yang mengandung belerang. Hanya dengan beberapa rupiah saja Anda bisa menikmati kehangatan mandi air belerang ini.

Candi Gedong Songo yang penuh sejarah

Sebagai salah satu destinasi unggulan Kabupaten Semarang, lokasi wisata Candi Gedong Songo sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup baik seperti penginapan, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, kuliner khas lokal serta berbagai lapak oleh-oleh dan cendera mata.

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai ke lokasi Candi Gedong Songo, yaitu:

Jangan khawatir, semua rute bisa dilewati kendaraan roda empat hingga bus besar, kecuali jalur Kendal-Boja-Limbangan-Sumowono yang hanya bisa dilewati kendaraan roda empat dan minibus elf karena kondisi jalan yang naik turun cukup ekstrim meski sudah beraspal.

Pastikan kendaraan yang Anda gunakan benar-benar prima sebab jalanan untuk sampai ke lokasi wisata Candi Gedong Songo berupa tikungan dan tanjakan ekstrim dengan kemiringan mencapai 40 derajat.

Berada di kawasan tinggi Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo selalu ramai oleh pengunjung

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di desa Sidomukti Kecamatan Bandungan. Sama dengan kawasan Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti juga berada di lereng Gunung Ungaran dengan hawa yang cukup dingin dan udara yang bersih. Selain pemandangan alam yang menakjubkan, Umbul Sidomukti menawarkan beberapa wahana unggulan seperti kolam renang berair dingin yang diklaim sebagai kolam renang tertinggi di Asia Tenggara, Flying Fox dengan panjang 110 meter dan tinggi 70 meter, spot selfie di ujung Goa Tirta Mulya tepat di tengah dinding jurang dan yang lain. Untuk mengobati hawa dingin, Anda bisa menikmati kopi panas di Pondok Kopi Umbul Sidomukti dan makanan khas Bandungan sambil menikmati indahnya pemandangan alam Gunung Ungaran.

Umbul Sidomukti dengan segala pesonanya

Sama dengan jalanan ke Candi Gedong Songo, jalanan untuk sampai ke Umbul Sidomukti berupa tanjakan tajam melewati tengah kampung dan sangat menantang. Jadi, pastikan kendaraan yang Anda gunakan baik mobil maupun sepeda motor benar-benar sehat.

3. Rawa Pening dan Kampoeng Rawa

Rawa Pening adalah danau alam dengan luas 2.670 hektar yang berada di empat wilayah kecamatan Kabupaten Semarang yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Rawa Pening, bukti kebesaran Tuhan

Sedangkan Kampoeng Rawa merupakan tempat wisata buatan yang berada salah satu sisi Rawa Pening. Kampoeng Rawa diberdayakan oleh petani ikan setempat bersama dengan pemerintah setempat dan lembaga pembiayaan KSP Artha Prima. Salah satu unggulan yang ditawarkan disini yaitu Resto Apung dengan desain Joglo khas Jawa Tengah dengan menu utama olahan ikan rawa. Anda akan merasakan sensasi bagai naik perahu bergoyang saat makan di tempat ini.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling Rawa Pening menggunakan perahu yang disewakan oleh petani-nelayan setempat. Jangan khawatir soal keamanan, mereka sudah sangat mahir mengoperasikan perahu. Selain itu Anda juga harus mengenakan jaket pelampung mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk sampai ke lokasi ini sangat mudah karena letaknya tepat di tengah-tengah Jalan M Sarbini alias jalan lingkar Ambarawa. Anda bisa menempuh melalui persimpangan Bawen atau melalui persimpangan Ngampin baik menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil keluarga atau bus.

Yuk berwisata ke Kampoeng Rawa Ambarawa

Sebenarnya masih ada banyak destinasi wisata Kabupaten Semarang yang cukup recommended, seperti Kampoeng Kopi Banaran, Kampoeng Seni Lerep, Museum Kereta Api Ambarawa, Monumen Palagan Ambarawa, Air Terjun Semirang, Curug Lawe, Fountain Water Park, Cimory On The Valley, Lereng Kelir, Susan Spa & Resort dan yang lain. Namun dengan waktu liburan mudik yang sangat terbatas ketiga lokasi wisata di atas sangat layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan orang-orang tercinta.