politik-indonesia.com – Mengunjungi pantai selalu menjadi lokasi wisata favorit keluarga dan juga bersama kawan. Banyak pantai yang terletak tidak jauh dari ibukota yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah wisata alam Pantai Pasir Putih PIK 2 di Jakarta Utara. Ditengah kepenatan ibukota anda bisa menikmati keindahan pantai yang terletak tidak jauh.

Pantai Pik 2 memang unik dan menyimpan cerita menarik. Pantai ini adalah salah satu jenis pantai buatan yang dibuat di dekat ibukota. Walaupun pantai buatan, namun pantai ini tidak kalah mempunyai pemandangan alam yang indah. Bangunan gedung yang tinggi di sekitarnya malah menambah kesan unik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih PIK 2

1. Pantai Buatan yang Menawan

Pantai ini adalah hasil dari proses reklamasi yang dilakukan di teluk Jakarta. Sehingga lokasi pantai ini awalnya dibangun dengan tujuan sebagai tempat hiburan untuk penghuni PIK 2. Namun karena lokasi wisata ini menjadi viral dan banyak di review, sehingga menjadi lebih terkenal sekarang dan dibuka untuk umum.

2. Hamparan Pasir Putih yang Cantik

Walaupun pantai buatan, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang nyaman bila diinjak dengan panjang pantai hingga 4 km. Hamparan gedung tinggi dipadu dengan pohon kelapa yang ditanam rapi menjadi daya tariknya tersendiri. Berbagai macam spot foto menarik dijamin akan membuat hasil foto Instagramable.

Lokasi wisata ini dulunya bernama Pulau C yang merupakan salah satu proyek reklamasi. Tidak hanya hamparan pasir putihnya yang cantik, namun di lokasi wisata ini sudah banyak ditanam pepohonan seperti palem. Sehingga suasana pantai tampak lebih rindang dan sejuk. Terlebih lagi bila pantai dibuka pada sore hari.

3. Dekat dengan Wisata Kuliner dan Pusat Perbelanjaan

Lokasi wisata Pantai Pasir Putih PIK 2 ini terbilang cukup strategis dan berada dekat dengan kota. Hal ini menjadikan lokasi wisata ini mudah diakses dan mempunyai fasilitas yang lengkap. Bila anda sudah puas bermain di pinggir pantai dan ingin menikmati makan malam, maka lokasi wisata kuliner terletak tidak jauh dari Pantai PIK 2.

Terdapat Food Street atau wisata kuliner Pantjoran PIK. Konsep wisata kuliner ini berada di tempat terbuka dengan berbagai macam jenis makanan dan minuman yang bisa anda pilih. Deretan stand makanan dan minuman dijamin akan membuat anda betah dan nyaman menyantap makan malam disini.

Tidak hanya di situ, bila anda ingin berbelanja maka tempat perbelanjaan juga berada tidak jauh dari Pantai PIK 2. Beberapa tempat belanja tersebut adalah seperti Pluit Village, Emporium Pluit, PIK Avenue, Baywalk Mall Pluit, atau Pluit Junction. Bila anda ingin berbelanja dengan latar pemandangan pantai yang indah anda bisa memilih Baywalk Mall Pluit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Pasir Putih PIK 2tepatnya berada di Jalan Pantai Indah Kapuk daerah Kamal Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Bila anda berkendara dari pusat kota maka jaraknya hanya sekitar 29 kilometer saja dengan estimasi sekitar 30 menit perjalanan. Bila anda berkendara dari pusat kota Jakarta anda bisa mulai dari daerah Monumen Nasional.

Setelah itu anda bisa berkendara menuju jalan MH Thamrin kemudian dilanjutkan ke arah Jalan Gatot Subroto atau Jalan Tol Cawang Grogol. Anda bisa tetap berada pada jalur tersebut sampai berganti arah ke jalan Tol S Parman. Perjalanan anda tetap dilanjutkan sampai masuk ke Jalan Tol Prof. DR. Sedyatmo hingga masuk ke wilayah Jakarta Outer Ring Road.

Kemudian setelah anda menyeberangi Jembatan Pulau D anda tinggal mengikuti jalan hingga menemukan bundaran PIK 2. Jalur tersebut tinggal anda ikuti saja dan segera menemukan hamparan pasir putih dan kawasan Pantai Pasir Putih PIK 2 pada kanan jalan. Namun Bila menggunakan busway anda bisa memilih jurusan 1A rute Balai kota – PIK.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Lokasi wisata Pantai PIK 2 satu ini memang cocok untuk pilihan berlibur keluarga. Selain pemandangan alamnya yang cantik, harga tiket masuknya pun masih gratis alias tidak berbayar. Sehingga anda bisa puas menikmati pemandangan pantai sambil bersantai. Harga tiket yang terjangkau ini juga menjadi salah satu daya tariknya tersendiri.

Pantai ini buka pada sore hingga malam hari sekitar pukul 3 sore hingga 9 malam. Sehingga anda jangan sampai salah datang di jam yang salah. Karena pantai ini tidak beroperasi 24 jam seperti pantai wisata lainnya. Hal ini karena wisata pantai ini akan terlihat lebih cantik bila dikunjungi pada sore hingga malam hari.

Bila berkunjung ke Pantai PIK 2 ada peralatan wajib yang harus anda bawa. Beberapa diantaranya adalah tabir surya dan topi. Walaupun lokasi wisata ini adalah pantai buatan namun tetap saja suasananya akan sama panasnya seperti di pantai asli. Sehingga peralatan seperti mengunjungi pantai akan diperlukan disini.

Kegiatan yang Menarik DIlakukan di Pantai PIK 2

1. Bersantai di Tepi Pantai

Pantai PIK 2 merupakan pantai buatan yang terletak dekat dengan ibukota. Walaupun pantai buatan, namun pemandangan alam yang disuguhkan tidak kalah dengan jenis pantai alami di Bali atau Lombok. Walaupun memang di beberapa sisi terlihat berbeda dengan bangunan gedung yang menjulang di sisinya, namun tidak mengurangi keindahannya.

yang menarik dari Pantai Pasir Putih PIK 2 ini adalah garis pantainya yang dibuat panjang dan menggunakan konsep alami yang terasa. Sehingga anda akan bisa merasakan keindahan alam laut yang cantik dila berkunjung kesini. Pasir dipantai akan terganti dengan batuan yang ditumpuk untuk dijadikan pembatas.

Namun anda juga masih bisa duduk di tepi pantai sambil menikmati angin yang berhembus. Sambil menikmati keindahan pantai dari pinggirnya, anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di sekitarnya. Tidak hanya pemandangan pagi dan siang hari yang indah, pemandangan sore hari dengan semburat warna orange di langit juga terlihat estetik.

2. Bersepeda dan Jogging di Sore Hari

Walaupun di pantai ini anda tidak bisa melakukan olahraga air seperti selancar, snorkeling, dan berenang, namun anda masih bisa melakukan kegiatan seru lainnya. Salah satunya adalah dengan bersepeda. Terdapat area khusus bersepeda yang dijamin membuat anda nyaman berjalan berkeliling.

Terdapat area yang dibangun khusus sebagai lahan bersepeda. Sehingga kegiatan bersepeda sore hari anda tidak akan terganggu. Sambil menikmati pemandangan pantai sore hari, anda bisa bersepeda dengan santai. Tidak hanya bersepeda, area khusus jogging atau jogging trek juga dibangun disini.

Lokasi Pantai PIK 2 ini seringkali dijadikan sebagai lokasi berolahraga yang menarik bagi penduduk sekitar. Lahannya yang luas dengan pemandangan kombinasi alam dan perkotaan membuat kesan unik dan malah terlihat estetik. Berolahraga menjadi lebih menyenangkan terlebih lagi karena fasilitas penunjangnya sudah memadai.

3. Berfoto dengan Latar Senja

Berfoto adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan bila mengunjungi lokasi yang menarik. Berfoto di Pantai Pasir Putih PIK 2 ini akan membuat hasil foto anda lebih estetik. Banyak spot foto estetik yang bisa anda dapatkan disini. Tidak hanya berlatar pantai dan laut yang indah, namun tata letak lokasi yang estetik akan membuat anda menemukan spot foto menarik.

Berlatar pasir putih yang menghampar sejauh 4 kilometer akan menjadikan foto anda tampak menarik. Selain itu, di lokasi ini juga sudah ditanami pepohonan kelapa yang rapi sehingga bila anda menemukan angle foto yang bagus, maka hasil foto anda akan tampak lebih estetik. Tunggu apalagi, persiapkan kamera anda sekarang.

4. Menikmati Kuliner dengan Citarasa yang Khas

Bila berkunjung ke Pantai Pasir Putih PIK 2jangan takut bila ingin beristirahat sambil makan malam. Di sekitar lokasi wisata ini terdapat pusat kuliner yang dijamin akan membuat anda nyaman dan ketagihan dengan hidangannya. Berbagai macam jenis makanan dijual disini, mulai makanan dan minuman tradisional hingga yang sedang populer saat ini.

Harga yang dikenakan juga bervariasi mulai dari Rp 10 ribu. Hidangan berat hingga makanan camilan kecil seperti ice cream disini juga tersedia. Makanan tersebut tidak hanya cocok dikonsumsi orang dewasa namun juga banyak pilihan makanan anak anak. Sehingga anda tidak perlu kuatir bila membawa serta anggota keluarga.

Makan makanan lezat dengan latar pemandangan pantai yang indah akan menambah kesan makan malam anda sekeluarga. Selain itu, di lokasi wisata kuliner ini juga terdapat hiburan berupa live music. Suasana nyaman dan romantis ini juga cocok bila anda mengajak pasangan anda menikmati malam bersama.

5. Piknik Sederhana Bersama Keluarga

Bermain pasir putih dan berpiknik bersama keluarga tidak perlu lagi ke tempat yang jauh dari kota. Anda bisa menyempatkan berpiknik bersama keluarga di tempat wisata dekat ibukota ini. Lokasi Pantai Pasir Putih PIK 2 yang dekat dengan bangunan pencakar langit malah akan menambah keunikan wisata pantai buatan ini.

Anda bisa mengajak keluarga piknik di hamparan pasir putih yang luas. Hamparan pasir putih di Pantai PIK 2 sepanjang 4 kilometer bisa membuat keluarga anda pusat bermain bersama. Anda bisa membawa bekal dari rumah atau membeli makanan di sekitar lokasi pantai. Piknik sore hari ditemani pemandangan senja yang indah pasti akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Walaupun tidak buka dari pagi hari, pantai ini masih bisa anda nikmati di sore hingga malam hari. Piknik sore hari bisa menjadi alternatif liburan yang unik dan menarik. Lokasi pantai PIK 2 juga aman dan ramah untuk digunakan anak anak. Lokasi pantai buatan ini memiliki banyak fasilitas penunjang yang akan membuat anda dan keluarga betah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas umum juga sudah banyak dan tersedia di Pantai Pasir Putih PIK 2. Walau masih banyak fasilitas yang dalam tahap pengembangan, namun fasilitas yang sudah tersedia akan membuat anda nyaman.

Beberapa jenis fasilitas yang disediakan pengelola adalah seperti Lahan Parkir Yang Luas, Mushola, Toilet Umum, Food Court, Live music dan fasilitas lainnya.

Berwisata alam seperti pantai memang menyenangkan dan selalu menjadi kegemaran masyarakat. Namun saat berwisata alam juga ada hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah untuk selalu menjaga kebersihan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan lupa untuk terus menjaga protokol kesehatan dan selamat berlibur!