politik-indonesia.com – Gaya Hidup – Ocean Dream Samudra menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Jakarta yang seru dan wajib dikunjungi. Destinasi liburan yang satu ini tidak hanya menyajikan pengalaman yang tidak terlupakan, namun juga bersifat edukatif.

Seperti namanya, di tempat ini para wisatawan akan dapat melihat berbagai wahana seru dan pertunjukan yang berhubungan dengan dunia air.

Sebut saja seperti pertunjukan teater bawah air, akuarium raksasa, serta kesempatan menyaksikan dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan laut yang jinak dan menggemaskan.

Ingin tahu lebih jauh tentang Ocean Dream Samudra termasuk harga tiket, wahana, dan jam operasionalnya? Yuk, simak sama-sama lewat artikel berikut ini.

Tentang Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra merupakan destinasi liburan yang terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Tempat wisata ini telah berdiri sejak Juni 1974 silam dan diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin.

Ia membangun destinasi ini untuk mewujudkan cita-citanya membuat sarana rekreasi tentang laut dan segala potensinya kepada masyarakat. Karena itulah konsep yang dihadirkan oleh Ocean Dream Samudra adalah Edutainment Theme Park.

Nuansa yang dihadirkan pun khas konservasi alam agar memberikan pengalaman pada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.

Tempat ini juga meruoakan unit oceanarium terbesar. Tak hanya menampilkan berbagai hal tentang laut dan hewan-hewan yang hidup di dalamnya, destinasi yang satu ini juga memiliki taman yang menjadi habitat dari beraneka spesies burung.

Terobosan yang dikeluarkan Ancol ini juga menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba karena memiiki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap.

Di dalamnya meliputi unsur yang saling mendukung seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yag berkualitas, laboratorium, para medis dan juga dokter hewan.

Lokasi dan Harga Tiket Ocean Dream Samudra

Lokasi detail dari Ocean Dream Samudra adalah di Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Sedangkan untuk jam operasionalnya yakni buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Sementara untuk harga tiket masuknya bervariasi, berikut ini daftarnya:

Harga Tiket Hari Biasa:

– Reguler Samudra + Ancol: Rp 110.000- Reguler Samudra + Gondola: Rp 148.000- Reguler Samudra + Sea World: Rp 160.000

Akhir Pekan:

– Reguler Samudra + Ancol: Rp 130.000- Reguler Samudra + Gondola: Rp 172.000- Reguler Samudra + Sea World: Rp 190.000

Tiket Annual Pass:

– Bundling Annual Pass (Samudra & Sea World: Rp 305.000- Bundling (Sea World & Samudra + Ancol): Rp 195.000- Annual Pass Samudra ecard: Rp 190.000

Dari daftar harga tiket di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

– Pembelian tiket masuk H-1 sebelum kunjungan melalui situs resmi Ancol.- Anak dengan tinggi badan 80 cm wajib memiliki tiket masuk- Wajib sudah vaksin dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.- Anak usia di bawah 12 tahun sudah boleh berkunjung.

Perlu diperhatikan pula bahwa harga tiket yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk itu, sebelum berkunjung pastikan kembali lewat harga tiket yang tertera di situs resmi Ancol, ya.

Wahana Seru di Ocean Dream Samudra

Destinasi wisata ini menghadirkan sederet wahana dan pertunjukan seru yang tidak hanya menghibur, namun juga edukatif. Apa saja ya? Berikut ini daftarnya.

1. Underwater Show

Wahana pertama yang akan menyajikan keseruan bagi pengunjung adalah Underwater Show. Seperti namanya, dalam wahana ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan drama yang dilakukan di dalam air.

Lewat sebuah akuarium raksasa, para pemain akan menampilkan interaksi menarik antara penyelam dengan lumba-lumba.

2. Water Stuntman Show

Wahana seru yang selanjutnya adalah Water Stuntman Show di mana para pengunjung akan menyaksikan keseruan dari atraksi drama bajak laut.

Layaknya sebuah film action, kamu akan diperlihatkan pertempuran menegangkan para water stuntman di laut dalam melawat bajak laut Scorpion.

Di pertunjukan ini dilengkapi pula dengan efek spesial seperti tembakan dan juga ledakan yang dapat memukau para penonton.

3. Pertunjukan Hewan

Dalam pertunjukan hewan, akan diperlihatkan kepintaran para hewan seperti burung kakak tua, beruang madu, singa laut, hingga berang-berang yang lucu.

Semua hewan-hewan yang menggemaskan tersebut akan melakukan berbagai atraksi yang menghibur seperti bertepuk tangan, bermain bola, dan masih banyak lagi.

4. Atraksi Lumba-lumba dan Singa Laut

Wahana yang satu ini menjadi andalan di Ocean Dream Samudra. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba dan singa laut yang menunjukkan kebolehan mereka melakukan berbagai trik.

Sebut saja seperti berdiri di atas air, berjoget, melompat, hingga melewati rintangan berupa ring. Para pengunjung biasanya akan takjub saat menyaksikan atraksi tersebut.

5. Theater 4D

Ada pula wahana Theater 4D yang menampilkan pertunjukan berupa film empat dimensi yang bertemakan lautan dengan menggunakan kacamata khusus. Sehingga akan membuat gambar yang terlihat di layar seolah-olah terlihat begitu nyata seperti benar-benar berada di depan mata.

Tak hanya gambarnya yang punya efek seperti nyata, kursi yang disediakan pun dapat bergerak sesuai dengan apa yang ditampilkan di film. Dijamin akan membuat penonton bersorak penuh keseruan selama menonton.

6. Wahana Permainan Anak

Sebagai tempat liburan yang ramah anak, Ocean Dream Samudra juga menyediakan banyak wahana lainnya yang akan membuat si kecil betah. Sebut saja seperti Bumper Car, Wahana Boto-Boto, Wahana Ubur-Ubur, dan masih banyak lagi.

Rute Menuju Ocean Dream Samudra

Makin tertarik dan penasaran untuk mengunjungi destinasi yang satu ini? Untuk mengunjunginya, ada beberapa pilihan rute yang bisa ditempuh.

Jika menggunakan Transjakarta, kamu bisa memilih rute bus dengan koridor 5, 5D, 5E, 5H, dan juga M5. Setelah menaiki bus tersebut, kamu dapat turun di Ancol untuk mencapai lokasi tempat rekreasi ini.

Setibanya di Ancol, perjalanan bisa dilanjutkan cukup dengan berhalan kaki saja. Hal itu karena lokasi halte Transjakarta dengan Ocean Dream Samudra dapat dikatakan tidak terlalu jauh.

Selain dengan menggunakan bus Transjakarta, pengunjung yang ingin bermain ke lokasi ini juga bisa menempuh dengan menggunakan KRL Commuter Line. Pilih KRL jurusan Jatinegara – Bogor – Tanjung Priok – Jakarta Kota.

Jurusan KRL tersebut dapat membuat pengunjung sampai ke tempat wisata tersebut dengan lebih cepat. Silahkan turun di stasiun Kampung Banda dan lanjutkan dengan berjalan kaki.

Jika lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada Transjakarta atau KRL Commuter Line, maka rute yang perlu ditempuh tentunya berbeda.

Pengunjung akan lebih bebas memilih rute mana yang dianggap paling cepat dan dekat untuk mencapai Ocean Dream Samudra.

Namun mengingat lokasi area rekreasi ini berada di kota Jakarta, maka perlu diperhatikan waktu keberangkatan. Hal ini diperlukan agar jangan sampai terkena kemacetan yang kerap kali melanda Ibukota.