politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/06/06/cWC5a43e/gili-labak-b612.jpg”>

Pulau Garam adalah nama lain dari Madura, sosok pulau yang dipenuhi kultur budaya beragam, wisata kuliner khas dan juga destinasi wisata menarik. Selain kelebihan tersebut, tempat wisata Madura juga tergolong terjangkau, sehingga setiap keluarga dapat menikmatinya.Mungkin wisata di Madura tak sepopuler yang ditawarkan oleh Bali atau bahkan Lombok. Padahal, jika boleh berkata, Madura memiliki berbagai destinasi wisata dengan tampilan bak ‘surga’, jarang terjamah oleh banyak kalangan sehingga suasana alamnya masih sangat asri.

1.Bukit Kapur, Jaddih Bangkalan

Salah satu destinasi wisata Madura yang baru-baru ini ngehits adalah Bukit Kapur Jaddih Bangkalan. Sebuah bukit terhampar cukup luas, berwarna putih dan cukup menyilaukan mata di siang hari. Ya, bukit ini adalah bukit yang penuh akan sumber daya alam (SDA) kapur, sehingga semuanya serba putih ketika sampai di sana.

Inilah sosok bukit kapur di Jaddih yang banyak digunakan untuk sesi foto Wedding hingga tamasya keluarga

Namun jangan salah, karena begitu putihnya bukit ini, terdapat banyak sekali tempat-tempat foto asyik. Bahkan, jika diadu dengan keindahan wisata di luar negeri, Bukit Kapur tak mudah kalah soal keindahan alam. Namun perlu menjadi catatan, pastikan membawa topi atau bahkan payung, mengingat tempat satu ini cukup panas dan terik.

2.Bukit Kapur, Arosbaya Bangkalan

Tidak seperti Bukit Kapur Jaddih yang menawarkan dominasi warna putih, Bukit Kapur Arosbaya Bangkalan justru memberi warna lebih eksotis dengan warna coklat alami. Di tempat wisata Madura satu ini, batu-batu yang ada terlihat sangat artistik, hasil pahatan dari para petani kapur di sana.

Bukit Kapur Arosbaya memiliki arsitektur alam yang eksotis

Banyak juga mengatakan bahwa Bukit Kapur Arosbaya terkesan sangat mirip dengan bukit di Arizona, mengingat lekuknya terasa alami dan penuh artistik. Bukit yang memiliki nama lain Bukit Pelalangan ini dulunya adalah bekas Tambang Batu Kapur yang nyatanya tidak disadari oleh para petani kapur bahwa peninggalannya tercipta begitu indah dan sukses menjadi objek wisata Madura baru.

3.Gili Labak

Destinasi wisata Madura yang tak kalah menarik adalah Gili Labak. Butuh setidaknya setengah hari untuk mencapainya dari titik awal di Jembatan Suramadu. Pasalnya, Anda dan keluarga harus pergi ke pelabuhan Sumenep, tempat paling ujung dari Madura, yang cukup dekat dengan pulau Bali.

Bisa Anda amati betapa indahnya Gili Labak

Meski tergolong cukup jauh, namun jika sudah sampai di sana Anda akan merasakan seakan berada di pulau tropis bak ‘surga’. Semua hal masih tertata sangat asri, air laut masih sangat biru dan jernih. Bahkan, ikan dan terumbu karang bisa terlihat jelas dari kapal yang Anda naiki.Perlu juga menjadi catatan, di pulau Gili Labak, adalah hal yang cukup susah untuk menemukan air tawar dikarenakan pulau ini banyak bergantung pada air asin laut untuk cuci baju, mandi dan aktivitas lain dari masyarakat setempat. Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa membeli air mineral dari warung terdekat dengan harga cukup terjangkau untuk memuaskan dahaga.

4.Pemandian Sumber Pocong, Bangkalan

Namanya bukanlah sosok hantu yang ada di Indonesia ya sobat, yakni pocong. Bukan, Madura menyimpan sebuah keindahan pemandian Sumber Pocong yang mana air tawarnya sangat jernih dan dikelilingi pepohonan. Airnya yang segar, seakan menyihir para wisatawan untuk segera berenang di dalamnya.

Pemandian Sumber Pocong memiliki suasana air yang sangat jernih dan bisa dibuat berenang

Pemandian Sumber Pocong ini terletak di Kecamatan Tragah tepat di Kabupaten Bangkalan. Direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kamera tahan air, bisa dibawa ke lokasi ini, sehingga dapat berfoto bersama dalam bawah air.

5.Mercusuar Bangkalan

Nah, destinasi wisata Madura yang terakhir adalah Mercusuar. Bagi Anda yang sering tinggal di daerah Bangkalan, sudah pasti mengenal lokasi satu ini. Mercusuar adalah lokasi bersejarah yang dibangun sejak tahun 1879, peninggalan Belanda.

Destinasi wisata Madura bersejarah, bisa ditemui di lokasi Mercusuar Bangkalan