politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/25/ZXn5Pos1/mobil-modifikasi-dipakai-mudik-5-cc25.jpg”>

Banyak yang beranggapan, mobil modifikasi hanya cocok dipakai di dalam kota atau sehari-hari ketika menjalani aktifitas harian. Padahal nyatanya, mobil yang sudah mengalami modifikasi tetap asyik dipakai untuk mudik Lebaran.

Jika Anda ingin mobil modifikasi dipakai mudik Lebaran, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan mudik Lebaran tetap aman namun kendaraan Anda selalu terlihat stylish. Berikut tips tetap aman menggunakan mobil modifikasi ke kampung halaman.

1. Roof Box

Sesuaikan dimensi roof box dengan luas atap mobil

“Pasang roof box itu penting, selain buat simpan barang bawaan agar lebih praktis, penampilan mobil juga jadi lebih keren,” kata Kiki Anugraha, pemilik brand KARMA Bodykit. Namun ia menegaskan, pemilihan roof box sebaiknya tidak sembarangan. Harus diperhitungkan, panjang dan lebar atap mobil dengan dimensi roof box. Pilihlah roof box yang sesuai dengan dimensi atap mobil, jadi penempatan roof box terlihat lebih presisi mengikuti kontur atap mobil.

2. Pelek

Ganti sementara pelek dengan diameter lebih kecil agar perjalaan mudik lebih nyaman

Jika mobil Anda sudah mengalami modifikasi pelek, Kiki menyarankan sebaiknya mobil yang sudah menggunakan pelek diameter lebar diganti dengan ukuran yang lebih kecil. “Misalnya kalau sehari-hari dia pakai ring 19 atau 20, sebaiknya ganti dulu ke ukuran yang lebih kecil,” ujar Kiki. Penggantian pelek untuk kebutuhan mudik ini juga tergantung dari jenis mobilnya. Kalau Low MPV seperti Mitsubishi Xpander, cukup pakai pelek ring 16. Hal ini untuk membuat perjalanan mudik lebih aman dan nyaman.

3. Ban

Gunakan ban dengan profil yang cukup tebal

Selain pelek, spesifikasi ban juga wajib diperhitungkan ketika mobil modifikasi dipakai mudik. Disarankan, ban dengan karakter mengkotak lebih dipilih untuk perjalanan mudik. “Jangan pakai ban yang narik, atau ban donat, pakai ban yang side wall-nya kotak, tebalnya minimal 50 masih aman tapi juga masih keren,” ucap Kiki.

4. Suspensi

Sebaiknya jangan terlalu ceper

Terakhir yang harus diperhitungkan ketika mobil modifikasi dipakai mudik adalah bagian suspensi. Jika mobil Anda cenderung ceper, sebaiknya ganti dulu dengan suspensi tipe coil over lalu putar suspensi dengan setting paling tinggi. Kalau sudah pakai sistem suspensi udara, maka perlu melakukan perawatan khusus. Antara lain mengurasi angin di tabung kompresor, lalu memeriksa baut-baut di sistem suspensi udara tersebut agar tidak terjadi kebocoran saat diperjalanan.