politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/27/6kDubyiR/tips-bersihkan-sistem-audio4-158d.jpg”>

Selama ini para pengemudi menggantungkan kenyamanan berkendara pada sistem audio untuk mengusir kebosanan dalam perjalanan. Sistem audio yang beroperasi lancar dan melantunkan lagu secara sempurna menjadi impian seluruh pemilik mobil. Namun untuk mencapainya Anda harus memberi perhatian ekstra agar performa komponen-komponen sistem audio tetap prima. Komponen seperti head unit, speaker, dan power amplifier harus diperhatikan kondisinya dari ancaman debu atau kotoran kecil lainnya.

Perhatikan komponen sistem audio agar perjalanan tetap nyaman mendengar lagi favorit

Alat-alat yang diperlukan untuk merawat sistem audio tidak berbeda jauh dengan yang biasa digunakan untuk merawat interior. Alat-alat ini pun tidak sulit untuk didapat di supermarket atau toko aksesori. Seperti kain microfiber yang akan dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan bidang cukup luas. Alat lainnya seperti kuas juga berguna untuk menjangkau celah-celah atau sudut sempit. Mini blower juga bisa Anda optimalkan sebagai alat pembersih untuk meniup debu. Jika memungkinkan, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran di power amplifier. Setia komponen pun mempunyai cara merawat yang berbeda-beda, berikut tips merawat sistem audio.

1. Head Unit

Gunakan kain microfiber untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada head unit

Proses membersihkan head unit bisa dimulai dengan menyeka permukaan luarnya dengan kain microfiber. Lakukan dengan usapan lembut dan gerakan searah. Untuk tombol-tombolnya, Anda bisa menggunakan kuas untuk menyingkirkan debu yang terselip. Untuk merawat sistem audio pada komponen head unit ini tidak disarankan meniup dengan mini blower karena itu bisa mengakibatkan debu terbang dan masuk ke slot CV atau USB. Bila mobil Anda menggunakan layar sentuh, hindari membersihkan dengan memutar lap kain microfiber atua menggunakan tisu. Sebab serat-serat yang terlepas bisa membuat pembersihan tidak efektif.

2. Speaker

Debu yang menempel pada speaker bisa mempengaruhi kualitas suara yang keluar

Untuk membersihkan speaker atau tweeter sebagai bagian dari merawat sistem audio tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan kain lap atau kuas. Tetapi tergantung dari posisi speaker karena bisa mengalami tingkat kekotoran yang berbeda-beda. Speaker yang berada dibagian bawah pintu akan lebih kotor daripada yang ditempatkan di pilar atau door trim bagian atas. Pada momen membersihkan speaker ini Anda bisa memanfaatkan mini blower untuk meniup debu yang menempel.

3. Power Amplifier

Bersihkan komponen power amplifier agar tidak cepat panas karena debu dan kotoran yang menempel

Komponen ini biasanya digunakan saat Anda sedikit memodifikasi sistem audio mobil. Bila komponen ini terletak di bagasi maka bisa lebih kotor baik bagian luar maupun dalamnya. Penggunaan vacuum cleaner akan mempermudah proses pembersihan dalam merawat sistem audio ini. Proses awal bisa dimulai dari membersihkan housing dan berlanjut dengan membuka cover untuk membersihkan bagian dalamnya. Proses ini sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia dan kualitas power amplifier. Karena bila debu-debu disingkirkan maka terhindar dari gejala cepat panas. Nah, sudah cukup jelas bukan untuk tips merawat sistem audio kali ini? Selamat mencoba!

cintamobil.com.