politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/21/ZXn5Pos1/membawa-bayi-saat-mudik-5-6dc6.jpg”>

Menjalani ritual mudik Lebaran adalah kegiatan yang dilakukan setahun sekali. Karenanya banyak dari masyarakat Indonesia yang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berkumpul bersama seluruh keluarga di kampung halaman.

Namun bagaimana jika Anda masih memiliki bayi dan tetap ingin mudik Lebaran? Nah, sebaiknya Anda membaca tips membawa bayi saat mudik berikut ini.

1. Gunakan Child Car Seat

Child car seat dirancang untuk membuat bayi merasa nyaman

Child car seat memang dirancang sebagai tempat duduk bagi bayi saat berkendara di mobil. Selalu letakkan kursi khusus bayi ini di bagian belakang pengemudi. Khusus bayi dengan berat di bawah 13 kg atau di bawah dua tahun, posisinya menghadap ke belakang. Sementara untuk bayi di atas tiga tahun, bisa pakai convertible car seat yang bisa diposisikan menghadap depan.

2. Bawa Mainan Bayi

Buat si bayi nyaman dengan mainan kesukaannya

Ketika memutuskan membawa bayi saat mudik, maka sebaiknya perlakukan si jabang bayi seperti saat sedang berada di rumah. Karenanya hibur dia dengan mainan-mainan kesukaannya selama perjalanan. Hal ini agar si bayi tidak merasa bosan karena waktu tempuh perjalanan mudik Lebaran yang cenderung lebih lama.

3. Buat Rencana Perjalanan

Sebaiknya rencanakan perjalanan dengan tepat

Berpergian dengan membawa bayi maka Anda perlu merencanakan perjalanan dengan sangat tepat. Pilihlah rute yang paling singkat dan tentukan waktu perjalanan yang tepat. Sebaiknya istirahat setiap dua jam perjalanan. Terdengar membosankan memang kalau terlalu banyak berhenti, tapi ini demi kenyamanan dan keselamatan si kecil.

4. Saat Bayi Menangis

Gendong saat bayi menangis di perjalanan

Bukan tidak mungkin ketika membawa bayi saat mudik, si kecil menangis di perjalanan. Jangan langsung panik, sebaiknya langsung tepikan kendaraan. Angkat bayi dari child car seat, kemudian gendong dengan posisi memeluk sambil dinyanyikan lagu kesukaannya. Bila masih menangis, bisa alihkan perhatiannya dengan mainan atau beri dia susu.

Jika si bayi merasa nyaman selama perjalanan, maka membawa bayi saat mudik pun bukan perkara yang merepotkan.

cintamobil.com.