politik-indonesia.com – Masjid Al Safar merupakan sebuah masjid yang indah terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Memiliki luas yang mencapai 6.000 m2 kemudian dapat menampung ribuan jamaah. Yakni tercatat 1.200 orang dapat di tampung di dalamnya. Beberapa fasilitas sudah terbilang lengkap dan sangat memadai.

Kabarnya masjid tersebut dirancang oleh seorang Gubernur Jawa Barat yakni Bapak Ridwan Kamil dengan timnya. Konsep desain yang unik juga menjadikan masjid kian apik. Terlihat gaya desain berbentuk topi ala adat Sunda. Konsep yang dipakai ini yakni konsep sculpture.

Masjid Al Safar yang cantik ini dibangun pada tahun 2014. Beberapa pengunjung yang datang merupakan wisatawan mancanegara. Terbangun diatas lahan yang luas yakni 1.411 meter2 dan lengkap dengan taman. Juga tak lupa terdapat kolam, tempat wudhu, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Masjid Al Safar

1. Bentuk Desain Masjid

Masjid Al Safar terbentuk dengan desain yang apik dan unik. Yang mana asimetris dengan gaya arsitektur yang dekontruksi. Banyaknya bangunan pintu yang berbentuk segitiga menjadi daya tarik yang tersendiri. Bentuk-bentuk yang lain seperti segiempat yakni pada bukaan kaca.

Pembangunan ini dilakukan oleh kang Emil. Yakni seorang Arsitek yang lulus dari Universitas California. Dia mengambil program S2 dari Urban Desaign yang merupakan perguruan tinggi yang ada di Amerika Serikat.

Bangunan masjid yang berdiri kokoh tersebut, sebenarnya banyak sekali mendapat kritikan dari netizen. Kerap disebut jika bentuk desain bangunan tidak menunjukkan bangunan Islam. Bahkan netizen menyudutkan bangunan masjid ini sebagai tempat pemujaan setan.

Namun alih-alih sepi dari pengunjung, masjid cantik ini kian ramai pengunjung. Entah sekedar penasaran atau malah melakukan penelitian. Motif yang beragam ini memang tidak kebetulan. Terlepas dari kata-kata netizen, bentuk desain unik juga mempengaruhi pengunjung bahwa lokasi ini sangat cantik.

2. Sejarah Pembangunannya

Terlepas dari kata tidak sempurna, bangunan masjid ini terbilang menyimpan penuh sejarah. Indahnya juga proses pembangunannya merupakan cerita yang tidak ada habisnya. Beberapa sejarah yang ada terkuak dalam sebuah bangunan masjid yang terus ramai pengunjung ini, kerap memikat perhatian.

Masjid Al Safar selesai dibangun pada 11 Maret tahun 2014. Yang mana pembangunan ini dilakukan dengan cepat oleh Bapak Gubernur Jawa Barat pada masanya bersama tim perusahaan yang sangat mendukung pembangunan.

Bahkan sarana dan prasarana yang ada dalam proses pembangunan tersebut disediakan dengan cepat oleh pihak perusahaan. Sehingga tentunya, bangunan cepat rampung tidak sampai satu tahun. Fasilitas penunjang pun terbilang baik, yang akan membuat nyaman orang yang beribadah.

Namun sejarahnya tidak habis begitu saja, seorang ustad pernah ikut mengkritik desain masjid yang hits ini dengan sebutan mirip dengan symbol Dajjal sebab bentuk segitiganya. Jika secara sekilas, memang bangunan ini bukan seperti masjid, bentuk yang eksotis adalah gelar yang tepat untuk masjid cantik ini.

3. Konsep Bangunan yang Eksotis

Masjid Al Safar berbeda dari kebanyakan masjid yang ada di dunia. Masjid yang populer ini merupakan bangunan dengan konsep geometris yang eksotis. Bentuk segitiga yang ada di setiap sudutnya merupakan keindahan yang sudah menjadi familiar di kalangan public.

Bapak Ridwan Kamil selaku pendiri masjid juga membuat pernyataan mengenai konsep geometris ini. Ujarnya, segitiga sendiri merupakan kekhasan sejarah peradaban Islam dibidang seni.

Bentuk jajar genjang, segitiga, dan lingkaran yang ada, menjadikan masjid ini sangat menarik. Tidak bisa dipungkiri keindahan tersebut menjadi hal yang diburu oleh para pecinta matematika. Beberapa umat muslim yang berkunjung juga berdecak kagum dengan indahnya. Semua atas kehendak yang Maha Kuasa tentunya.

Jangan terlalu percaya pada netizen yang mengatakan bangunan mirip Dajjal. Sebab bagaimanapun, bangunan ini sudah dirancang untuk tempat beribadah umat muslim. Selama bangunan masih digunakan sesuai fungsinya, maka masih menjadi masjid yang patut dimakmurkan.

4. Spot Foto

Selain untuk tempat beribadah, kegiatan berfoto akan menarik perhatian publik. Spot keindahan foto sudah unik di setiap sudut Masjid Al Safar. Maka tak heran bila lokasi juga cocok untuk diabadikan dengan berfoto. Tersedia bangunan yang unik-unik dengan berbagai bentuk geometric yang menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pembangunan Masjid Al Safar yang hits ini sempat mencengangkan public. Sebab bentuk dan letaknya yang terbilang berbeda. Terletak di pinggir jalan Tol Cipularang, tentunya dapat menjadi tempat singgah waktu beribadah para musafir.

Dan merupakan lokasi yang sudah diresmikan oleh Jasa Marga. Berada pada lokasi yang strategis kian membuat siapapun yang tahu tentang ini akan pemasaran. Peresmian pembangunan ini diselenggarakan pada 19 Mei tahun 2017.

Lokasi masjid cantik ini berada pada pinggir jalan Tol dalam perjalanan arah kota Bandung. Yakni di pertengahan kilometer 88 B Tol Cipularang. Lebih tepatnya lagi berada di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Bila Anda belum pernah berkunjung, dan tidak terlalu paham arah menuju lokasi ini. Maka lebih aman bila Anda menggunakan google maps untuk menuju lokasi. Jalur yang sudah dipastikan dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat. Kondisi jalan yang sudah sangat bagus dan terarah.

Singgah dan beristirahat di Masjid Al Safar ini, merupakan pengalaman yang tiada tara. Bila ingin singgah tidak di kenakan biaya tiket masuk. Namun akan lebih baik Anda memasukkan uang infak pada kotak yang sudah ada, dalam bentuk sodaqoh.

Keindahan masjid juga dapat membuat pengunjung takjub terhadap manusia yang sudah diberikan akal oleh Pencipta. Harga tiket yang terbilang free ini, tentunya akan membuat Anda tidak ragu untuk berkunjung.

Tentunya Anda dapat datang kapan saja dan pada jam berapa saja. Sebab masjid ini memang sengaja dibuat untuk pengunjung yang sedang melakukan perjalanan atau musafir. Bagi Anda yang penasaran dengan indahnya, maka rencanakan kunjungan Anda bersama keluarga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Masjid Al Safar

1. Hunting Foto

Berada di lokasi Masjid Al Safar ini, maka tidak heran jika Anda berburu foto. Bentuk bangunan segitiga, jajar genjang, dan lingkaran merupakan hal yang unik untuk berselfie. Keindahan yang sudah populer dikalangan masyarakat kota Bandung ini, menjanjikan hasil foto yang kekinian.

Namun, lebih dari sekedar foto, akan lebih baik bila Anda berkunjung dengan niatan beribadah atau beristirahat. Atau memang sengaja berkunjung dari jauhnya rumah Anda hanya sekedar penasaran. Menghabiskan hari berlibur Anda di sini juga hal yang menarik.

2. Penelitian

Merupakan tempat yang bersejarah dan juga proses pembangunannya penuh kotroversi. Maka tak heran bila lokasi Masjid Al Safar menjadi tempat untuk penelitian. Bila dibandingkan dengan keindahannya, maka hal tersebut juga menjadi pemicu unik untuk di teliti.

Alih-alih hanya untuk berekreasi, lokasi ini juga sangat pas untuk menjadi tempat penelitian. Kegiatan penelitian ini akan menambah wawasan Anda. Juga sebagai bentuk menguatkan iman Anda terhadap Pencipta, yang mana telah menjadikan lokasi ini tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Tentunya sebagai umat muslim yang taat akan perintah Tuhan, maka tetap prioritaskan kegiatan beribadah di lokasi tersebut. Akan lebih tepat bila memiliki rasa tafakur atas keindahannya. Meskipun terdapat kontroversi yang banyak dalam public terutama dunia maya.

3. Tafakur

Keindahan berbagai bentuk segitiga dan bentuk geometris lainnya, merupakan hal yang perlu ditafakuri. Bagaimana tidak, bangunan yang eksotis dan terbilang langka ini merupakan buatan tangan manusia atas Kuasa Tuhan yang telah menciptakan tangan manusia.

Kegiatan tafakur di Masjid Al Safar ini menjadi hal yang sangat istimewa bila berada di lokasi cantik ini. Maka jangan lupa untuk bertafakur disaat berkesempatan menjadi pengunjung. Dan tentunya tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak buang sampah sembarangan.

Benar-benar menjadi hal yang wajar bila bangunan masjid menjadi kontroversi dengan keadaan bangunan yang jauh dari bentuk masjid pada umumnya. Namun, tetapi kegiatan tafakur ini merupakan yang baik untuk dilakukan. Jangan terlalu hiraukan bentuk bangunan selagi memang fungsinya sengaja untuk beribadah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Masjid

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Masjid Al Safar dapat Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terutama lokasi yang luas tentunya lengkap dengan fasilitas penunjang kegiatan beribadah di masjid cantik ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa memang fasilitas tersedia hanya untuk membuat pengunjung betah.

Seperti area parkir yang luas, tempat wudhu, perlengkapan beribadah umat Islam, dan masih banyak lagi. Adanya toilet umum juga menjadi fasilitas yang dapat Anda manfaatkan. Mengetahui fasilitas yang tersedia akan membuat Anda tidak ragu dalam berkunjung.

Bangunan yang terbilang mewah juga menjadi fasilitas yang benar-benar berkelas. Yang tentunya layak mendapatkan gelar fasilitas yang wah dan istimewa. Memang benar adanya jika bentuk bangunan terbilang berbeda, namun fasilitas untuk beribadah disana sudah sangat memadai.

Masjid Al Safar merupakan objek wisata religi yang sengaja dibangun untuk beribadah umat muslim. Namun terlepas dari sekedar untuk beribadah, lokasi ini juga dapat untuk penelitian, menambah wawasan, dan masih banyak lagi. Tak lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria bersama keluarga.