politik-indonesia.com – Kontes audio pertama yang mengusung endurance battle sukses dihelat dengan melahirkan dua juara baru untuk ajang perdana

Keduanya instalatur tersebut adalah Bronson Audio sebagai pemenang Indonesia Car Audio Tunning 2022 Endurance Battle, dan AJM Audioworks sebagai Bamsoet’s Choice.

Ajang yang dihelat SaoundandMachine bersama konten kreator otomotif Pengepul Mobil ini diklaim berjalan di luar ekspektasi. Enam kontestan yang turut berlomba menggarap audio Toyota Innova bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari waktu yang ditentukan.

“Hari pertama berjalan sesuai rencana, tetapi di luar ekspektasi. Jadinya sangat cepat, jam 16.00 WIB instalasi semua sudah selesai dan tidak ada kendala,” kata Jacki Suwandi dari Pengepul Mobil, dalam keterangan resminya, Senin (24/10/2022).

Seperti diketahui, keenam modifikator audio mengerjakan instalasi menggunakan platform mobil yang sama, yakni Innova Reborn. Keenam MPV keluarga tersebut berasal dari dari berbagai daerah, tiga unit dari Jakarta, satu dari Banten, satu dari Yogyakarta, dan satu lagi dari Jawa Tengah.

Dengan tema endurance, keenam instalatur diwajibkan memasang komponen modifikasi audio di Innova Reborn dengan batas waktu yang telah ditentukan, yakni dari pukul 09.00-20.00 WIB. Perangkat audio yang digunakan juga seragam.

Mulai peredam Z3RO Solutions, head unit Asuka, Digital Signal Processor Alpine, subwoofer pasif Hertz, speaker Pioneer, kabel Pitch and Timbre, dan power amplifier Zapco. Tak hanya itu, masing-masing juga diwajibkan membuat boks subwoofer langsung di lokasi menggunakan bahan kayu MDF yang sudah disediakan panitia.

Tak hanya itu, mobil-mobil yang digunakan untuk berlomba sebelumnya juga sudah dilakukan inspeksi air conditioner (AC) oleh Rotary Bintaro. Mulai pembersihan evaporator, mengganti filter kabin sampai melakukan sterilisasi menggunakan atomizer.

“Kegunaan AC untuk audio mobil sangat penting, biasanya para tuner mementingkan AC-nya dulu sebelum mereka melakukan instalasi audio, jadi memastikan AC-nya benar dahulu, baru melakukan instalasi untuk audionya, supaya performa audionya bisa tetap stabil,” ujar Ferry Jensen Lie, Pemilik Rotary Bintaro.