politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/30/ZXn5Pos1/cara-mengatasi-stres-di-jalan-6-dbdd.jpg”>

Perjalanan mudik Lebaran sering kali lebih berat dari perjalanan hari-hari biasa. Hal itu karena populasi kendaraan saat musim mudik cenderung meningkat hingga dua kali lipat. Pada akhirnya kondisi jalan pun lebih sering macet.

Pada situasi inilah terkadang Anda akan merasakan stres di jalan. Emosi pun lebih mudah tersulut, padahal disatu sisi hal itu akan membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, yuk ketahui cara mengatasi stres di jalan terutama ketika perjalanan mudik Lebaran.

1. Tahan Emosi

Jangan mudah terpancing emosi dari pengendara lain

Ketika jalanan macet parah berjam-jam, apalagi kondisi cuaca saat itu panas terik, maka emosi seseorang akan mudah tersulut. Untuk mengatasinya coba tarik nafas panjang dan buang perlahan dari mulut. Lakukan secara berulang sampai Anda merasa lebih tenang.

2. Dengarkan Musik

Pilih musik yang bisa menenangkan

Musik bisa membuat Anda lebih tenang saat mengemudi, namun dengan catatan, pilih lagu dengan beat yang lembut dan suara yang tidak terlalu keras. Anda bisa pilih lagu-lagu beraliran jazz atau slow pop, jangan lagu-lagu bernuansa rock atau bahkan heavy metal.

3. Atur Posisi Berkendara

Posisi berkendara yang tepat bisa menghindari stres

Tanpa Anda sadari, posisi berkendara bisa memicu stres di jalan. Untuk mengatasinya, atur posisi duduk sesuai ilmu defensive driving. Caranya, duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah karena nantinya malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan pegang setir dengan rileks, sehingga akan menciptakan situasi yang lebih nyaman.

4. Pastikan Kabin Nyaman

Buat kabin mobil bersih dan rapih

Cara mengatasi stres di jalan juga bisa dengan memperhatikan kondisi kabin mobil Anda. Pastikan kabin dalam kondisi bersih, AC tidak bau, dan barang-barang tertata dengan rapih. Hal ini akan menimbulkan suasana rileks sepanjang perjalanan.

5. Tentukan Rute

GPS akan berguna mengetahui jalan yang macet

Tindakan paling ampuh sebagai cara mengatasi stres di jalan adalah mengindari jalur yang macet. Untuk itu sebaiknya tentukan rute perjalanan Anda, termasuk jam keberangkatan perjalanan. Gunakan juga GPS Navigation untuk mengetahui kondisi jalan raya secara real time. Sehingga jika di tengah perjalanan ada kemacetan, Anda bisa memilih rute alternatif.