politik-indonesia.com – Mobil yang satu ini sudah pasti sangat familiar di telinga dan mata Anda. Ya, Toyota Avanza yang telah hadir sejak tahun 2003 ini memang sudah menjadi mobil bertipe MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan keluarga Indonesia karena bentuknya yang sederhana dan multifungsi. Selain harganya yang terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat, mobil ini juga dilengkapi fitur-fitur yang tak kalah menarik dengan saudara se merknya, Kijang.

Sama seperti Kijang, Avanza pun kian mengalami perkembangan atau evolusi dari tahun ke tahun sehingga mobil ini tetap eksis menjadi pilihan keluarga Indonesia. Penasaran dengan evolusi Toyota Avanza dari tahun ke tahun? Ini dia daftarnya!

Toyota Avanza Generasi Pertama (2003)

Pertama kali muncul, Toyota Avanza dihadirkan dalam 2 tipe, yaitu 1.3 E dan 1.3 G yang menggunakan transmisi manual dengan 5 gigi. Dengan mesin berkapasitas 1300 cc dan desain eksterior yang terbilang fresh dikala itu instan membuat mobil ini menjadi favorit baru keluarga indonesia.

2 tipe ini memiliki segmen dan fitur yang berbeda. Tipe E merupakan tipe terendah Toyota Avanza yang dikhususkan untuk konsumen berbudget minim sehingga fitur-fitur yang diberikanpun juga minim. Berbeda dengan tipe G, tipe Toyota Avanza ini dihadirkan dengan harga yang lebih mahal dan fitur yang lebih mutakhir, seperti pemakaian velg racing dan double blower yang tidak ada di tipe E.

Masuk ke tahun 2006, Toyota mengenalkan varian terbaru dari Avanza yaitu tipe 1.3 E, 1.5 G, dan 13 S. Di tahun yang sama produsen mobil ini jug mengeluarkan tipe 1.5 S M/T Â serta 1.5 S A/T. Kelebihan dari tipe-tipe baru ini adalah penggunaan katub berteknologi VVT-i (Variable Valve Timming Inteligent) dan sedikit perubahan pada bodil meliputi bumper dan model lampu belakang.

3 tahun kemudian (2009), beberapa tipe Toyota Avanza juga dipasang transmisi A/T, sehubungan dengan meningkatnya permintaan masyarakat. Salah satu tipe Toyota Avanza yang mendapat transmisi A/T adalah tipe 1.3 E A/T dengan 4 kecepatan. Tipe E bertransmisi A/T banyak dicari oleh orang karena meningkatnya tingkat kemacetan jalan raya yang mendorong untuk memilih mobil bertransmisi matic.

GENERASI KEDUA

Untuk menjaga eksistensi di tengah pasar mobil MPV / mobil keluarga, Toyota terus menghadirkan inovasi terbaru pada evolusi Toyota Avanza. Memasuki tahun 2011, Toyota Avanza hadir dengan sejumlah modifikasi dan fitur baru dari segi eksterior dan interior. Modifikasi ini hadir dalam tipe terbaru Avanza yaitu Toyota All New Avanza.

Design yang lebih modern, dinamis, dan elegan menjadi poin yang diunggulkan dari tipe-tipe Toyota Avanza terdahulu. Toyota All New Avanza atau Toyota Avanza generaasi yang kedua ini dipasarkan dengan tipe 1.3 E dan 1.3 G, yang mana keduanya dihadirkan dalam transmisi manual dan matic.

Meskipun tidak terlalu ada perbedaan dalam segi mesin, tetapi Toyota Avanza generasi kedua ini tentunya hadir dengan teknologi-teknologi terbaru yang mampu memuaskan konsumen modern. Seain kedua tipe tadi, Toyota juga menghadirkan tipe Toyota All New Avanza paling mewah, yaitu Toyota Avanza Veloz dengan mesin 1.5 L. Tipe tersebut juga dihadirkan dalam transmisi otomatis dan manual.

GENERASI KETIGA

Ternyata, semakin modern, semakin ketat persaingan mobil MPV atau mobil keluarga. Tidak mau kalah, berbagai macam produsen mobil lain seperti Suzuki dan Honda pun turut menunjukkan taringnya dalam mobil kelas MPV. Dimulai dengan Honda yang mengeluarkan mobil tipe Mobilio hingga Suzuki yang mengeluarkan mobil tipe Ertiga.

Persaingan yang ketat ini pun memaksa Toyota untuk terus berinovasi dengan seri MPV andalannya, Toyota Avanza. Setelah keberhasilan Toyota All New Avanza, Toyota pun menghadirkan Toyota Avanza generasi ketiga, yaitu Grand New Avanza.

Sejumlah fitur tambahan pun disematkan pada generasi Toyota Avanza terbaru ini agar bisa bersaing dengan produsen mobil lain. Dari segi keamanan, salah satu fitur terbaru pada Toyota Grand New Avanza ini adalah fitur keamanan Side Impact Beam yang memperkuat pintu penumpang dari benturan keras dan fitur Immobilizer yang memastikan mobil hanya bisa dihidupkan oleh kunci khusus.

Toyota Grand New Avanza dihadiran dengan tipe Toyota Avanza terbaru, yaitu Grand New Veloz tipe 1.3L bertransmisi manual dan matic. Dari segi mesin, Toyota Grand New Avanza juga disematkan sistem eco-driving. Sistem ini mmpu menambah efisiensi bahan bakar serta menjami mobil tersebut sudah menjadi mobil MPV ramah lingkungan.

Menarik sekali bukan perjalanan evolusi Toyota Avanza dari tahun ke tahun? Tidak heran jika mobil ini terus menjadi mobil MPV atau mobil keluarga favorit dari tahun ke tahun, karena Toyota paham bahwa produk ini harus terus berkembang mengikuti selera pasar.

Belum pernah memiliki Toyota Avanza dan ingin segera membelinya? Cek saja di Momobil.id! Dengan pilihan yang lengkap mulai dari Toyota Avanza generasi pertama hingga generasi evolusi Toyota Avanza ketiga, Anda bisa membeli mobil terbaru Anda dengan kredit mobil yang bersaing dan aman. Yuk, segera cari Toyota Avanza di Momobil.id!