politik-indonesia.com – Intel resmi meluncurkan prosesor (CPU) desktop terbarunya Intel Core i9-12900KS. Seperti namanya, CPU dengan embel-embel “S” ini merupakan versi unlocked atau yang lebih mumpuni dari prosesor Intel Core i9-12900K yang diluncurkan sekitar akhir tahun lalu.

Salah satu peningkatan di prosesor terbaru ini adalah kecepatan clock maksimal (turbo) yang kini bisa digenjot menjadi 5,5 GHz, alih-alih 5,2 GHz di versi sebelumnya.

Dengan kecepatan seperti itu, General Manager Gaming, Creator & Esports Intel, Marcus Kennedy mengeklaim prosesor terbarunya ini merupakan prosesor terceat di dunia saat ini yang bisa memberikan pengalaman game terbaik di kelasnya.

“Berdasarkan arsitektur prosesor Intel generasi ke-12, prosesor ini memiliki kecepatan yang bisa ditingkatkan ke 5,5 GHz untuk pertama kalinya,” ujar Marcus, dikutip KompasTekno dari Intel.com, Rabu (30/3/2022).

“Ini memungkinkan pengguna merasakan pengalaman game dengan performa maksimal,” lanjut Marcus.

Supaya tetap optimal, peningkatan kecepatan tersebut turut dipadukan dengan teknologi Intel Thermal Velocity Boost untuk meredam panas berlebih, serta Adaptive Boost Technology yang memungkinkan kecepatan prosesor ditingkatkan ke angka maksimal ketika bermain game.

Di atas kertas, spesifikasi prosesor Intel Core i9-12900KS sendiri tidak jauh berbeda dengan Intel Core i9-12900KS.

Kedua prosesor tersebut sama-sama memiliki enam belas inti (16 core) dengan 24 threads dan L3 cache sebesar 30 MB.

Meski demikian, konsumsi daya (TDP) ditingkatkan dari 125W ke 150W supaya bisa menunjang peningkatan performa, macam kecepatan clock untuk mode turbo 5,5 GHz tadi.

Fitur pendukung lainnya yang ada di prosesor terbaru Intel generasi ke-12 ini mencakup dukungan PCIe Gen 4.0 dan 5.0, serta RAM berjenis DDR4 yang memiliki kapasitas 3200 megatransfer per detik (MT/s) dan DDR5 yang memiliki kapasitas 4800 MT/s.

Untuk ketersediaan, prosesor desktop Intel Core i9-12900KS bakal bisa dibeli pengguna di sejumlah toko ritel mitra Intel di seluruh dunia mulai 5 April mendatang, dengan harga 739 dolar AS (sekitar Rp 10,6 juta).