politik-indonesia.com – Ster-Kinekor Theatre adalah perusahaan bioskop terbesar di Afrika Selatan, yang memegang 60-65% pangsa pasar. Mereka memiliki 55 bioskop, dengan total 400 layar dan 64 ribu kursi.

Sejak 10 tahun lalu, Ster-Kinekor memulai transformasi digital dengan menyediakan fitur pemesanan tiket melalui situs dan aplikasi mobile. Di sisi backend, situs ini menggunakan software Vista Group yang berjalan di atas IIS Windows Server. Sementara di front-end, mereka menggunakan aplikasi yang dikelola dengan load balancer Nginx.

Mengandalkan data center yang mereka kelola sendiri, situs Ster-Kinekor dapat mengelola sampai 4400 concurrent connection. Jumlah itu sebenarnya sudah lebih dari memadai, mengingat biasanya hanya ada sekitar 500-800 concurrent connection pada kondisi normal.

Namun kondisi berubah total ketika film Avenger: Endgame, dirilis pada April 2019. Antusiasme penggila film untuk memesan tiket membuat situs Ster-Kinekor susah diakses. Hal ini pun mendorong tim TI Ster-Kinekor untuk melirik solusi load balancer yang lebih andal.

Pilihan pun jatuh kepada solusi Kemp LoadMaster.

Manfaat Load Balancer Kemp

Kemp Technologies sendiri adalah perusahaan yang berpusat di New York dan menyediakan solusi seputar load balancer. Kemp Technologies memiliki rangkaian produk yang memudahkan perusahaan dalam membagi beban (load) di berbagai environment data center, baik virtual server, physical server, maupun cloud.

Untuk menjawab masalah yang mereka hadapi, Ster-Kinekor memilih solusi Kemp LoadMaster berbasis hardware. Melalui solusi ini, kecepatan akses di situs maupun aplikasi mobile meningkat secara drastis. Solusi Kemp juga memudahkan tim TI mengumpulkan metrik yang dibutuhkan untuk perencanaan infrastruktur ke depan.

Yang tak kalah penting, solusi Kemp menawarkan kemudahan dalam instalasi maupun pengoperasiannya. “Kami memilih solusi load balancer Kemp karena mudah digunakan, memiliki lisensi yang fleksibel, dan support yang responsif,” ungkap Hilton Martin, Chief of ICT Ster-Kinekor.

Setelah memanfaatkan solusi Kemp, Ster-Kinekor pun terbukti mampu melayani serbuan pembelian tiket seiring kemunculan film terbaru. Contohnya saat Star War: The Rise of Skywalker dirilis pada Desember 2019, situs maupun aplikasi mobile Ster-Kinekor mampu menangani serbuan penggila film tanpa masalah.

Solusi Kemp pun akan kembali menjadi andalan Ster-Kinekor saat melangkah ke cloud. Hal ini tidak lepas dari tahap lanjut transformasi digital Ster-Kinekor yang akan memindahkan semua workload-nya ke cloud. Dengan solusi load balancer yang komprehensif, Kemp pun siap mengawal perjalanan Ster-Kinekor menuju cloud.