politik-indonesia.com

Bagi Anda yang punya aktivitas tinggi dan kemudian harus mengendarai kendaraan saat kondisi lelah, sebaiknya berhenti dan istirahat sejenak. Jika kondisi badan dan pikiran cukup lelah tetapi tetap dipaksakan berkendara tentunya bisa berbahaya, karena orang yang lelah saat berkendara jadi mudah mengantuk. Nah, kantuk yang terjadi saat berkendara ini bisa jadi merupakan awal tanda microsleep terjadi.

Sebenarnya apa itu Microsleep? Bisa dikatakan Microsleep merupakan kondisi tertidur tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat sekitar lima sampai sepuluh detik. Sobat Cintamobil.com harus tahu bahwa Microsleep ini sangat berbahaya, karena saat kehilangan kesadaran Anda bisa terlibat kecelakaan. Lalu bagaimana mulanya Microsleep ini bisa terjadi?

Sebab terjadi Microsleep

Bosan di jalan

Biasanya tanda Microsleep awal ialah timbul kebosanan di jalan ketika Anda sedang berkendara. Lalu konsentrasi akan mulai terpecah, dengan tanda salah menyalakan lampu, hingga tidak bisa mengatur kecepatan secara konstan.

Mata Terasa Berat

Jika mata Anda terasa berat saat mengemudi bisa menjadi indikasi Microsleep

Tanda Microsleep yang paling mendekati ketika kelopak mata Anda terasa sangat berat. Mata akan memaksa untuk tertutup, dan Anda merasa tidak kuat untuk menahannya. Kondisi ini akan dibarengi dengan menguap yang sering, dan tahap terakhir, mata tertutup tanpa sadar dan kita pun akan tertidur saat berkendara.

Setelah mengetahui tanda Microsleep saat dalam perjalanan tentu kita juga harus paham bagaimana cara mengusir Microsleep ini agar Anda bisa aman sampai di rumah. Simak baik-baik 3 cara di bawah bisa mengantisipasi Microsleep di jalan.

Cara mengatasi Microsleep

Beristirahat sejenak

Ketika tubuh Anda lelah dipaksakan berkendara sebaiknya ambillah waktu untuk istirahat sejenak. Manfaatkan SPBU, Masjid atau Rest Area yang Anda lewati. Cukup istirahat sekitar 15-30 menit, untuk kembali memulihkan kantuk yang ada.

Mendengarkan Musik

Anda bisa coba mendengarkan musik untuk mengusir rasa lelah dan bosan

Selain faktor kelelahan, Microsleep akan menyerang ketika dilanda kebosanan. Untuk mengusir kebosanan, Anda bisa memutar lagu melalui handphone atau pemutar musik lainnya. Mendengarkan lagu, bisa mengalihkan perhatian karena otak akan memproses suara yang terdengar, sehingga rasa bosan bisa dihilangkan.

Minum Air Putih

Terakhir coba perbanyak minum air putih saat dalam perjalanan. Saat tubuh mengalami dehidrasi biasanya konsentrasi akan hilang dan rasa kantuk datang. Berkendara dalam waktu lama juga dapat membuat peredara darah tidak lancar, hal inilah juga menjadi penyebab rasa kantuk datang. Selain minum air putih, Anda bisa berhenti sejenak untuk melakukan stretching atau senam kecil.

Tadi Cintamobil.com sudah bagikan beberapa penyebab yang terjadi microsleep serta beberapa cara untuk mengatasinya. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat ya sobat-sobat.