politik-indonesia.com

Hadirnya Suzuki XL7 membuat pasar LSUV di Indonesia semakin bergairah. Selain dibekali dengan tampilan yang gagah dan modern khas urban crossover, Suzuki XL7 juga memiliki beragam fitur menarik khas mobil kekinian. Salah satunya adalah fitur Smart E-Mirror yang hadir di Suzuki XL7 varian teratas, Alpha. Fitur ini dihadirkan selain untuk menggantikan fungsi kaca spion tengah konvensional, juga diklaim dapat membantu keamanan pengemudi saat berkendara.

Smart E-Mirror gantikan fungsi kaca spion tengah sekaligus juga berfungsi sebagai dash cam

Cara kerja Smart E-Mirror menggunakan dua buah kamera untuk memantau situasi di depan dan belakang mobil. Kamera depan terpasang menjadi kesatuan dengan kaca spion tengah, sementara kamera belakang ditempatkan di bagian belakang mobil. Dengan dua buah kamera ini, fitur canggih ini memiliki dua fungsi. Pertama sebagai kamera mundur yang membantu Anda mengamati situasi di belakang mobil saat parkir. Kamera belakang akan otomatis aktif ketika Anda memindahkan tuas transmisi ke mode mundur atau reserve (R). Dengan menggunakan kamera, visibiltas Anda ketika mundur pun tetap terjaga optimal bahkan saat kondisi hujan sekalipun.

Kamera depan terpasang menjadi satu kesatuan dengan kaca spion tengah

Sementara fungsi kedua dari kaca spion pintar ini berfungsi layaknya sebuah dash cam, yang mampu merekam setiap kejadian yang terjadi lewat kamera di depan. Sehingga bisa membantu Anda berkendara lebih aman dan dapat digunakan sebagai bukti kepada pihak berwenang ketika terjadi insiden yang tak diinginkan saat berkendara.

Fitur Smart E-Mirror hanya tersedia pada Suzuki XL7 varian teratas, Alpha

Untuk memantau image dari kamera, fitur Smart E-Mirror menggunakan layar LCD yang juga berfungsi sebagai pengganti kaca spion tengah. Untuk pengaturannya, menggunakan tombol pada bagian bawah layar untuk mengaktifkan kamera belakang/mundur atau ketika ingin mengawasi bagian depan mobil dengan menggunakan kamera depan. Sebagai media penyimpanannya, menggunakan storage sebesar 32 GB yang bisa diup-grade hingga maksimal sebesar 64 GB.

Suzuki XL7 tersedia dalam 3 varian, yakni Alpha, Beta, dan Zeta. Ketiga varian ini ditawarkan dengan harga mulai dari rentang Rp 230 juta hingga Rp 267 juta. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman harga Suzuki XL7 untuk masing-masing varian:

Tipe

Harga

Suzuki XL7 Zeta 2020 MT

Rp230.000.000

Suzuki XL7 Zeta 2020 AT

Rp240.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 MT

Rp246.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 AT

Rp257.000.000

Suzuki XL7 Alpha 2020 MT

Rp256.500.000

Suzuki XL7 Alpha 2020 AT

Rp267.000.000