politik-indonesia.com

Banyak cara dipakai pengemudi untuk tampil beda. Salah satunya memakai kacamata hitam. Selain bikin penampilan terlihat keren, kacamata hitam melindungi mata dari silau sinar matahari. Ada beragam jenis kacamata dijual di pasaran dengan harga bervariasi. Tapi tidak semua aman dan nyaman dipakai. Dalam kondisi tertentu memakai kacamata hitam justru bisa berbahaya bagi kesehatan maupun keselamatan.

Keren juga mengemudi pakai kacamata hitam

Spesifikasi khusus

Dipandang sekilas, kacamata hitam seperti tak berbeda satu dengan yang lain selain level kehitamannya. Padahal, ada perbedaan fungsi dan manfaat antara kacamata biasa dengan kacamata untuk pengemudi.

Buat Anda yang tengah berencana membeli kacamata hitam sebaiknya perhatikan, berikut kriteria kacamata hitam yang aman dipakai mengemudi sebagaimana dibagikan seva.id

Fitur UV Protection

Sinar matahari mengandung radiasi ultraungu atau Ultraviolet. So, kacamata hitam yang Anda pilih harus memiliki fitur UV Protection. Selain meningkatkan keamanan saat mengemudi, kacamata dengan UV Protection melindungi mata dari beragam penyakit seperti kerusakan saraf, peradangan hingga hilangnya penglihatan. Fitur UV Protection pada kacamata dapat dilihat dari label bertuliskan Progressive Lenses.

Lensa Polarisasi

Kacamata dengan lensa polarisasi meredam cahaya silau

Mudahnya lensa polarisasi atau Polarized Lens adalah lensa yang bisa menghalau glare atau cahaya silau. Betul kalau semua kacamata hitam bisa menghalau silau, tapi Polarized Lens memiliki kemampuan lebih besar untuk meredam, baik dari silau sinar matahari maupun sorot lampu kendaraan lain di depan.

Warna lensa yang tepat

Kacamata hitam yang Anda pilih tidak menghalangi kemampuan mendeteksi warna-warna di jalan raya. Hal ini penting mengingat jalan raya penuh dengan rambu-rambu dengan beragam warna seperti merah, kuning, biru, hijau, dan yang lain.

Beda pencahayaan saat siang dan malam juga mempengaruhi visibility warna rambu-rambu jalan. Maka ada baiknya jika Anda memiliki dua kacamata sekaligus, satu untuk dipakai siang hari dan satunya lagi pada malam hari. Anda bisa memilih warna abu-abu atau coklat untuk siang dan warna kekuningan untuk malam.

Untuk pengemudian malam, pilih kacamata vision night

Cocok dan nyaman

Kriteria kacamata hitam berikutnya yang tak kalah penting yaitu memilih kacamata dengan bentuk paling cocok dan nyaman. Hindari kacamata yang terlalu berat, terlalu besar, atau terlalu kecil dibanding ukuran wajah dan kepala Anda. Sesuaikan juga dengan ukuran hidung, tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.