politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/22/ZXn5Pos1/lampu-kabin-mobil-harus-mati-5-48bd.jpg”>

Berkendara malam hari sulit terelakkan oleh para pengemudi. Mungkin awalnya Anda berangkat masih saat siang, namun karena kemacetan yang parah di jalan, ketika matahari tenggelam pun Anda masih saja mengemudi.

Dan pernahkah Anda berpikir, mengapa lampu kabin mobil harus mati saat Anda berkendara di malam hari? Ternyata ada sejumlah alasan yang berkaitan dengan rasa aman di jalan lho…

1. Mencegah Gangguan Penglihatan

Mata manusia harus bekerja lebih keras ketika berkendara malam hari

Mata manusia akan bekerja sesuai intensitas cahaya yang diterimanya. Jika keadaan sekitarnya terang, maka pupil mata akan mengecil untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata. Padahal disatu sisi, ketika Anda berkendara malam hari maka membutuhkan penglihatan yang lebih baik dengan cara pupil menangkap cahaya lebih banyak.

Untuk itulah lampu kabin sebaiknya dimatikan saat Anda berkendara malam hari. Dengan demikian pupil mata akan menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya dari luar mobil. Pada akhirnya mata pun akan menangkap objek lebih banyak dan lebih detil. Ini berguna demi keselamatan berkendara Anda di jalan.

2. Privasi dan Keamanan

Saat lampu kabin mati, privasi Anda akan terjaga dari orang luar

Saat lampu kabin mobil mati ketika berkendara malam hari, maka orang dari luar mobil akan sulit untuk melihat ke dalam mobil. Privasi Anda selama berkendara pun jadi lebih meningkat. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari kemungkinan kejahatan di jalan.

Karena jika lampu kabin menyala, maka orang dari luar mobil akan bisa dengan mudah mengetahui keberadaan barang bawaan berharga Anda yang ada di dalam mobil.

3. Mengganggu Pengendala Lain

Pengendara lain akan terganggu silau lampu dari kabin mobil Anda

Jika Anda membiarkan lampu kabin menyala selama Anda berkendara di malam hari, maka hal itu akan mengganggu konsentrasi pengendara lainnya. Pengendara lain juga membutuhkan konsentrasi untuk melihat objek dari luar mobil. Saat ada cahaya lain dari kabin mobil Anda, maka konsentrasi pengendara lain akan terganggu.

4. Aki Soak

Aki bisa soak jika lampu kabin dibiarkan terus menyala

Alasan lain lampu kabin mobil harus mati ketika Anda berkendara malam hari adalah untuk menghindari kemungkinan aki mobil soak di tengah perjalanan. Hal tersebut karena daya kelistrikan aki akan terkuras habis jika lampu kabin dibiarkan selalu menyala.