politik-indonesia.com – Jakarta Bayi sering mengalami hidung tersumbat. Hidung tersumbat akan menggangu bayi dan membuat bayi sulit makan dan tidur. Hidung yang tersumbat menyebabkan lendir berkerak di sekitar hidungnya dan lendir yang terperangkap di dalam lubang hidungnya yang mungkin perlu Anda keluarkan.

Mengobati hidung tersumbat bayi sangat penting dilakukan agar mereka dapat dengan mudah bernapas melalui hidung, terutama saat menyusui. Karena bayi tidak tahu cara bersin atau meniup hidungnya, orangtua harus membantu bayi untuk membersihkan hidungnya.

Berbagai solusi sederhana dapat membantu orangtua untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Untuk membersihkan hidung bayi, gunakan bola kapas basah untuk menghilangkan lendir di bawahnya. Jika perlu, bersihkan bagian dalam atau saluran hidung, gunakan nasal aspirators, humidifiers, dll.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini merupakan cara-cara sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa dilakukan orang tua di rumah.

Mengatur suhu ruangan

Menjaga suhu kamar bayi tetap sejuk, namun nyaman adalah salah satu cara untuk menjaga lingkungan tidur yang aman. Bahkan, disarankan agar bayi tidur dalam suhu antara 68° dan 72°F (20° hingga 22,2°C). Inilah yang perlu orangtua ketahui tentang suhu kamar untuk bayi. Selain menjaga kamar tidur anak pada suhu yang nyaman, pastikan untuk tidak mengenakan pakaian berlapis-lapis pada bayi.

Humidifier

Humidifier dapat meningkatkan tingkat kelembaban di dalam rumah untuk membatasi atau memecah lendir. Ini akan membuat rumah terasa lebih nyaman. Banyak ahli mengatakan bahwa penempatan humidifier yang ideal untuk bayi adalah di kamar yang dekat dengan tempat tidur bayi.

Hal ini akan menambah kelembaban udara dan membantu hidung bayi yang tersumbat. Jika tidak memiliki humidifier, menghirup uap dari air panas juga dapat membantu.

Saline drops dan spray

Saline drops dan spray terbukti efektif dalam membersihkan lendir, mengurangi hidung tersumbat, dan meningkatkan pernapasan. Kamu bisa memilih antara obat tetes atau semprotan. Tempatkan ujung penetes atau semprotan tepat ke lubang hidung bayi. Atau jika kamu menggunakan tetes, masukkan 3 tetes ke setiap lubang hidung.

Nebulizer

Nebulizer adalah perangkat khusus yang menghangatkan atau mengubah larutan cair menjadi kabut halus yang mudah dihirup. Nebulizer berguna dalam mengobati kondisi pernapasan tertentu. Dokter sering menggunakannya untuk bayi.

Menggunakan nebulizer memungkinkan bayi untuk minum obat sambil bernapas seperti biasa. Ketika bayi menghirup kabut dari nebulizer, obatnya bisa masuk jauh ke dalam paru-paru mereka di mana ia bisa bekerja untuk membuat pernapasan lebih mudah. Beberapa bayi akan merasa sulit untuk tetap diam, dan beberapa bahkan mungkin membuang corong nebulizer. Ini mungkin menyulitkan sebagian orang untuk memastikan nebulizer berfungsi.

Nasal aspirators

Aspirator hidung atau nasal aspirators adalah alat pengisap kecil yang dirancang khusus untuk mengeluarkan lendir yang menumpuk di hidung bayi. Benda ini dapat membersihkan saluran udara dan membantu mereka bernapas lebih mudah. Lendir yang dikeluarkan biasanya dikumpulkan di ruang terpisah untuk pembuangan yang aman dan higienis.

*Penulis: Sri Widyastuti.

#Women For Women