politik-indonesia.com – Glazed Donat Kripsy Kreme/ Foto: Shania Suha Marwan

Dream – Bagi kamu penyuka donat, mungkin sudah cukup akrab dengan varian glazed donut. Donat jenis ini disiram dengan gula cair dan susu yang membuatnya tampak mengilap dan tentunya sangat menggoda untuk disantap.

Glazed donut biasanya terasa garing di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Hal ini karena digoreng dengan teknik dan suhu tertentu.

Salah satu glazed donut yang cukup terkenal di Indonesia adalah Original Glazed Doughnuts milik Krispy Kreme.

Icip Donat Langsung di Pabrik

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-16, Krispy Kreme Indonesia mengundang media untuk melihat langsung pembuatan donut klasik mereka.

Original Glazed Doughnuts yang ada di Indonesia dibuat di dua pabrik, yaitu pabrik di Taman Tekno, dan Krispy Kreme Factory Store Harapan Indah.

Pada tanggal 31 Agustus, Shania dari Redaksi Dream, melihat langsung pembuatan donutnya sekaligus mencicipi donat yang masih fresh di Krispy Kreme Factory Store Harapan Indah.

Mesin dari AS

Semua donat yang dijual selalu dibuat fresh setiap harinya. Dibuat dengan mesin pembuat donat yang dibawa langsung dari Amerika Serikat, tempat asal Krispy Kreme.

Mulai dari pencampuran bahan-bahan donat, hingga proses glazed dilakukan oleh mesin. Hal ini agar donat yang dibuat minim kontak dengan manusia, dan memiliki bentuk dan ukuran yang seragam.

Proses awalnya adalah dengan penggabungan semua bahan adonan donut. Setelah itu, donut dibentuk menggunakan mesin, menjadi bentuk ring doughnut.

Langkah selanjutnya memasukan donat ke dalam mesin penyimpanan untuk membuatnya mengembang. Suhu di mesin ini sedikit hangat.

Setelah donatnya mengembang, dilanjutkan ke proses penggorengan. Proses ini juga dilakukan mesin, dan ditiriskan.

Setelah ditiriskan, jika donut yang sedang dibuat adalah original glaze doughnuts, proses selanjutnya adalah glazing.

© Foto: Shania Suha Marwan

Donut yang sudah ditiriskan, dibiarkan berjalan di atas mesin dan melewati cairan glazes. Dilakukan hingga cairan tersebut menutupi semua permukaan donat.

© Foto: Shania Suha Marwan

Setelah itu, donat bisa langsung dikirimkan ke outlet Krispy Kreme lainnya. Dream.co.id berkesempatan untuk mencicipi original glazed donut yang baru selesai dibuat.

Berbeda dengan glazed donut yang biasa kita temukan di store Krispy Kreme lainnya, glazed donut yang baru matang, memiliki rasa yang lebih garing pada bagian luarnya. Bagian dalamnya terasa meleleh di mulut dengan aroma butter yang harum.

© Foto: Shania Suha Marwan

Jika Sahabat Dream ingin mencoba Original Glazed Donut dengan rasa yang sama seperti baru matang, ternyata ada tipsnya.

“ inggal beli aja Original Glazed di store manapun, setelah sampai rumah tinggal dipanaskan di microwave selama 8 detik, rasanya bakal sama persis,” ujar Avilia, Brand Manager Krispy Kreme, Bekasi, 31 Agustus 2022.

© Foto: Shania Suha Marwan

Kamu bisa langsung coba sendiri Original Glazed Doughnuts Krispy Kreme di rumah. (mut)