politik-indonesia.com – Mencari kerja bukanlah hal yang mudah bagi fresh graduate, terutama di masa pandemi Covid-19. Namun, kamu bisa memilih untuk magang sebelum kerja full time saat pandemi, lho!

Biasanya, beberapa perguruan tinggi memang sudah memiliki program magang tersendiri. Namun, tak ada salahnya menjalani magang lagi dan tunjukkan bahwa kamu #GenerasiBeda.

Apa saja manfaat magang sebelum kerja full time saat pandemi? Berikut Glints berikan penjelasannya untukmu!

Baca Juga: Minder dengan Teman yang Sudah Kerja? Ubah Mindset agar Jadi Lebih PD, Yuk!

Dapat Pandangan Menyeluruh

© Freepik.com

Kamu sudah mendapat banyak ilmu dan teori terkait jurusan kuliahmu. Namun, kamu belum benar-benar menerapkan berbagai teori tersebut di dunia kerja.

Faktanya, teori di kelas tidak selalu sejalan dengan praktik di lapangan. Ada kalanya kamu perlu menyesuaikan diri dan tidak terpaku pada teori. Inilah manfaat magang yang sesungguhnya.

Dengan magang sebelum kerja full time saat pandemi, kamu jadi punya pengalaman dan pandangan menyeluruh terkait industri yang kamu minati.

Kamu pun bisa melihat seberapa besar penerapan teori di sana. Selain itu, kamu juga bisa mengamati skill tambahan apa yang kamu butuhkan di industri tersebut.

Menambah Pengalaman Kerja

© Freepik.com

Banyak orang meragukan keunggulan fresh graduate di dunia kerja. Kamu mungkin pernah mendengar, “fresh graduate bisa apa?”

Jangan biarkan pertanyaan tersebut mematahkan semangatmu. Justru, ini jadi kesempatan emas untuk membuktikan bahwa kamu adalah #GenerasiBeda.

Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dengan melakukan kerja magang.

Magang bisa menambah pengalamanmu sebelum menjalankan kerja full time. Setidaknya, pengalaman tersebut bisa kamu jadikan kesempatan untuk menambah skill.

Selain itu, pengalaman tersebut juga bisa kamu tulis di curriculum vitae (CV). Jadi, CV-mu sudah mulai berwarna dengan pengalaman magang tersebut.

Baca Juga: Kesulitan Cari Magang saat Wabah Corona? Coba 5 Tips Berikut Ini!

Meyakinkan Diri

© Freepik.com

Jika sudah punya satu tujuan karier yang kamu harapkan, kamu bisa memilih untuk magang sebelum kerja full time saat pandemi.

Pasalnya, seperti dikutip dari Monster, magang bisa jadi kesempatan emas untuk kamu meyakinkan diri.

Dengan terjun langsung ke lapangan, kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan pekerjaan tersebut. Kemudian, kamu bisa mengambil kesimpulan, apakah karier tersebut benar-benar sesuai denganmu.

Jika iya, kamu bisa melanjutkannya setelah magang. Namun jika tidak, kamu masih punya peluang untuk menjalani bidang karier yang lain.

Memperluas Koneksi

© Freepik.com

Membangun networking memang bisa dilakukan di mana saja, termasuk di media sosial sekalipun.

Namun, koneksi di media sosial saja tidak cukup. Kamu perlu membangun koneksi dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang kamu minati.

Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan menjalani magang sebelum kerja full time saat pandemi.

Kamu bisa berkenalan dan belajar langsung dari para profesional. Manfaatkan ilmu tersebut sebagai bekalmu saat kerja nanti.

Selain itu, jaga hubungan baik dengan mereka. Tidak ada yang tahu kapan kesempatan itu datang.

Bisa saja mereka merekomendasikanmu suatu saat nanti.

Diangkat Jadi Karyawan Tetap

© mips.com.au

Ini adalah salah satu manfaat terbesar magang sebelum kerja full time.

Jika kinerjamu dianggap baik selama magang, mungkin saja perusahaan ingin merekrut kamu menjadi karyawan tetap.

Berdasarkan survei National Association of Colleges & Employers (NACE) 2012 seperti dikutip The Balance Careers, 60% fresh graduate yang telah menjalani magang berbayar setidaknya mendapat satu tawaran kerja.

Sementara itu, hanya 36% fresh graduate tanpa pengalaman magang yang mendapat tawaran pekerjaan.

Baca Juga: Tetap Semangat! Ini 4 Cara Angkatan 2020 Bisa Dapat Kerja Saat Pandemi

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapat dari magang sebelum kerja full time saat pandemi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika saat ini belum mendapat pekerjaan.

Situasi ini memang sulit. Namun, angkatan 2020 atau fresh graduate didorong untuk berpikir kritis dan kreatif dalam mencari peluang.

Nah, kamu bisa menuliskan kisahmu dalam mencari peluang di kompetisi Write Your Own Normal.

Dengan membagikan ceritamu di kompetisi tersebut, kamu turut membagikan inspirasi pada sesama #GenerasiBeda.

Tak hanya itu, Glints juga telah menyiapkan berbagai hadiah menarik untukmu!

Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga!

Sumber

    Benefits Of An Internship

    Survey Says Paid Internships Lead to Full-Time Job Offers

glints.com.