politik-indonesia.com – TEXAS – Kalangan Gen X atau pun Baby Boomers tak asing dengan film Back To The Future karena movie ini ngehits banget di era tahun 1980-an. Termasuk mobil yang menjadi bintang utamanya DeLorean DMC-12 yang memiliki bentuk ikonik dan dalam film digambarkan bisa terbang menembus lorong waktu.

Apakah pabrikan DeLorean Reimagined LLC ada kaitannya dengan DeLorean masa lalu?

Berapa kekuatan baterai yang dipakai oleh DeLorean Alpha5?

Film sci-fi itu melejitkan nama Michael J. Fox sebagai tokoh utama yang memerankan Marty McFly dan Christopher Llyod yang memerankan profesor ‘gila’ Dr. Emmett Lathrop Brown, Ph.D. Mengambil setingan tahun 1985, seorang remaja Marty McFly secara tak sengaja melakukan time traveling ke tahun 1955 dengan mobil DeLorean buatan sang profesor. Dari sini, kisah berlanjut sangat menarik.

Di dunia nyata, DeLorean DMC-12 didukung dengan mesin V6 berkapasitas 2.85-liter PRV yang menghasilkan tenaga 130 hp dengan torsi puncak yang mencapai 207 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 3-percepatan. Saat pertama kali diproduksi DMC DeLorean dibanderol dengan harga mulai dari USD 12.000 atau setara Rp 172 Jutaan. DeLorean yang asli telah masuk ke dalam daftar Kendaraan Bersejarah Nasional pada tahun 2021 di Amerika Serikat.

DeLorean Motor Company yang dulu pernah memproduksi DMC-12 kini hidup lagi. Kemarin, pabrikan merilis sedan listrik yang bakal diproduksi massal yang diberi nama Alpha5. Tapi DeLorean yang sekarang bukan dipimpin oleh John Z. Ia sudah menjadi histori. DeLorean Motor Company (DMC) yang sekarang adalah perusahaan pengganti yang lama yang berbasis di Texas dan sudah membeli semua hak dan peralatan pabrik milik perusahaan lama ketika perusahaan lama tersebut tutup.

DMC anyar dipimpin oleh Stephen Wynne, orang yang berada di belakang kelahiran Alpha5. Sedan listrik tersebut didesain oleh ItalDesign, yang didirikan oleh Giorgetto Giugiaro dan Giugiaro adalah orang yang dulu mendesain DMC-12.

Alpha5 adalah mobil listrik yang diproduksi oleh pabrikan bernama DeLorean Reimagined LLC berpusat di Humble, Texas. Berdiri pada tahun 1995, merupakan penggabungan antara divisi klasik dipegang oleh Wynne dan divisi mobil listrik dipimpin oleh alumnus pabrikan Karma, Joost de Vries dan Troy Beetz.

Pabrikan belum memberikan spek dan keterangan detail mengenai mobil tersebut, namun dari bentuknya memang berbeda dari DMC-12 masa lalu. Kemiripan yang paling kentara adalah pintu model Gullwing (sayap burung camar), tapi pintu model ini juga dipakai oleh Tesla Model X. Desain eksteriornya menganut aliran clean, apik layaknya mobil-mobil masa depan dengan kapasitas 4 penumpang.

Spek angka untuk Alpha5 juga cukup ambisius. Mampu menempuh jarak nyaris 500 km (489 km) dengan baterai berkekuatan di atas 100 kWh. Kendaraan tersebut juga bakal memiliki kemampuan akselerasi sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 2,99 detik. (EKA ZULKARNAIN)

carvaganza.com.