politik-indonesia.com – Menghabiskan liburan di destinasi wisata alam merupakan sebuah kegiatan yang cocok dilakukan, terlebih bagi anda yang selama ini tinggal di perkotaan yang sibuk. Aktivitas tersebut akan membuat pikiran kembali segar dan tidak merasa jenuh. Bagi anda yang tinggal di Jawa Barat, maka Garut merupakan kota yang menawarkan banyak pilihan spot wisata.

Salah satu objek liburan yang patut anda kunjungi adalah Dayeuh Manggung. Spot tersebut aman memberikan sensasi liburan yang tidak terlupakan karena banyak sekali hal menarik yang dapat anda lihat. Daripada penasaran, yuk langsung saja cek informasi lengkap terkait dengan destinasi tersebut sebagai berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Dayeuh Manggung

1. Kebun Teh Peninggalan Belanda

Dayeuh Manggung memiliki banyak sekali daya tarik yang membuat banyak wisatawan memutuskan untuk singgah ke sana. Sesampainya disana, anda akan disambut hamparan tanaman teh yang sangat luas. Bahkan luasnya itu menutupi hampir seluruh lahan yang terlihat oleh mata. Mengisi liburan dengan datang ke kebun teh merupakan pilihan yang baik.

Kabarnya kebun teh tersebut merupakan bagian dari peninggalan Belanda. Di sana terdapat sebuah balai yang dibentuk menyerupai perahu. Anda bisa menggunakan spot tersebut sebagai tempat mengambil beberapa foto menarik. Selain itu, ada juga talang air legendaris yang kondisinya masih asli dan tidak diubah sejak jaman Belanda.

2. Panorama Gunung Cikuray yang Indah

Gunung Cikuray bisa anda lihat dari kawasan kebun teh. Keberadaan gunung tersebut sangat melengkapi pemandangan di sekitar kebun sehingga terasa lebih alami. Gunung tersebut berdiri megah menjadi bagian dari background yang tidak dapat diabaikan. Setiap mata pengunjung akan tertarik untuk menikmati pesona gunung yang menjulang tinggi.

Melihat kawasannya yang dekat dengan pegunungan, udara di Dayeuh Manggung sangat sejuk. Anda tidak akan merasa gerah, terlebih jika datang di pagi dan sore hari. Di saat itu, matahari tidak terlalu terik sehingga suhunya terasa nyaman di kulit. Anda bisa mengeksplorasi wilayah tersebut dengan nyaman dan santai.

3. Kampong Amsterdam

Bukan informasi baru jika memang dulu Indonesia sempat berada di bawah kekuasaan Belanda. Alasan ini pula yang menyebabkan banyak sekali peninggalan Belanda yang masih bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu kampung yang kental dengan unsur Belanda adalah kampoeng Amsterdam. Anda bisa mampir ke sana untuk mengisi waktu dan berpetualang.

Kampong Amsterdam sudah ada sejak tahun 1913 sehingga masuk dalam daftar kampong paling lama yang ada di kawasan tersebut. Waktu terbaik bagi anda untuk mampir ke sana adalah di pagi hari agar anda memiliki banyak waktu untuk berkeliling. Jangan lupa untuk siapkan kamera agar setiap hal menarik bisa anda abadikan.

4 Agrowisata

Selain kebun teh, kampoeng wisata Dayeuh Manggung juga menawarkan berbagai macam lokasi agrowisata buah buahan, mulai dari alpukat, kelengkeng, dan kopi. Bahkan disana juga ada fasilitas menarik seperti jalur tracking dan camping ground. Tidak heran jika destinasi ini selalu ramai dikunjungi anak muda bersama dengan rombongannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Informasi terkait dengan alamat dan rute memang penting untuk anda ketahui. Lokasi dari Dayeuh Manggung adalah berada di Kabupaten Garut Kecamatan Cilawu Jawa Barat. Anda bisa sampai di sana dengan mengandalkan google maps atau peta digital. Jika saat ini anda berada di pusat kota Garut, maka perjalanan harus dilakukan kearah utara sejauh 76 km.

Rute yang dilalui adalah lewat Jl. Raya Garut Cikajang kemudian ambil jalur untuk melewati Jl. Garut Tasikmalaya menuju Dayeuh Manggung. Perjalanan tersebut dapat ditempuh selama tiga jam, namun tentunya itu semua tergantung arus lalu lintas yang ada tempuh. Semakin lengang jalannya, maka perjalanan anda bisa lebih cepat dibandingkan dengan perkiraan yang ada.

Harga Tiket Masuk Dayeuh Manggung

Harga tiket dan jam operasional menjadi informasi yang tidak boleh saat ketinggalan. Bagi anda yang ingin pergi ke detsiansi ini, maka siapkan dana sekitar 5 ribu rupiah untuk tiket masuk. Namun informasi terkait dengan harga tiket ini bisa saja berubah tergantung kebijakan pihak pengelola kebun teh. Selain biaya masuk, siapakan pula dana sekitar 3 ribu rupiah untuk parkir motor.

Kemudian bagi anda yang menggunakan mobil, maka biaya parkirnya adalah 5 ribu rupiah. Kebun teh yang satu ini bisa anda akses mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan destinasi tersebut adalah di pagi dan sore hari. Udara disaat tersebut juga tidak terlalu panas sehingga anda bisa menyusuri setiap lahan dengan nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Dayeuh Manggung

1. Menikmati Pemandangan

Kegiatan pertama yang sekaligus menjadi aktivitas utama yang perlu anda lakukan di kebun teh Dayeuh Manggung adalah duduk dan menikmati pemandangan yang ada di sana. Meskipun sederhana, namun kegiatan tersebut sangat wajib anda lakukan. Ambil nafas sebentar dan hidup segarnya udara di kawasan perkebunan. Sangat disayangkan jika anda terburu buru beralih dan meninggalkan lokasi.

Di dalam sana juga terdapat pipa peninggalan Belanda, sehingga anda perlu datang dan menempatkan waktu untuk melihatnya secara langsung. Memang tidak ada yang special, namun benda tersebut menjadi bagian dari saksi bisu bahwa kebun tersebut dulunya dikelola oleh Belanda. Sangat disayangkan jika anda tidak mengunjungi spot ikonik tersebut.

2. Camping

Kegiatan kedua yang banyak dilakukan pengunjung di sekitar kebun teh Dayeuh Manggung adalah camping. Anda bisa membangun tenda di tempat camping yang telah disediakan. Aktivitas tersebut terasa menyenangkan jika anda datang bersama dengan teman atau keluarga. Namun saat camping, anda wajib membawa makanan sendiri karena tidak ada warung di dalam perkebunan.

Perhatikan pula kualitas tenda yang digunakan karena udara di malam dan pagi hari bisa sangat dingin. Bawalah perlengkapan dengan lengkap agar pengalaman camping terasa nyaman dan menyenangkan. Satu hal lagi yang perlu diingat, bahwa anda tidak boleh meninggalkan sampah apapun sehingga semua bungkus makanan wajib di bawah keluar dari wilayah kebun.

3. Tracking

Kebun teh di Dayeuh Manggung sangat luas dan kontur lokasinya cukup berbukit. Anda bisa menjelajah kawasan kebun dengan berjalan kaki. Setiap sisi kebun akan menawarkan pemandangan yang berbeda beda. View atau pemandangan berupa Gunung Cikuray akan membuat perjalanan anda terasa lebih mengasyikkan.

4. Piknik

Jika camping mengharuskan nada untuk menginap, maka piknik adalah aktivitas yang patut anda coba karena bisa dilakukan hanya selama beberapa jam saja. Anda hanya perlu membuka tikar dan menyiapkan makanan yang sudah dibawa dari rumah. Duduk di sekitar kebun teh akan menawarkan rasa yang berbeda dengan suasana di dalam restoran.

Beberapa rekomendasi bekal khas piknik yang bisa anda bawa dalam momen tersebut adalah onigiri, sandwich, burger, kentang goreng, buah buahan, dan jus. Makanan tersebut sangat sederhana sehingga nyaman untuk dimakan sambil bersantai. Namun tetap tidak ada salahnya jika anda memilih makanan berat seperti lalapan ayam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Dayeuh Manggung menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Beberapa fasilitas yang dimaksud adalah tempat parkir yang lumayan luas, warung wisata, spot foto yang esteik, toilet, mishola, gazebo, dan camping area.

Keberadaan fasilitas ini sangat membantu wisatawan yang berkunjung ke kebun teh sehingga dapat merasakan liburan yang nyaman.

Hingga saat ini, Dayeuh Manggung masih menjadi destinasi wisata yang tidak pernah sepi terlebih saat masa liburan panjang seperti idul fitur dan tahun baru. Ada baiknya jika anda merencanakan perjalanan dengan baik sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi. Jika perlu, siapkan lokasi menginap di sekitar destinasi wisata jika anda ingin berkunjung ke sana di pagi hari.