politik-indonesia.com

    6SHARES

Ilustrasi/ Shutterstock

Dream – Seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga harus dirawat agar tetap sehat. Salah satu ciri rambut sehat adalah kuat dan tidak mudah rontok.

Kini kita tidak perlu bingung dalam merawat rambut. Sebab, sudah banyak produk kecantikan yang punya manfaat untuk kesehatan rambut, misalanya saja yang paling populer adalah sampo.

Bagi kalian yang punya waktu dan dana lebih, bisa datang ke salon-salon kecantikan untuk perawatan rambut. Kini salon kecantikan sudah menjamur, melayani beragam perawatan, mulai kulit hingga rambut. Sesekali ke salon tak ada salahnya.

Namun untuk perawatan sehari-hari, bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa cara merawat rambut yang bisa kita lakukan secara mandiri.

© Ilustrasi/ Shutterstock

    Sisir Rambut Secara Rutin

Menyisir rambut secara rutin setiap hari dapat bantu rambut lebih kuat. Menyisir rambut secara rutin membuat minyak alami di rambut bisa tersebar lebih rata dan membuatnya memberikan kelembapan pada setiap batang rambut.

Rambut yang kelembapannya terjaga, dapat bantu untuk membuat rambut jadi lebih kuat.

    Tidak Boleh Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas dapat mengikis minyak alami rambut. Padahal minyak alami rambut bisa menjadi bahan penguat alami.

Secara perlahan kurangi jarak kamu melakukan keramas, namun saat keramas kamu harus fokus pada bagian akar rambut.

© Ilustrasi/ Shutterstock

Pastikan kamu membersihkan kulit kepala secara maksimal serta melakukan sedikit pijatan untuk menstimulasi peredaran darah di sana.

    Pilihan Sampo

Untuk membuat rambut lebih kuat, pemilihan sampo harus dilakukan dengan tepat. Kamu bisa mencari sampo yang kandungan sulfatnya tidak terlalu tinggi, bahkan tidak ada.

Kamu bisa pilih sampo dengan kandungan biotin dan peptide yang akan memberikan nutrisi untuk memperkuat rambut.

    Minum Suplemen

Bisa jadi rambut kamu yang rapuh jadi tanda defisit vitamin D. Kamu bisa mengonsumsi vitamin D3 dan zinc untuk membuat rambut lebih kuat.

Selain itu, mengonsumsi multivitamin secara rutin juga bisa membuat tubuh secara internal dan eksternal menjadi lebih sehat.

Pastikan untuk konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi vitamin.

    Kurangi Penggunaan Alat Penata Rambut Panas

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat rambut kamu, adalah dengan menghindari sumber masalahnya, yaitu alat penata rambut panas.

Kamu bisa menghindari menggunakan alat penata rambut panas untuk styling rambutmu.

Serta, jika sedang menggunakan alat penata rambut, sebisa mungkin gunakan pelindung panas dan kurangi suhunya.

Sumber: Byrdie