politik-indonesia.com – Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena kolesterol , ternyata anak – anak bisa menderita kolesterol tinggi.

Bagaimana kolesterol tinggi pada anak – anak diobati?

Cara terbaik untuk mengobati kolesterol pada anak adalah dengan program diet dan olahraga yang melibatkan seluruh keluarga.

Jika perubahan pola makan dan olahraga tidak memberikan efek yang diinginkan, maka obat-obatan dapat dipertimbangkan untuk anak – anak yang berusia lebih dari delapan tahun.

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol pada anak antara lain cholestyramine, colestipol, dan colesevelam.

Studi terbaru pada anak – anak dengan kolesterol sangat tinggi telah mendukung penggunaan obat yang aman di kelas statin. Statin adalah golongan obat yang digunakan untuk menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah atau low density lipoprotein.

Kadar kolesterol anak harus diuji ulang setelah tiga bulan perubahan pola makan dan/atau obat-obatan.

Bagaimana orangtua dapat membantu menurunkan kolesterol anak ?

American Academy of Pediatrics saat ini merekomendasikan agar anak – anak berusia dua tahun ke atas mengikuti diet sehat sesuai dengan Pedoman Diet untuk Orang Amerika saat ini.

Diet ini harus mencakup produk susu rendah lemak. Untuk anak usia 12 bulan sampai dua tahun yang mengalami kelebihan berat badan/obesitas, atau yang memiliki riwayat keluarga dengan obesitas, kolesterol tinggi, atau penyakit kardiovaskular, dianjurkan untuk menggunakan susu rendah lemak.

Orangtuadapat membantu menurunkan kadar kolesterol anak dengan mendorong mereka untuk melakukan hal berikut:

– Makan makanan rendah lemak total, lemak jenuh dan kolesterol . Jumlah lemak yang dikonsumsi anak harus 30 persen atau kurang dari total kalori harian (45 hingga 65 gram lemak atau kurang per hari). Saran ini tidak berlaku untuk anak di bawah usia dua tahun.

– Berolahraga secara teratur. Latihan aerobik secara teratur seperti bersepeda, berlari, berjalan, dan berenang dapat membantu meningkatkan kadar HDL dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular keluarga Anda.

– Pertahankan berat badan yang sehat.

– Ganti lemak tak jenuh dengan lemak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar dan berasal dari lemak hewani, kelapa, dan minyak sawit.

– Lemak tak jenuh berbentuk cair pada suhu kamar dan berasal dari tumbuhan. Minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kacang tanah adalah contoh lemak tak jenuh.

Demikian paparan mengenai cara pengobatan kolesterol pada anak .***

pikiran-rakyat.com.