politik-indonesia.com

Saat membeli mobil bekas, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Mulai dari memastikan kondisi mobil yang akan dibeli, sampai kesiapan finansial. Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih mobil bekas yang berkualitas.

Tentunya ada sejumlah poin yang wajib diperhatikan saat memilih mobil bekas berkualitas. Satu diantaranya kondisi eksterior, termasuk bagian cat mobil. Tentunya mendapatkan mobil bekas dengan kondisi cat mobil masih orisinil adalah dambaan setiap calon pembeli mobil.

Tapi bagaimana ya cara mengecek apakah cat di mobil tersebut masih original atau sudah dicat ulang? Berikut ulasannya:

1. Meraba Bagian Bodi

Kalau sudah dicat ulang, seringkali ada bagian yang terasa kasar

Cara paling sederhana untuk memastikan kondisi cat mobil apakah masih ori atau sudah dicat ulang adalah dengan merabanya. Coba rasakan dengan permukaan telapak tangan beberapa bagian mobil. Antara lain bemper depan atau belakang, dan bagian tengah pintu-pintu.

Jika terasa ada bagian yang kasar, maka itu pertanda sudah ada cat ulang dipermukaan tadi. Coba juga bagian pinggir-pinggir pintu, kalau terasa kasar maka bisa dipastikan cat sudah tidak lagi original. Karena biasanya bagian pinggir sulit untuk diampelas atau diberi compound.

2. Bandingkan Gradasi Warna

Perhatikan apakah ada perbedaan warna bemper dengan bodi

Saat membeli mobil bekas sebaiknya bawa ke tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Disini Anda bisa memastikan apakah cat mobil masih orisinil atau tidak. Perhatikan warna cat antara satu bagian dengan bagian lainnya. Kalau terlihat ada perbedaan warna, walaupun samar, maka sudah pasti mobil itu pernah dicat ulang.

Perhatikan pula gradiasi warna antara bemper dan bodi mobil lainnya. Material bemper yang berbahan plastik atau fiber, memiliki daya resap cat yang berbeda dibanding material logam. Kalau mobil sudah dicat ulang dan pengecatannya tidak sempurna, maka bagian ini akan mudah terlihat belang.

3. Lihat Bagian Pintu dan Jendela

Bandingkan warna cat dibagian lipatan pintu dengan bodi mobil

Kalau masih sulit menemukan apakah kondisi cat mobil tersebut masih orisinil atau tidak, maka buka semua pintu mobil tersebut. Perhatikan pada bagain lipatan pintu dan bandingkan warna cat di bagian itu dengan bagian lain pada bodi.

Atau bisa juga melihat jendela bagian dalam. Pada bagian dekat karet-karet jendela sering kali tidak terkena siraman cat ulang. Jadi perhatikan kondisi warna dibagian ini dengan warna bodi. Apakah ada perbedaan atau tidak.