politik-indonesia.com – Apa yang kamu lakukan setelah sibuk bekerja selama seminggu? Apakah kamu melakukan pijat di akhir pekan? Menurut para ahli, pijat memiliki berbagai manfaat untuk pekerja, lho.

Ternyata, kegiatan itu tak hanya sekadar bisa menjadi sarana relaksasi, tetapi juga memilki kegunaan lain.

Apakah kamu penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak rangkuman Glints berikut.

Manfaat Pijat untuk Pekerja

1. Mengurangi ketegangan otot dan tekanan darah

© Freepik

Pijat sudah dikenal bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. Dilansir dari hasil penelitian Italian Journal of Occupational Medicine and Ergonomics, pijat dapat mengurangi ketegangan dan menurunkan tekanan darah pada pekerja.

Pijat akan melemaskan otot-ototmu yang tegang. Dengan begitu, aliran darahmu akan semakin lancar dan tekanan darahmu menurun.

Pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot dan sakit kepala. Sebagian besar kasus ini sendiri dialami pekerja karena duduk atau menggunakan komputer untuk waktu yang lama.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Tetap Produktif Bekerja Shift selama WFH

2. Meningkatkan produktivitas

© Freepik.com

Tubuh yang tegang lebih rentan terhadap kecelakaan dan cedera. Selain itu, pikiran yang tegang akan membuatmu sulit berkonsentrasi dan menemukan solusi yang efisien.

Penelitian yang dilansir oleh Inside Halton menunjukkan bahwa pijatan 15 menit dapat membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kinerja dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Pijat memiliki manfaat meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh, membangunkan semua sel dan meningkatkan asupan oksigen ke otak yang dapat meningkatkan konsentrasi untuk pekerja.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

© Pexels.com

Penelitian tentang sentuhan yang dilansir dari CIC Wellbeing menunjukkan bahwa sentuhan akan menciptakan rasa aman bagi penerima. Sentuhan seperti pijat dapat membuatmu merasa nyaman dan rileks.

Hal ini karena pijat dapat meningkatkan tingkat dopamin dan serotonin di otakmu. Kedua senyawa ini akan membantu kamu merasa tenang dan fokus.

Selain itu, kedua senyawa ini juga akan mengurangi level stres dan kecemasan yang kamu alami.

Baca Juga: Kenali 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigi dan Mulut Selama WFH

4. Meningkatkan kualitas tidur

© Freepik.com

Pijat memiliki manfaat membantumu tidur lebih nyenyak. Saat kamu dipijat, sistem saraf sebenarnya melambat karena tekanan.

Manfaat ini baik untuk pekerja, terutama jika kamu harus bangun lebih awal di pagi hari

Ditambah lagi, tidur yang berkualitas dapat mengurangi tingkat zat P (neurotransmitter untuk rasa sakit), yang mengurangi rasa sakit secara keseluruhan.

Jadi, jika kamu mengalami sakit atau pegal, pijatan akan melakukan tugas ganda, yakni mengurangi rasa sakit yang kamu alami dan mencegahmu mengalami sakit kembali.

Jika kamu mengalami insomnia atau masalah tidur lainnya, cobalah melakukan pijat. Kamu akan merasa lebih segar, dapat tidur lebih nyenyak, dan terhindar dari telat masuk kantor karena ketiduran.

5. Mengurangi sakit kepala

Jika kamu sering mengalami sakit kepala saat kerja, cobalah untuk melakukan pijat.

Pijat merupakan salah satu terapi yang disarankan bagi penderita berbagai jenis sakit kepala, terutama sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan.

Satu studi tahun 2018 yang dipublikasikan melalui PubMed menemukan bahwa orang dengan kanker payudara yang menerima pijat mingguan di Swedia lebih jarang mengalami kelelahan.

Untuk mendapatkan efek terbaik, berdasarkan penelitian tersebut, cobalah pijat sekali seminggu.

Baca Juga: Mengatasi Kecemasan Kembali ke Kantor di Tengah Pandemi

Baik bekerja di rumah, ataupun di kantor, kamu akan mengalami kelelahan ketika bekerja terlalu lama. Cobalah melakukan olahraga ringan atau pijat di akhir minggu untuk mengatasinya.

Selain pijat dan olahraga, masih ada cara lainnya untuk mengatasi kelelahan. Cara apa yang kamu gunakan untuk mengatasi kelelahan saat bekerja?

Kamu bisa membagikannya dengan para pengguna Glints lainnya melalui Glints Komunitas, lho.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab di mana kamu bisa berdiskusi dan bertanya seputar dunia kerja kepada para ahli ataupun pengguna Glints lainnya.

Yuk, bagikan pengalamanmu di Glints Komunitas!

Sumber

    Massage therapy in the workplace: Reducing employee strain and blood pressure

    Workplace massage therapy increases productivity

    The Benefits of Massage in the Workplace

    Massage therapy decreases cancer-related fatigue: Results from a randomized early phase trial

glints.com.