politik-indonesia.com – MUNICH – Belakangan ini kerap beredar spyshot yang diklaim sebagai sosok BMW X5 versi facelift sedang dipersiapkan. Mulai dari tes di jalan raya sampai yang terbaru di medan salju, X5 facelift alias LCI (life cycle impulse) menunjukkan sejumlah ubahan visual, meski tubuhnya ditutupi kamuflase. Belum dipastikan untuk X5 atau X5 M, yang jelas ubahannya menunjukkan gaya yang lebih agresif untuk SUV (Sport Utility Vehicle) mewah ini.

BMW X5 xDrive40i versi pasar Indonesia

Perubahan versi facelift

Bakal ada varian hidrogen

Anda bisa melihat BMW X5 versi facelift terlihat memiliki pahatan bumper baru begitu radikal. Ada ventilasi udaranya pula. Di tengahnya terdapat benda heksagonal, mungkin sensor ADAS untuk membantu berkendara. Lalu di bagian samping tersisip semacam insang (tirai udara) berbentuk huruf J.

Lalu sorot depan dipastikan menggunakan teknologi BMW Laser Headlight, sepeti model eksis. Jadi, bukan sekadar LED biasa. Pendar cahaya pun dapat diatur (adaptive). Model facelift menampilkan rumah lampu depan lebih ramping dan grille sedikit direvisi. Tentu tak sebesar milik The President X7. Bentuk masih enak dipandang, terasa tidak berlebihan.

Walau begitu, masih sedikit informasi yang diketahui tentang penggunaan bumper baru itu. Mungkin juga sengaja disiapkan untuk varian M Sport. Sebab model prototipe ini terlihat menggunakan sistem pengereman dengan kaliper biru khas M Sport. Lalu mengenai proporsi buritan, tak banyak berubah dari model sekarang. Bentuk lampu ekor, posisi lubang knalpot dan sepasang reflektor tertempel di kedua sisi. Desain velg saja berbeda.

Perubahan itu disinyalir berlanjut di kabin. Karena foto mata-mata sebelumnya menunjukkan SUV bakal mengadopsi shifter minimalis, switchgear yang diperbarui dan tatanan interior terinspirasi dari iX series. Kluster instrumen digital mungkin berukuran 12,3 inci, sedangkan sistem infotainment setidaknya harus memiliki layar monitor 14,9 inci. Material kulit (soft touch) untuk mendekorasi sejumlah panel dan jok mobil sudah selayaknya tetap tersedia. Kesan premium ditonjolkan X5 dipastikan tak luntur.

Lanjut tentang opsi powertrain. BMW telah mengkonfirmasi rencana untuk menggunakan tenaga hidrogen. Tapi dibangun dalam jumlah terbatas untuk tujuan demonstrasi dan pengujian. Dikenal sebagai iX5 Hydrogen, mobil bakal menampilkan dua tangki penyimpanan hidrogen yang diperkuat serat karbon. Serta motor listrik menghasilkan 369 HP (275 kW / 374 PS).

Jika mengacu pada mesin bensin reguler seperti X5 xDrive40i versi market Indonesia. Unit pakai mesin 3.0 liter menggunakan turbocharger twin-scroll, Valvetronic fully variable valve timing, timing camshaft variabel Double-VANOS dan High Precision Direct Injection. Tekanan maksimum 350 bar memastikan bahan bakar disalurkan dalam dosis yang sangat tepat. Jantung pacu enam silinder ini menghasilkan output maksimum 340 HP antara 5.500 dan 6.500 rpm. Sementara torsi puncak 450 Nm tersedia dari 1.500 – 5.200 rpm. Opsi ini mungkin tetap dipertahankan.ANJAR LEKSANA / WH

Sumber: Carscoops

carvaganza.com.