politik-indonesia.com – TANGERANG – Menjaga kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu cara untuk memberikan layanan terbaik kepada para konsumen. Dengan tujuan ini, BMW Group Indonesia meresmikan fasilitas BMW Group Training Center. Fasilitas ini sekarang dirancang dengan mengedepankan konsep Sustainability seperti komitmen BMW Group.

Pindah dari lokasi sebelumnya di German Center, BSD, Tangerang Selatan, kini BMW Group Training Center bertempat di Green Office Park 1, yang masih di kawasan BSD. Pemilihan lokasi ini disesuaikan dengan konsep Sustainability – sebuah office building yang ramah lingkungan dan memiliki banyak area terbuka hijau. Lokasi baru ini punya luas area 843 m2, lebih luas 28% dari fasilitas sebelumnya yang hanya 660 m2.

“BMW Group Training Center yang baru dibangun di atas tanah seluas 843 m2 dan memiliki nilai investasi lebih dari 200 miliar Rupiah. Didukung oleh para tenaga ahli untuk berikan pelatihan lengkap terkait dengan brand BMW dan MINI. Fasilitas baru ini menghadirkan lebih banyak fokus pada Sustainability dalam setiap aspek, dengan desain modern, lingkungan yang cocok untuk pelatihan, dan area yang lebih luas daripada BMW Group Training Center sebelumnya,” jelas President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Selain pemilihan lokasi dan fasilitas terkait, salah satu program dari BMW Group Training Center yaitu BMW Technician Apprenticeship Program. Tujuannya mengedepankan generasi muda Indonesia yang berada di sekitar area BMW Group Training Center. Melihat kebutuhan untuk tenaga teknis di seluruh jaringan dealer BMW, untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya bidang otomotif, dan agar terciptanya standarisasi untuk level Technician, BMW Group Training Center membuka Apprenticeship Program untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di area sekitar.

Program ini adalah program pendidikan otomotif dengan kelas dan magang di dealer resmi BMW dan MINI selama 10 bulan. Hasil dari program akan bermanfaat langsung kepada siswa SMK, sekolahnya sendiri dan jaringan diler BMW dan MINI. Saat ini sudah terpilih 10 orang yang pada akhir program akan langsung mendapatkan sertifikasi BMW Certified Technician dan kesempatan bekerja langsung di dealer resmi BMW dan MINI.

Peralatan pendukung kegiatan di Training Center pun lengkap disediakan, yang akan sangat berguna untuk proses belajar mengajar praktik di SMK. Perlengkapannya seperti Autohop Stenhoj car lift, engine crane, mesin BMW N62, mesin BMW N42, special tools untuk BMW N42 – 62, Robinair-AC machines, serta drivetrain dan komponen chassis.

“Pelanggan selalu menjadi fokus utama bagi BMW Group Indonesia. Mulai dari awal perjalanan pelanggan untuk mengenal model kendaraan BMW dan MINI, pengalaman di showroom, kepemilikan kendaraan, hingga perawatan. Baik pengalaman secara langsung maupun melalui layanan digital. Semua membutuhkan para tenaga ahli yang mendukung, perencanaan yang matang, dan pengembangan keterampilan,” ujar Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan.

“BMW Group Training Center hadir dengan fasilitas yang lengkap, nyaman dan mendukung semua proses pelatihan – baik soft skills maupun keterampilan teknis. Semua untuk memastikan pelanggan BMW dan MINI mendapatkan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan.”(WAHYU HARIANTONO)