politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/11/z4XgHune/0-9fc8.jpg”>

Akhir 2018 terdapat beberapa kasus kecelakaan akibat mengabaikan lampu merah, seperti Widofi yang menabrak dua motor di Surabaya akibat mabuk. Peristiwa lain terjadi akhir Januari 2019, saat sebuah angkot di Bekasi menabrak pengendara sepeda motor. Jumlah kecelakaan lalu lintas bisa ditekan bila kita membiasakan diri melakukan hal-hal ini.

1. Waspada Saat Lampu Kuning Menyala

Bersiap untuk setop, bukan malah nge-gas

Lampu kuning memiliki arti supaya kita bersiap untuk berhenti. Kenyataannya, alih-alih mengerem, sebagian pengguna jalan malah menggeber kendaraannya hingga lolos dari lampu merah. Dengan membejek pedal rem lebih awal, kita juga memberi kesempatan kepada penyeberang supaya merasa aman.

2. Berhenti di Belakang Markah Melintang

Biasakan berhenti di belakang markah

Setelah direm, posisikan mobil di belakang markah melintang saat lampu merah. Selain untuk kerapian, hal tersebut akan membuat pejalan kaki leluasa ketika menyeberang. Kita sebagai pengemudi juga tidak akan terganggu dengan manuver zig-zag yang mereka lakukan bila jalanan tak teratur.

3. Jangan Tergiur Dengan Celah Menyalip

Memanfaatkan celah supaya bisa maju? Sebaiknya pikir lagi

Ada dua tipe pengemudi saat lampu merah menyala, yakni tetap mengantre sesuai urutan berhenti kendaraan, atau yang mencari celah untuk maju. Sebenarnya hal ini tidak terlalu masalah saat kondisi jalanan lengang, serta ada marka jalan putus-putus. Namun dalam kondisi macet, tindakan tersebut akan membuat lalu lintas makin ruwet.

4. Jangan Curi-Curi Kesempatan

Tetap patuh pada lampu lalu lintas meski jalanan sepi

Fenomena tancap gas kerap terjadi saat situasi jalan sepi, terutama akhir pekan atau malam hari. Seperti kejadian angkot versus motor di Bekasi saat lampu merah tadi, tindakan sembrono pengguna jalan bisa mengakibatkan bahaya bagi yang lainnya. Tetaplah menunggu hingga lampu hijau menyala meski nyaris tak ada kendaraan dari arah berlawanan.

5. Tahan Nafsu Untuk Membunyikan Klakson

Tetap sabar hingga kendaraan di depan bergerak

Sebagian dari kita sering mendengar klakson saat lampu hijau baru saja menyala. Di satu sisi mungkin saja mereka ingin memberi sinyal kepada pengguna di depannya untuk bersiap melanjutkan perjalanan. Namun bagi yang diklakson, tentu timbul perasaan jengkel karena dianggap tidak memperhatikan rambu. Beri waktu terlebih dahulu, sebelum kita menekan papan di setir mobil.

cintamobil.com.