politik-indonesia.com

    6SHARES

Makanan Kemasan/ Foto: Shutterstock

Dream – Makanan kemasan jadi pilihan banyak orang karena penyajiannya yang cukup praktis. Rasanya pun nikmat, dengan harga yang sangat terjangkau. Saat Sahabat Dream membeli makanan kemasan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Biasanya, detail tanggal kedaluwarsa, harga dan rasa jadi pertimbangan. Ada lagi yang juga tak kalah penting yaitu kandungan nutrisi. Selain itu, ada hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan saat membeli makanan kemasan beku.

Ukuran PorsiSebelum membeli, perhatikan takaran porsi yang ada di kemasan. Takaran pada makanan dapat berupa porsi untuk 1 orang ataupun lebih. Hal ini untuk mencegah mengkonsumsi kalori yang dianjurkan lebih untuk 1 orang.

Kandungan NutrisiKalori pada makanan dikategorikan sebagai karbohidrat, protein, lemak, gula, vitamin dan mineral yang diukur menggunakan satuan gram. Karbohidrat sendiri bertindak sebagai sumber energi langsung, tetapi juga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Idealnya, kamu harus memilih makanan kemasan dengan serat 1-2g per porsi dan kadar gula kurang dari 10g/100g. Selain itu, pilih makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh rendah, sekitar 1,5 gram lemak jenuh per 100g.

Perhatikan juga tingkat lemak trans. Lemak ini meningkatkan kadar kolesterol jahat sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik. Pilih makanan yang memiliki kurang dari satu gram atau nol lemak trans. Elemen lain yang harus diperhatikan adalah kadar natrium. Menurut WHO, konsumsi tidak lebih dari 2.300 mg sodium per hari.

Recommended Dietary Allowance (RDA)Sebelum mengkonsumsi makanan kemasan, cek terlebih dahulu RDA atau porsi yang dianjurkan dalan sehari ada label nutrisi. Ini menunjukkan jumlah lemak, protein, vitamin, mineral, dan energi yang kamu butuhkan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan gaya hidup atau tingkat aktivitas. Kamu dapat mengetahui apakah makanan tertentu misalnya memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada yang sesuai untuk kamu.

© Shutterstock

Vitamin dan MineralUntuk memenuhi kebutuhan kesehatan, tubuh membutuhkan protein dan berbagai vitamin dan mineral. Dari zat besi, kalsium, magnesium, kalium dan Vitamin A, B, C, D, dll. Oleh karena itu, pilih makanan kemasan dengan tingkat nutrisi yang tinggi.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Food NDTV

Tren Kuliner 2022, Makanan Beku Berkualitas Jadi Primadona

Dream – Sudah memasuki tahu 2022, situasi pandemi masih berlangsung. Kondisi tersebut sangat berdampak pada banyak hal, termasuk kecenderungan kita dalam memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Menu praktis kaya gizi kini sedang jadi perbincangan. Termasuk hidangan yang dibuat dengan sangat mempertimbangkan kondisi lingkungan. Masyarakat pun semakin sadar harus menjaga kesehatan lewat pilihan makanan.

Lalu bagaimana tren kuliner pada 2022?

Bunga Sepatu dan kunyit

© Shutterstock

Bahan- bahan unik seperti bunga dan rempah eksotis bakal jadi incaran. Melissa Sallman, koki eksekutif di JW Marriott Orlando Bonnet Creek Resort & Spa, Chris Madsen, mengungkap bahwa bahan makanan seperti Bunga Sepatu, Yuzu dan Kunyit akan banyak dikembangkan pada tahun ini.

Menu ramah lingkungan

Menu makanan dengan bahan nabati telah lama menjadi tren. Kini, menu-menu nabati semakin banyak diminati, terutama yang ramah lingkungan. Para chef dan pelaku industri pangan pun mengembangkan dan makin mempromosikannya dengan baik di 2022. Akan makin banyak supermarket atau toko online yang menjual bahan makanan organik dengan harga terjangkau.

© Shutterstock

” Saya senang bahwa orang-orang ingin mengambil pendekatan yang lebih holistik untuk memasak dan meminimalkan limbah makanan mereka di dapur melalui resep yang kreatif, bergizi, dan lezat,” kata Meghan Dillon, seorang pakar nutrisi.

Makanan beku

© MEN

Menurut sebuah studi Deloitte baru, pertumbuhan penjualan makanan beku terus meningkat signifikan, terutama ketika pandemi. Makanan beku memang praktis dan kini teknologi penyimpanan juga semakin baik. Akan makin beragam pilihan makanan beku kemasan yang berkualitas pada 2022, diperkirakan penjualannya bakal meningkat pesat.

Minuman soda sehat

© MEN

Minuman bersoda selalu diminati banyak orang. Pada 2022, variannya akan makin beragam dan bakal banyak yang membuat versi sehat. Jika sebelumnya boba begitu populer, kini minuman bersoda tampaknya muncul dengan wajah baru. Bakal ada banyak produk soda dengan probiotik, prebiotik, buah, dan bahan sehat lainnya.

Sumber: MarthaStewart.