politik-indonesia.com – GAYDON – Setelah sukses merilis DBX pada 2020 lalu, Aston Martin segera merilis DBX707 dengan performa yang lebih signifikan dari model standarnya. Aston Martin melakukan serangkaian peningkatan mekanis agar DBX tidak hanya dikenal sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) mewah tetapi juga paling bertenaga. Kehadiran DBX707 sekaligus melengkapi jajaran SUV Aston Martin untuk bersaing bersama Bentley Bentayga S, Porsche Cayenne Turbo GT dan Range Rover Sport SVR.

Bahkan, CEO Aston Martin, Tobias Moers optimis kalau penjualan model DBX707 ini bisa menyumbang 60% dari total penjualan DBX di seluruh dunia. “Saya melihat potensi tinggi di pasar untuk kendaraan di segmen ini yang menghasilkan banyak penjualan dalam setahun” dan “terlalu nyaman” untuk pembeli DBX707.”

Perubahan mencolok pada Aston Martin DBX707 terdapat pada peningkatan performa mesin V8 4.0 liter twin-turbocharged milik Mercedes-AMG. Hasilnya, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar yakni mencapai 705 hp dengan tendangan torsi yang mencapai 900 Nm. Selain itu, para insinyur Gaydon juga menyempurnakan kerja transmisi otomatis 9-percepatan dengan perpindahan gigi yang lebih cepat dengan menyematkan sistem kopling basah. Hal tersebut juga membuat akselerasi DBX707 ini lebih maksimal, pasalnya untuk mencapai 0-100 km/jam hanya membutuhkan 3,3 detik saja. Berbeda dengan model standarnya yang membutuhkan waktu lebih lama, yakni 4,5 detik.

Kemampuan di atas kertas tersebut sekaligus membuat Aston Martin DBX707 lebih unggul dari Aston Martin DBS yang dibekali dengan mesin V12. Selain kecepatan yang lebih unggul, 707 juga menjanjikan tingkat kenyamanan di dalam kabin yang lebih dinamis. Hal tersebut berkat penyematan air suspenssion yang disempurnakan serta sistem power steering yang disetel ulang.

Aston Martin juga beralasan menitikberatkan kenyamanan pada kendaraan ini sebagai salah satu bukti bahwa pabrikan tidak hanya mampu membuat mobil yang kencang tetapi juga presisi dalam hal teknis. Bahkan bos Aston Martin sudah menginstruksikan untuk membawa DBX707 ke Nurburgring demi memecahkan rekor yang saat ini dipegang oleh Porsche Cayenne Turbo GT di kelas SUV.

Tema desain yang sangat sportif juga terlihat pada bagian kabin, seluruh joknya dibekali dengan desain Sport Plus. Ditambah lagi, seluruh swith gear diberikan aksen hitam agar menonjolkan sisi sporty di bagian lain. Selain itu, Aston Martin juga menyediakan beberapa pilihan personalisasi untuk bagian kabin mulai dari material hingga pada panel kontrol yang ada di dashboard dan lingkar kemudinya.

Selain itu, konsumen juga bisa memesan mode gearbox dengan penyetelan ulang serta tambahan mode untuk mengaktifkan knalpot saat menggunakan mode Sport. Pabrikan kabarnya akan menjual Aston Martin DBX707 dengan harga mulai dari £189.000 atau lebih mahal dari DBX standar.ALVANDO NOYA / RS / WH

Baca Juga: Pasti Dijual di Indonesia, Apa Sih SUV Coupe Renault Arkana?

carvaganza.com.