politik-indonesia.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/27/Ay6TmsFs/m2-2382.jpg”>

Idul Fitri 1440 H tinggal menghitung hari. Panjangnya libur Lebaran tahun ini membuat sebagian besar perantau pulang ke kampung halaman. Dan sebagian menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Nah, untuk memberikan perjalanan yang nyaman selama di jalan, Daihatsu membagikan beberapa tips mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi untuk mudik Lebaran yang aman dan nyaman.

Dalam keterangan resminya, Bambang Supriyadi selaku Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, “Sebagai sahabat bagi masyarakat Indonesia, Daihatsu terus mendekatkan diri kepada pelanggan melalui sharing tips yang berguna demi menambah keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, agar mudik terasa lebih menyenangkan.”

1. Mempersiapkan kendaraan

Sebelum bepergian, pastikan Anda selalu melakukan pengecekan serta perawatan berkala. Mulai dari bagian mesin seperti oli, radiator, bagian kemudi seperti minyak rem, hingga tekanan ban merupakan bagian penting yang patut diperhatikan.

Pastikan untuk memeriksa kendaraan sebelum bepergian

Selalu sediakan pelindung mata untuk menghindari mata tidak cepat lelah ketika berkendara. Dan ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan di malam hari, persiapan tentunya lebih detail. Misalnya kondisi lampu-lampu (seperti head lamp, fog lamp, dll) harus dipastikan berada dalam kondisi maksimal. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan tambahan, seperti ban cadangan dan dongkrak, kotak P3K, serta toolkit lainnya.

2. Mempersiapkan Diri

Selain kendaraan, mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk perjalanan jauh juga harus dilakukan. Karena itu, pastikan Anda berada dalam kondisi yang baik dan cukup tidur sebelum bepergian. Jika Anda memiliki gangguan berupa penyakit, jangan lupakan obat-obatan pribadi Anda. Atau jika perlu obat-obatan umum seperti obat sakit kepala hingga obat mual.

Persiapkan tubuh dengan cukup tidur dan membawa obat-obatan

Jangan bepergian tanpa membawa perlengkapan dan surat-surat yang dibutuhkan. Apalagi jika Anda bepergian di dekat hari Lebaran. Pihak Kepolisian dipastikan akan mengadakan Operasi Ketupat dan memeriksa kendaraan yang lalu lalang. Tentu saja perjalanan akan sangat terganggu ketika Anda terkena razia di jalan.

3. Persiapan selama di jalan

Banyaknya kendaraan pribadi maupun umum lalu lalang di jalanan selama musim mudik menjadi tantangan tersendiri ketika di jalan. Pastikan Anda selalu berkendara dengan aman dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dimanapun Anda berada. Perhatikan penggunaan fitur kendaraan yang sesuai dengan peraturan, seperti penggunaan lampu hazard hanya untuk kondisi darurat.

Patuhi rambu-rambu selama perjalanan

Tips mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi yang paling penting adalah jangan melupakan beristirahat ketika diperlukan. Konsentrasi di jalan sangat diperlukan. Daihatsu menyarankan untuk beristirahat jika Anda sudah berkendara selama maksimal 3 jam. Lakukan gerakan kecil atau senam ringan untuk mengembalikan kebugaran dan konsentrasi selama di jalan. Stay safe, ya!