politik-indonesia.com – Masalah susah tidur sangat umum terjadi, terutama bagi orang dewasa.

Mengutip dari Lifehack, 30-50 persen populasi orang dewasa secara umum mengalami gejala insomnia , yang ditandai dengan kualitas dan kuantitas tidur yang tidak memuaskan.Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan, durasi tidur ditemukan berkaitan dengan struktur otak.

Studi ini menyoroti bahwa durasi tidur secara positif terkait dengan integritas kinerja kognitif seseorang.

Journal of Sleep baru-baru ini membuat sebuah studi dan mengaitkan paparan stres dapat meningkatkan kesulitan untuk bisa tertidur. Penelitian ini juga menemukan, bahwa kekhawatiran yang berkelanjutan berpengaruh pada gangguan tidur yang umum.Kemudian, pikiran yang cemas dapat berhubungan dengan kualitas tidur yang buruk. Karena perasaan ini dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat stres.Selain stres dan mengkhawatirkan sesuatu, Pola tidur yang buruk atau tidak konsisten dapat mengganggu ritme alami tubuh dan menciptakan lingkaran setan. Apalagi itu dialami pada siang harinya, akan berdampak saat hendak istirahat di malam hari.Selanjutnya, kesehatan atau mengalami ketidaknyamanan fisik sepanjang malam dapat menjadi alasan kenapa seseorang tidak mendapatkan istirahat malam yang baik.Masih banyak alasan lain, seperti pengaturan tidur yang tidak bagus, mengalami masalah pencernaan, insomnia sampai gangguan perilaku tidur (Sleep Behavior Disorder).Sementara untuk durasi tidur , direkomendasi bahwa kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam.Berikut sudah dirangkum beberapa cara agar bisa tidur lebih cepat serta berkualitas, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Lifehack.

2. Perbanyak Rutinitas Pagi dan MalamMelakukan rutinitas pada pagi dan malam bisa membantu untuk bisa tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas yang baik. Kuncinya adalah menemukan rutinitas malam yang sesuai dengan jadwal.Begitupun dengan rutinitas di pagi hari, itu sama pentingnya untuk mengatur diri agar istirahat lebih baik pada malam hari nya.3. MeditasiMeditasi adalah cara bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat, dengan melakukan aktivitas ini bisa membantu meringankan kekhawatiran. Tujuannya adalah untuk menenangkan pikiran, dan menyesuaikan diri dengan momen saat ini dengan perhatian yang tidak menghakimi.Bermeditasi bisa membingkai ulang pikiran untuk melihat saat ini dengan kesabaran dan kebaikan, sehingga mengurangi reaktivitas negatif terhadap stres di lingkungan. Dengan begitu, kemungkinan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur .***

pikiran-rakyat.com.