politik-indonesia.com – Kepribadian setiap orang berbeda, kamu dan orang sekitarmu pun punya tipe masing-masing yang ternyata memengaruhi kariermu, lho.

Nah, tentunya dalam sebuah proses rekrutmen kita mengenal psikotes. Dalam tahapan inilah diperhatikan tipe kepribadian masing-masing kandidat.

Ketahui mengapa tipe kepribadian itu begitu penting bagi kariermu di sini!

1. Menemukan peluang kerja yang sesuai

© Unsplash.com

Alasan pertama pentingnya memahami tipe kepribadian kamu untuk karier adalah untuk mendapatkan peluang kerja yang sesuai.

Tipe kepribadian memberikan gambaran yang cukup lengkap mengenai karakteristikmu. Mulai dari bagaimana kamu berinteraksi dengan orang lain hingga bagaimana responmu terhadap tekanan.

Misalnya, kamu mungkin tidak akan cocok bekerja di bidang public relation jika tidak suka berbicara atau berbicara di depan umum. Memiliki pekerjaan yang tepat untuk kepribadian akan menghasilkan performa kerja yang lebih baik.

Beberapa tes kepribadian seperti MBTI dan DiSC bahkan memberikan gambaran yang lebih lengkap. Kedua alat tes ini bahkan memberikan rekomendasi profesi yang sesuai dengan tipe kepribadianmu.

Tipe kepribadian juga dapat menjadi faktor ketika mengambil keputusan untuk tetap tinggal di perusahaan atau tidak. Jika kepribadiannmu tidak sesuai dengan budaya perusahaan, apa yang membuat kamu untuk bertahan?

2. Memahami kekuatan dan memperbaiki kelemahan diri

Alasan kedua pentingnya mengetahui tipe kepribadian untuk karier menurut People Dynamics adalah memahami kekuatan dan kelemahanmu.

Keterampilanmu memang hal yang penting untuk dapat melakukan pekerjaanmu. Namun, mengetahui di mana kepribadianmu dapat menjadi bakat akan secara dinamis mengubah caramu berinteraksi dengan pekerjaanmu.

Meski kamu belum menyadarinya, kepribadian memainkan peran penting dalam kepuasanmu terhadap pekerjaan.

Dengan memahami kekuatan dan kelemahan dirimu, kamu bisa memaksimalkan potensimu.

Baca Juga: Banyak Digunakan Perusahaan, Pelajari Aptitude Test agar Rekrutmen Berjalan Sukses

3. Membantumu memahami rekan kerja

© Freepik.com

Banyak orang yang percaya bahwa kebanyakan orang memiliki pandangan, opini, sikap, dan sifat yang sama dengan yang mereka miliki.

Memahami ciri kepribadianmu serta orang-orang yang dekat denganmu dapat membantumu dalam pekerjaan. Inilah alasan pentingnya memahami tipe kepribadian kamu untuk karier

Misalnya, jika kamu seorang ekstrovert tetapi rekan kerjamu cenderung introvert, kamu akan lebih bisa melihat tanda-tanda bahwa ia kelelahan dan perlu istirahat dari sosialisasi.

Dengan lebih mengenal ciri-ciri kepribadian satu sama lain, kamu dapat lebih merespon kebutuhan rekan kerjamu dan membangun kerja sama yang lebih kuat.

4. Memahami situasi mana yang memungkinkanmu melakukan performa terbaik

Pentingnya memahami tipe kepribadian adalah untuk membantumu menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah, terutama dalam karier.

Jika kamu memiliki kepribadian yang cenderung introvert, kamu mungkin akan lebih memberi waktu untuk merasa nyaman dalam suatu situasi. Misalnya, ketika menyuarakan pendapat atau memperkenalkan diri kepada rekan kerja baru.

Baca Juga: Ingin Sukses Psikotes Kerja? Yuk, Pahami dan Kuasai Tes Pauli

5. Membantumu mengambil keputusan

© Freepik.com

Mungkin kamu tidak menyukai berbicara di telepon tetapi tidak pernah benar-benar mengerti mengapa. Mungkin juga, kamu selalu membutuhkan sedikit waktu ekstra untuk memikirkan masalah sebelum membuat keputusan.

Dengan memahami tipe kepribadianmu, kamu bisa lebih memahami mengapa kamu lebih menyukai hal-hal tertentu dan tidak menyukai yang lain.

Menurut Verywell Mind, bisa berguna ketika kamu mencoba membuat keputusan penting yang mungkin berdampak pada kariermu.

Memilih karier yang selaras dengan preferensi pribadimu akan membuatmu lebih bahagia dan lebih puas dengan pilihan dan pekerjaanmu dalam jangka panjang.

6. Meningkatkan kepuasan kerja

Alasan terakhir pentingnya memahami tipe kepribadian untuk karier adalah untuk meningkatkan kepuasan kerja. Memahami peran apa yang paling cocok berdasarkan kepribadian adalah hal yang akan membuatmu bahagia di tempat kerja.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Zurich, ditemukan bahwa orang yang dapat menerapkan kekuatan karakter pribadi dalam karir mereka mengalami lebih banyak kepuasan di tempat kerja.

Penelitian tersebut menyebut kekuatan karakter pribadi ini sebagai kekuatan yang sangat khas bagi seseorang dan yang sering dia gunakan.

Kekuatan khas dapat dianggap sebagai keramahan, pengendalian diri, kebaikan. Semuanya adalah karakteristik yang kamu tunjukkan dan praktikkan setiap hari.

Menurut penelitian tersebut, orang pada umumnya memiliki tiga hingga tujuh kekuatan khas dan semakin banyak kekuatan yang benar-benar dapat digunakan karyawan di tempat kerja, semakin puas dan produktif dia.

Baca Juga: 8 Tes Kepribadian Online untuk Kenali Diri dan Bantu Kembangkan Karier

Setiap orang memiliki tipe dan kepribadiannya masing-masing, tapi hal tersebut penting untuk menentukan langkah karier mereka.

Kepribadian yang tidak tepat akan membawa dampak buruk bagi perusahaan dan pribadi masing-masing orang.

Apakah kamu sudah mengetahui tipe kepribadianmu? Jika sudah, kamu bisa mulai mengembangkan kariermu dengan melamar lowongan pekerjaan yang tersedia di Glints.

Yuk, daftar sekarang dan mulai kariermu melalui Glints!

Sumber

    Why Are Personalities Important in the Workplace?

    Reasons to Learn More About Your Personality Type

glints.com.