politik-indonesia.com – Tidak hanya tubuh yang perlu dilatih agar bisa selalu sehat dan bugar, tapi latihan otak juga harus dilakukan untuk menjaga ketajaman daya ingat.

Ada beberapa perubahan yang bisa kita alami seiring bertambahnya usia. Tidak hanya perubahan fisik saja yang terlihat, tapi perubahan kemampuan dalam mengingat sesuatu juga pasti dirasakan.

Saat masih muda kita sangat mudah mengingat sesuatu, tapi semakin bertambahnya usia kemampuan itu pun akhirnya berkurang.

Bahkan, kemampuan dalam mempelajari sesuatu yang baru juga terasa sangat sulit.

Menurut Harvard Health Publishing masalah ingatan yang dialami seiringnya bertambah usia mencerminkan perubahan normal dalam struktur dan fungsi otak.

Namun, jangan khawatir sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ada beberapa latihan otak yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: 6 Game Asah Otak Gratis yang Seru dan Mencerdaskan

1. Terus tambah kosakata

© Freepik.com

Salah satu cara latihan otak paling mudah yang bisa kamu lakukan agar daya ingat tetap tajam adalah dengan selalu menambah kosakata.

Memiliki banyak kosakata tidak hanya membuat kita terlihat lebih pintar saja, tapi juga bisa menjaga kesehatan otak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kosakata yang kita miliki. Misalnya dengan menulis beberapa catatan saat kita sedang membaca suatu buku.

Selain itu, saat membaca artikel atau buku dengan bahasa asing sebaiknya tuliskan kata yang masih belum dipahami dan cari artinya.

Jangan lupa untuk mencoba menggunakan kosakata baru itu dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pelajari hal baru

© Freepik.com

Seperti yang dijelaskan di atas, mempelajari suatu hal baru di usia yang tidak muda lagi memang cukup menantang dan sulit.

Namun, menurut Verywell Mind mempelajari suatu hal yang baru merupakan salah satu latihan otak yang dapat memberikan hasil maksimal untuk meningkatkan daya ingat.

Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mempelajari hal baru memang benar-benar ampuh untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Jadi, jika kamu ingin memiliki daya ingat yang selalu baik sebaiknya mulai pelajari hal baru misalnya berlatih alat musik atau belajar bahasa baru.

Baca Juga: Manfaat dan Tips Mudah Belajar Bahasa Baru saat WFH

3. Selalu gunakan semua indera yang dimiliki

© Freepik.com

Semakin banyak indera yang digunakan dalam mengingat suatu hal yang baru, maka semakin banyak pula bagian otak yang ikut bekerja untuk meningkatkan ingatan.

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa seseorang akan lebih mudah mengingat suatu hal baru saat ditunjukkan gambar dengan sekaligus baunya.

Bau tersebut akan merangsang indera penciuman dan korteks piriform yang menjadi bagian pemrosesan bau di otak menjadi lebih aktif.

Jadi, untuk melatih indera yang dimiliki kamu bisa mencoba melakukan aktivitas yang secara bersamaan melibatkan kelima indera yang dimiliki.

Misalnya saat mencoba makanan baru di sebuah restoran cobalah untuk menebak apa bahannya dengan memanfaatkan indera penglihatan, penciuman, perasa, sentuhan, dan bahkan pendengaran.

4. Perbaiki koordinasi mata dan tangan

© Freepik.com

Everyday Health menjelaskan bahwa latihan otak juga bisa dilakukan dengan sering melakukan aktivitas yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan.

Misalnya dengan melakukan kegiatan yang melibatkan motorik halus seperti menggambar, merajut, atau bahkan menyusun puzzle.

Dengan selalu meningkatkan kemampuan kognitif, maka otak akan terus tertantang sehingga mampu mempertajam ingatan.

Hobi kreatif seperti menggambar atau merajut memang membutuhkan keuletan. Namun, ada banyak riset yang membuktikan bahwa kegiatan tersebut benar-benar mampu meningkatkan daya ingat.

5. Meditasi

© Freepik.com

Melakukan meditasi memang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan pikiran. Dengan meditasi tidak hanya membantu kita lebih rilex tapi juga bisa meningkatkan daya ingat juga, lho.

Latihan otak sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas yang melibatkan fisik saja. Pasalnya, sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan meditasi juga dapat meningkatkan memori otak.

Selain itu, meditasi juga dapat meningkatkan fokus, empati, dan bahkan kekebalan tubuh. Itulah mengapa aktivitas yang satu ini sangat perlu dicoba.

Kamu hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk mencoba meditasi di tempat yang sepi dan nyaman agar bisa lebih berkonsentrasi.

Lakukanlah secara rutin agar manfaat baik dari meditasi bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas di Kantor dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Itulah beberapa cara latihan otak yang bisa kamu coba lakukan untuk meningkatkan daya ingat otak.

Selain menjaga kesehatan fisik, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan otak agar nanti saat bertambah usia kamu tidak mudah lupa.

Jadi, mulai sekarang mulai luangkan waktu untuk mencoba melakukan beberapa hal di atas.

Apabila kamu tertarik dengan info dan tips soal cara menjaga kesehatan otak atau mental, sebaiknya jangan lupa untuk berlangganan newsletter dari blog Glints, ya.

Ada berbagai macam artikel menarik seputar dunia kerja dan pembahasan soal produktivitas yang harus kamu ketahui.

Jadi, jika tidak ingin ketinggalan info menarik tersebut, segera sign up sekarang juga, yuk!

Sumber

    13 Brain Exercises to Help Keep You Mentally Sharp

    5 Brain Exercises to Strengthen Your Mind

    10 Brain Exercises That Boost Memory

    7 ways to keep your memory sharp at any age