politik-indonesia.com

Mencuci mobil merupakan bagian dalam perawatan kendaraan. Namun cuci mobil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa tahapan dan hal yang harus diperhatikan. Karena jika ada kesalahan mencuci mobil, maka mobil bukan jadi bersih namun cat mobil malah jadi rusak.

1. Sinar Matahari Langsung

Jangan cuci mobil di bawah sinar matahari langsung

Hal paling fatal dalam kesalahan mencuci mobil adalah mencuci di bawah sinar matahari langsung. Karena ini akan membuat air lebih cepat kering dan menimbulkan bercak pada cat mobil. Jika noda tersebut menempel, maka lebih sulit untuk menghilangkannya. Sebaiknya cuci mobil di tempat yang memiliki atap pelindung.

2. Pakai Satu Ember

Jangan cuma andalkan satu ember

Saat cuci mobil maka Anda butuh air yang cukup banyak. Jangan hanya mengandalkan air di satu ember. Karena kalau hanya satu ember, maka kotoran yang ada pada air akan menempel pada kain pencuci mobil dan mengotori bagian mobil lainnya. Ini bukan cuma membuat mobil malah jadi kotor, tapi butiran kerikil atau debu tersebut pun berpotensi membuat baret pada permukaan cat.

3. Sabun Colek

Gunakan shampo khusus mobil

Jangan pernah menggunakan sabun colek untuk menyabuni seluruh permukaan cat bodi mobil. Karena akan meninggalkan bekas noda atau membuat cat jadi kusam. Sebaiknya gunakan shampo atau sabun khusus untuk cuci bodi mobil.

4. Spons Cuci Piring

Jangan pakai spons buat cuci piring

Saat menggosok permukaan cat mobil, sebaiknya jangan menggunakan spon untuk mencuci piring. Karena biasanya spons ini memiliki permukaan yang cukup kasar yang bisa menggores permukaan cat mobil. Pilihlah spons yang memang khusus untuk mencuci mobil. Harganya tidak terlalu mahal kok.

5. Pelek dan Ban

Jangan pernah abaikan pelek dan ban

Banyak pemilik mobil yang melakukan kesalahan mencuci mobil karena melewatkan bagian pelek dan ban. Padahal kedua komponen ini memiliki debu dan kotoran paing banyak. Jika dibiarkan kotor, maka saat mobil melaju, kotoran pada pelek dan ban bisa mengotori bagian mobil lainnya.