politik-indonesia.com – JAKARTA – Segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) kompak Tanah Air baru saja kedatangan penantang baru dari Eropa. PT Garuda Mataram Motor yang merupakan agen pemegang merk Volkswagen di Indonesia baru saja merilis VW T-Cross dengan banderol Rp 488 juta.

Apa saja fitur keselamatan yang dimiliki oleh VW T-Cross

Berapa ukuran velg VW T-Cross?

Meski hanya ditawarkan dalam satu varian, VW T-Cross kabarnya menggunakan spesifikasi top of line serta dukungan fitur keselamatan yang berlimpah. Meski lahir dari brand premium, namun kehadirannya di Tanah Air bisa mengganggu SUV kompak sejenis seperti Mazda CX-3, Honda HR-V, Hyundai Creta dan Kia Seltos.“Kehadiran VW T-Cross ini mengisi kekosongan di segmen SUV premium di Tanah Air. Dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh VW T-Cross ini, kami optimis dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen di Indonesia,” kata Ahmad Badawi, Head of Sales PT Garuda Mataram Motor.

Kehadiran VW T-Cross di segmen ini tentu saja memberikan warna baru karena sebelumnya sudah didominasi oleh brand Jepang seperti Toyota, Honda dan Nissan. Selain itu, teknologi dan fitur yang ditawarkan oleh VW T-Cross ini juga tidak kalah menarik untuk bersaing dengan kompetitornya di Indonesia. Berikut ini kami hadirkan deretan hal menarik yang tersedia pada Volkswagen T-Cross yang dipasarkan di Indonesia.

1. Eksterior

Dilihat dari desain eksteriornya, Volkswagen T-Cross ini memang menawarkan kesan elegan dan sangat kental dengan aura kendaraan Eropa. Fascia depannya yang didominasi aksen krom berpadu dengan desain lampu utama LED serta grille dengan tampilan 3D. Selain itu, di bawah bumper depan terdapat sikdplate dengan kelir kontras yang memberikan kesan tangguh sebagai sebuah SUV urban.

VW T-Cross juga menyematkan velg berukuran 17 inci dengan desain sporty dan penggunaan lampu belakang LED yang membentang di bagian buritan. Secara umum, VW T-Cross memiliki identitas sebagai SUV urban dengan desain modern. Di atas kertas, VW T-Cross memiliki dimensi panjang 4.221 mm dengan jarak sumbu roda yang mencapai 2.651 mm dan menghasilkan rekayasa ruang kabin yang luas dengan konfigurasi 5-penumpang dengan tambahan ruang bagasi.

2. Interior

Tema yang dihadirkan di dalam kabin VW T-Cross terbilang mewah dan elegan berkat konsep two-tone yang diterapkan di seluruh bagian. Mulai dari dashboard, door trim hingga seluruh joknya tak luput dari material kulit yang soft-touch dengan dukungan fitur air flow untuk penumpang di baris depan. Sementara itu, tatak letak dashboard dibuat dengan kesan modern dan menggunakan aksen menarik. Layar hiburan berukuran 10-inci juga bertengger apik di tengah dashboard dengan layanan nirkabel seperti Apple Car Play dan Android Auto.

Selain itu, VW T-Cross ini juga didukung dengan posisi duduk commanding untuk pengendara dan menyajikan ragam kemudahan. Mulai dari tombol start/stop engine untuk menyalakan mesin hingga tombol pengaturan fitur di lingkar kemudi serta suguhan panel instrumen digital di layar berukuran 8-inci di balik setir. Tidak ketinggalan juga fitur wireless charging untuk smartphone dan 4 port USB Type C yang tersebar di kedua baris kabin.

3. Mesin VW T-Cross

Pada versi global, Volkswagen T-Cross hadir dalam beberapa pilihan varian dengan spesifikasi mesin yang berbeda-beda pula. Namun di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor hanya menghadirkan satu varian T-Cross dengan satu pilihan mesin yang merupakan top of line dari varian lainnya. VW T-Cross yang dipasarkan di Indonesia mengusung mesin bensin 3-silinder 1,0 liter TSI yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Paket mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 PS dengan tendangan torsi puncak yang mencapai 178 Nm.

Bahkan momen puntir dari mesin ini sudah terasa sesaat pengendara melepas pedal rem dengan posisi transmisi pada mode Drive. Selain memiliki mesin yang bertenaga, VW T-Cross juga diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Di atas kertas, VW T-Cross mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 16,44 km/liter.

4. Fitur Keselamatan

Volkwagen T-Cross merupakan SUV kompak yang ditujukan untuk konsumen urban dengan kebutuhan mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu, dukungan fitur keselamatan dan kenyamanan juga patut kita lihat pada T-Cross terbaru ini. Di samping layanan di dalam kabin seperti sambungan nirkabel untuk smarphone, T-Cross juga menyediakan beragam fitur keselamatan mutakhir seperti Electronic Stabilization Program (ESP), Multi Collision Brake, Hill Hold Control dan Park Distance Control with Rear-view Camera.

Sementara tersedia pula fitur Cruise Control yang memudahkan kendaraan melaju secara semi otonom saat di jalan raya. Selain itu, VW T-Cross juga didukung dengan peranti keselamatan standar seperti 6 Airbag System, Rain & Light Sensor, 3-point seat belt with Belt Tensioner dan Type Presure Monitoring System yang terlihat di layar cluster di dalam kabin.

5. Harga

PT Garuda Mataram Motor membanderol Volkswagen T-Cross 2022 dengan harga Rp 488 Jutaan off the road Jakarta dengan lima pilihan warna eksterior. Konsumen juga sudah mulai bisa memesan unit VW T-Cross di seluruh fasilitas dealer VW di Indonesia dan dijadwalkan pengiriman dimulai pada Maret 2022 mendatang.

Selain itu, PT Garuda Mataram Motor melakukan kerja sama dengan Blibli sebagai Official Launching Partner dengan berbagai program menarik untuk konsumen yang ingin memiliki VW T-Cross terbaru. Program ini berlaku mulai 23 Februari – 30 April 2022 dan menawarkan cashback hingga Rp 7 juta untuk setiap pembelian VW T-Cross dengan berbagai metode pembayaran. (ALVANDO NOYA/EK)

carvaganza.com.