politik-indonesia.com – Mudik Lebaran | Arus Mudik Lebaran 2018

Mudik Lebaran 2018 makin dekat, puncak arus mudik yang diprediksi terjadi di minggu pertama bulan Juni ini menarik antusiasme pemudik untuk melakukan persiapan sedini mungkin. Mungkin Anda satu di antara jutaan pemudik yang sedang melakukan persiapan mudik lebaran tahun ini. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mudik nanti, terutama berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara nanti.

Anda mungkin pernah membaca bahwa setiap tahunnya kerap terjadi kecelakaan di beberapa ruas arus mudik. Penyebabnya beragam, baik berasal dari pengemudi, kesiapan jalan, maupun kemanan dan kenyamanan mobil. Berikut ini tim redaksi merangkumnya!

Daya Angkut Berlebihan

Setiap mobil memiliki keterbatasan daya angkut, misalnya Toyota Avanza hanya mampu menampung 6-7 penumpang dan barang maksimal 500 kg, namun yang biasa ditemui saat mudik adalah pemilik kendaraan memaksakan mengangkut lebih dari batas maksimal tersebut. Daya angkut yang berlebihan bisa menyebabkan mobil kurang seimbang, terutama saat melaju di kecepatan tertentu. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan.

Kondisi Kesehatan Mobil

Kondisi kesehatan mobil pun bisa jadi penyebab kecelakaan bila tidak terpenuhi standarnya. Misalnya tekanan ban yang tidak sesuai, kondisi oli dan radiator yang kurang mumpuni, sampai keberadaan sistem rem yang kurang terawat. Klise memang, tapi tahukah bahwa hal seperti ini kerap dijumpai saat kecelakaan mobil terjadi. Maka dari itu, sebelum digunakan untuk berpergian jauh seperti mudik, alangkah baiknya Anda memeriksa kesehatan mobil dan membuatnya kembali prima.

Kondisi Kesehatan Pengemudi

Kelelahan hingga terpapar AC terlalu lama adalah dua dari banyak faktor penyebab menurunnya konsentrasi pengemudi. Ada baiknya setiap dua jam sekali pengemudi melakukan istirahat seperti buang air kecil, melakukan peregangan otot maupun power nap (istirahat singkat). Pastinya, dengan mengatur jadwal istriahat yang cukup pun, mengemudi jadi lebih menyenangkan.

Kurang Mentaati dan Memahami Markah Jalan

Ini hal yang sangat sering terjadi dan fatal akibatnya. Beberapa pengemudi kurang memahami arti markah jalan. Padahal informasi yang tertera di setiap markah memberikan kita panduan tentang apa yang harus dilakukan saat mengemudi. Misalnya, tidak melaju kencang saat turunan curam, info tentang kecepatan minimum dan maksimum, sampai informasi adanya longsor atau perbaikan jalan. Untuk itu perbanyak pengetahuan Anda mengenai markah jalan.

Setelah membaca mengenai 4 penyebab kecelakaan saat arus mudil lebaran di atas, kami harap Anda menjadi lebi disiplin dan cermat saat berkendara nanti ya. So, selamat mudik dan safety is number one!

Oleh: Christovel RamotFoto: Istimewa