politik-indonesia.com – Wawancara menjadi langkah selanjutnya setelah kamu memberikan CV kamu. Ketahuilah cara menjawab pertanyaan interview sehingga kamu bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Pertanyaan seperti “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?” merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan perusahaan.

Tidak mungkin tidak ada hal yang pernah kamu capai selama kamu hidup. Kamu bisa mendapat nilai bagus saja sudah menjadi salah satu pencapaian.

Ketika mendapat pertanyaan ini kamu bisa menunjukan pengalaman hidupmu baik saat masih di bangku sekolah, kuliah, atau pekerjaan sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat dan tidak terlalu melebih-lebihkan diri kamu?

Tenang saja, karena Glints akan membantu kamu dalam menjawab pertanyaan tersebut dengan beberapa tips berikut.

1. Berikan pencapaian terbesar dalam hidupmu yang terbaru

© Pexels.com

Hal pertama yang harus kamu ketahui dalam menjawab pertanyaan mengenai pencapaian terbesar dalam hidupmu adalah coba untuk memberikan pencapaian yang terbaru.

Maksudnya terbaru adalah pencapaian yang sudah kamu capai dalam waktu 1 tahun belakangan ini. Jangan yang sudah terlalu lama seperti lebih dari 3-4 tahun yang lalu.

Apabila kamu seorang fresh graduate, kamu bisa menjawab dengan mengaitkannya dengan pengalaman kamu semasa kuliah dulu.

Jangan lupa untuk beri penjelasan juga mengenai peranmu dalam pencapaian tersebut.

Kamu bisa mencontoh jawab yang disarankan Forbes berikut.

Saya sangat bangga dengan kenyataan bahwa saya telah membimbing tim saya untuk naik di perusahaan dan mengembangkan keterampilan mereka. Anggota tim saya baru saja dipromosikan menjadi Application Engineer, dan saya harus berjuang untuknya karena atasan saya yang berjanji untuk mempromosikannya ketika dia menyelesaikan pendidikannya sebelum ia lulus. Namun, integritas saya dipertaruhkan dan saya tidak ingin kehilangan karyawan yang hebat. Dia adalah Application Engineer teratas sekarang dan saya merasa dia dapat mengambil alih pekerjaan saya. Itulah salah satu alasan saya mencari pekerjaan sekarang.

2. Jawaban yang berhubungan dengan posisi yang dilamar

© Freepik.com

Tips selanjutnya dalam menjawab pertanyaan “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?” adalah dengan mengaitkannya dengan pekerjaan yang kamu lamar saat ini.

Misalnya jika kamu melamar posisi pada bagian marketing, kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan berapa banyak klien yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Selain itu, mungkin ada pula cerita yang membuat kamu mendapat apresiasi dari perusahaan karena bisa mendapat klien yang bergengsi.

Kamu bisa menggunakan contoh jawaban berikut.

Salah satu kesuksesan terbesar saya di pekerjaan saya saat ini adalah memimpin instalasi dan implementasi software baru di kantor. Sebagai office manager, saya dengan cepat mempelajari software yang akan digunakan sebelum diinstal untuk kemudian memimpin sebuah seminar untuk menginstruksikan semua karyawan cara menggunakannya. Dalam lima hari, semua orang merasa nyaman dan percaya diri menggunakannya. Atasan saya mengatakan ini adalah transisi teknologi paling mulus yang pernah kami alami di tempat kerja. Saya tahu saya dapat membawa pengetahuan teknis dan kemampuan kepemimpinan ini ke perusahaan Anda.

3. Jawab secara profesional dan serius

© Freepik.com

Walaupun pertanyaan ini terkesan tidak begitu formal, akan tetapi kamu tidak boleh bercanda atau main-main dalam menjawabnya.

Pasalnya, pertanyaan ini bisa saja menjadi jebakan recruiter dalam melihat bagaimana cara kamu menjawab dan menilai diri kamu sendiri.

Berilah jawaban yang profesional dan serius, sehingga recruiter pun percaya bahwa kamu merupakan kandidat terbaik yang bisa mereka ajak kerjasama.

Cobalah untuk memberikan jawaban yang positif agar kesan akan dirimu pun akan terlihat baik. Berikut contohnya.

Pencapaian profesional terbesar saya adalah menyelesaikan gelar sarjana saya dalam 4 tahun dengan IPK 3,8. Saya tidak memiliki dukungan keuangan dari keluarga saya dan harus bekerja full-time saat berkuliah. Ini mengajari saya untuk memprioritaskan waktu saya, membangun kebiasaan yang baik dan tetap fokus pada tujuan saya. Saya bangga dengan pencapaian ini dan saya merasa bahwa apa yang saya pelajari akan memberi saya keuntungan besar dalam karir saya sekarang.

4. Jangan melebih-lebihkan jawaban

© Shutterstock.com

Ketika menjawab pertanyaan interview “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?”, berilah jawaban yang jujur dan benar.

Apabila kamu tidak mengatakan yang sebenarnya, nantinya akan kamu yang rugi dan merasa tidak nyaman.

Menurut The Balance Careers, pastikan bahwa jawaban sejujur mungkin, tetapi tidak akan mempengaruhi pada peluangmu mendapat kerja.

Jawab secukupnya secara singkat, padat, dan jelas. Jangan terlalu memberi jawaban yang sampai melenceng ke arah yang lainnya seperti contoh berikut.

Tahun lalu, saya melakukan revisi pada kurikulum kelas enam sekolah saya, khususnya kurikulum literasi. Pada akhir tahun, kami melihat peningkatan 20% dalam nilai tes literasi siswa. Kemampuan saya untuk mencapai kesuksesan di antara siswa adalah bagian dari mengapa saya menyukai pengembangan kurikulum.

Demikian tips dari Glints dalam kamu menjawab pertanyaan “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?”.

Pertanyaan ini akan sering kita jumpai pada tahap interview bukan hanya karena recruiter ingin mengetahui pencapaian atau prestasi kamu saja.

Nah, apabila kamu masih tidak yakin dengan jawaban yang akan kamu berikan, kamu bisa menanyakannya di Glints Feed.

Di fitur aplikasi Glints ini, kamu bisa bertukar pikiran dengan para profesional berpengalaman dalam memberikan jawaban yang dapat meyakinkan recruiter.

Yuk, diskusi sekarang! Download aplikasi Glints dan gabung di Glints Feed dengan klik tombol di bawah!

COBA GLINTS FEED

Sumber

    How To Answer the Question ‘What’s Your Greatest Accomplishment?’

    Interview Question: “What Were Your Biggest Successes and Failures?”

glints.com.