politik-indonesia.com – Seiring berkembangnya zaman, fashion-fashion jenis baru mulai hadir dan populer di kalangan masyarakat. Berbagai jenis outfit hingga aksesoris hadir dengan model terbaru yang unik dan tentu saja menarik. Bahkan, tak sedikit orang, terutama pencinta mode fashion, berbondong-bondong untuk ikut menyesuaikan penampilannya agar selalu trendy dan fashionable.

Salah satu aksesoris yang selalu mengalami pembaharuan atau yang sering diciptakan dengan model berbeda adalah topi. Topi ini merupakan aksesoris kepala yang tak pernah padam untuk digunakan orang-orang karena sangat bermanfaat. Manfaat topi ini selain memperindah penampilan juga bermanfaat sebagai pelindung kepala dari paparan sinar matahari yang panas.

Berbagai jenis topi baru bermunculan dari tahun ke tahun berkat ide serta pemikiran orang-orang kreatif yang menciptakannya. Bukan hanya topi wanita. Bahkan, topi pria juga selalu menghadirkan desain-desain baru dari tahun ke tahun. Sejauh ini, berapa jenis topi pria yang kamu ketahui?

Ternyata jenis topi pria sangatlah banyak. Mau tahu apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini untuk referensi bagi kamu yang hendak memilih aksesoris berupa topi yang kekinian dan fashionable.

1. Baseball

Jenis topi pria yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah jenis Baseball. Topi jenis ini merupakan topi dengan bentuk bulat sebagai pelindung kepala dan lidah yang moncong di bagian depan. Topi jenis baseball ini juga memiliki beberapa jenis dalam ukuran dan bentuk seperti straight dan short brim.

Disebut sebagai topi baseball karena awalnya topi jenis ini hanya digunakan oleh para pemain baseball. Karena bentuknya yang unik serta menarik, topi ini mulai digunakan banyak orang sebagai pelindung kepala dan mempermanis penampilan. Topi ini mudah didapat dimanapun karena dunia fashion di berbagai negara telah mengenalnya. Termasuk di Indonesia, topi ini sudah tak asing lagi digunakan oleh masyarakat terutama oleh para remaja dan anak-anak.

2. Beanie

Mungkin bagi sebagian orang kata beanie sangatlah asing. Namun, tak berlaku sama jika kamu tahu jenis topi apakah ini. Beanie atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai kupluk merupakan salah satu jenis topi pria yang sering digunakan. Topi jenis ini berbentuk setengah kapsul dan biasanya longgar karena terbuat dari benang wol yang dirajut.

Beanie atau kupluk adalah topi yang cocok digunakan di tempat yang memiliki suhu rendah seperti misalnya pegunungan atau bukit. Selain murah dan bermanfaat menghangatkan, topi ini juga berperan sebagai outlook untuk agar terlihat lebih elegan dan fashionable.

Topi jenis ini sangat cocok digunakan untuk melakukan aktivitas di suatu tempat dengan suhu dingin, seperti hiking di pegunungan atau bermain sky di salju.

3. Boater

* sumber: www.gomuda.co

Boater merupakan sebutan bagi topi ini, mengapa disebut demikian, karena dahulu topi ini sering digunakan oleh para pelaut untuk berlayar. Saat ini, boater menjadi jenis topi formal yang digunakan oleh para pria Eropa di musim panas. Topi ini berbentuk bulat dengan permukaan flat di atasnya.

Biasanya topi ini memiliki pita khas yang melingkar sebagai hiasan semata. Jenis topi ini pada umumnya terbuat dari jerami dengan teknik anyam. Sangat cocok sebagai aksesoris yang dipadupadankan dengan kemeja polos beserta blazzer dan dasi agar terlihat lebih maksimal dalam memadukan outfit.

4. Porkpie

Hampir sama dengan topi jenis boater, topi jenis ini berbentuk bulat dengan permukaannya yang datar di bagian atas. Hanya saja topi jenis porkpie memiliki bagian tepi yang lebih pendek jika dibandingkan dengan topi berjenis boater. Biasanya topi jenis ini digunakan oleh para pemain band beraliran musik jazz.

5. Trilby

* sumber: www.gomuda.co

Trilby merupakan jenis topi yang sangat unik dan menarik. Topi ini memiliki sisi yang pendek dan melipat ke atas di bagian sisinya. Bagian depan dari topi ini menurun sementara bagian belakangnya semakin tinggi. Topi ini populer pada tahun 1960 karena dibutuhkan oleh pengendara mobil yang tidak memungkinkan menggunakan topi berukuran besar.

Gaya bertopi dengan jenis ini pernah hilang pada tahun 1970 dan kembali hidup di tahun 1990 karena dipopulerkan kembali oleh musisi yang bermunculan.

6. Fedora

* sumber: bp-guide.id

Topi jenis fedora adalah salah satu topi yang paling digemari oleh para pria pada masanya. Topi ini memiliki bentuk dengan sisian yang lebih panjang dan lebar dari pada topi berjenis Tribly. Topi ini mencapai puncak kejayaan atau kepopuleran pada tahun 1920 hingga 1950an.

Topi ini sering digunakan oleh orang jahat atau pemberontak sehingga topi ini diidentikkan dengan gengster. Fedora ini dibuat menggunakan kain yang tebal sehingga terkesan kaku. Sangat cocok kamu gunakan bersamaan dengan blazzer agar menciptakan kesan semi formal yang sangat keren.

7. Panama

* sumber: indonesia.masterharga.org